Foto :Ketua DPRD Sulut bersama para Wakil Ketua, Gubernur dan Wakil Gubernur pada rapat paripurna mendengarkan Pidato Oresiden Joko Widodo Foto :Ketua DPRD Sulut bersama para Wakil Ketua, Gubernur dan Wakil Gubernur pada rapat paripurna mendengarkan Pidato Oresiden Joko Widodo

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Pidato Kenegaraan Jokowi

Written by  Josh Tinungki Aug 16, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Rapat paripurna DPR-RI dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 yang dirangkaikan dengan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, turut disaksikan melalui media elektronik oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut.

Foto :  Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Propvinsi Sulut

Pada paripurna yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sulut, Jumat (16/8/2019), saat membuka sidang paripurna, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw mengatakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 menjadi energi untuk merawat persatuan dan kesatuan. Sebab kemerdekaan itu direbut oleh para pahlawan dengan mengorbankan jiwa dan raga.

Foto : Sekertaris Provinsi, bersama pimpinan BPK, Direktur BSGO, Kepala BI dan pejabat OJK

"Marilah kita tanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI serts mengisi kemerdekaan dengan cita-cita bangsa. Mari kita tingkatkan kualitas SDM, dengan bekerja keras dan keahlian di bidang masing-masing sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani lewat kepribadian maupun kebudayaan," kata Angouw.

Foto : Foto bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut, Gubernur dan Wakil Gubernur, Forkopimda dan pejabat teras dijajaran pemprov

Juga kata Angouw, Kemerdekaan harus diisi dengan menyebarkan nilai-nilai Pancasila, bertoleransi dan bergotong-royong antar sesama anak bangsa, berpikir positif agar supaya menghasilkan tindakan positif bagi kita dan bangsa Indonesia."Tindakan -tindakan  yang positif akan menghasilkan kehidupan yang positif bagi kita dan bangsa Indonesia. Karena pikiran negatif hanya akan memberikan kehidupan yang negatif dan kalau sebagian besar masyarakat berpikir negatif maka kehidupan berbangsa akan negatif," ujarnya.

Foto: Anggota DPRD Sulut saat mengikuti sidang paripurna

Pidato Presiden RI ini, intinya mengingatkan semua pihak agar bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. "Arus komunikasi dan interaksi yang semakin mudah dan terbuka harus dimanfaatkan sekaligus diwaspadai. Demikian juga dengan kemudahan informasi dan interaksi yang membawa ancaman-ancaman. Terutama terhadap ideologi Pancasila, ancaman adab, sopan santun kita, ancaman terhadap tradisi seni budaya kita, ancaman terhadap warisan dan kearifan lokal bangsa kita, dalam bidang pertahanan keamanan. Kita harus tanggap dan siap menghadapi intoleransi, menghadapi radikalisme, menghadapi terorisme serta menghadapi ancaman kejahatan lainnya," kata Jokowi.

Foto : Suasana sidang paripurna DPRD Sulut pada paripurna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Ir Joko Widodo

Selain itu Jokowi juga menegaskan berkaitan dengan menghadapi persaingan ketat di era global, perlu disiapkan dengan sumber daya manusia yang unggul."Kita tidak perlu takut terhadap persaingan, karena kita hadapi persaingan dengan kreativitas dan inovasi serta kecepatan yang kita miliki, karena itu kita harus berubah, kita harus berani jadi pemain kelas dunia, itu harus. Kita harus memiliki reputasi yang diperhitungkan oleh dunia internasional. Itu yang harus kita siapkan. Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, kita semua harus berbenah bersama saya yakin kita mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan," tandasnya.

Rapat paripurna ini turut dihadiri Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, Forkopimda Sulut, Pejabat struktural dan masyarakat. (/Adv/Josh Tinungki)