Wakapolda Sulut Pimpin Pencucian Pataka Sarwa Bhrata Eka

Written by  Jul 09, 2019

Manado, Sulutnews.com – Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan tradisi rutin pencucian Pataka Sarwa Bhrata Eka, Selasa (09/07) siang, di ruang Catur Prasetya Mapolda.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigjen Pol Karyoto, dihadiri para Pejabat Utama beserta perwakilan personel dari masing-masing satuan kerja (satker) Mapolda Sulut dan jajaran.

Kabid Humas Polda Sulut, Ibrahim Tompo mengatakan, pencucian pataka sesungguhnya merupakan sebuah bentuk ritual yang bersifat seremonial. “Pencucian pataka adalah upaya penanaman dan pengembangan budaya organisasi Polri dalam menumbuhkan jiwa patriotisme dan semangat soliditas insan Bhayangkara,” ujarnya, sesaat usai kegiatan.

Lanjut Kabid Humas, pencucian pataka Polda Sulut rutin dilaksanakan tiap tahun untuk menghargai lambang kesatuan. “Hal ini sebagai bentuk penghargaan dan rasa bangga terhadap lambang kesatuan, sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan dalam pelaksanaan tugas demi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.(/SD)