Lontoh : Dinas Segera Realisasikan Bantuan Kelompok

Written by  Jun 24, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Anggota Komisi II DPRD Sulut Edwin Lontoh mendesak pihak Dinas Perikanan dan Kelautan dan Dinas Pertanian untuk segera merealisasikan penyaluran bantuan bagi kelompok masyarakat yang sudah masuk dalam alokasi anggaran 2018. Hal ini disampaikan Lontoh saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPRD Sulut bersama kedua Dinas yang di gelar Senin (24/6/2019).

Menurutnya ada bantuan untuk kelompok yang materialnya sudah disampaikan kepada pihak penyalur namun karena belum dibayarkan oleh Dinas terkait sehingga bantuan tersebut tidak bisa disalurkan kepada masyarakat lewat kelompok. "Dinas harus menyampaikan secara terbuka apa kendala sehingga bantuan yang seharusnya sudah bisa disalurkan namun tidak bisa direalisasikan." ungkap Lontoh.

Senada disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Sulut Noldy Lamalo yang meminta pihak dinas dalam pengalokasian anggaran bantuan agar diberikan secara merata kepada kelompok masyarakat yang memang membutuhkan." Bantuan kepada kelompok masyarakat harus sesuai kebutuhan, jangan karena ada kepentingan maka penyaluran dilakukan, padahal tidak sesuai," kata Lamalo.

Terkait realisasi bantuan kepada kelompok nelayan, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Sulut Ronal Sorongan menyatakan harusnya sudah direalisasikan, namun terkendala soal pembayaran, ini diakibatkan pihak penyalur belum memenuhi semua kebutuhan kelompok, sehingga pembayaran belum dilakukan." Kontrak pengadaan barang belum sesuai kontrak sehingga realisasi pembayaran belum dapat dilakukan," jelas Sorongan.

Terkait bantuan Hibah maupun Bansos tahun anggaran 2019 sudah diproses, Surat Keputusan menunggu ditandatangani oleh Gubernur dan direncanakan pertengahan bulan Juli 2019 untuk proses lelang. (/Josh Tinungki)