Lontoh : RUKD Dana Masyarakat Bukan Milik Pribadi Kepala Daerah

Written by  Josh Tinungki Feb 14, 2019

Pemkab, Pemkot Diminta Besarkan BSG

Manado, SulutNews.Com - Anggota Komisi II DPRD Sulut Edwin Jerry Lontoh mengatakan rencana pemerintah Kabupaten Kota yang akan memindahkan Rekening Umum Kas Daerah (RKUD) dari Bank SulutGo, prinsipnya adalah kewenangan mereka tapi untuk menjaga eksistensi Bank SulutGo harusnya Bupati, Walikota juga memikirkan bagaimana menjadikan BSG maju, sebab implikasinya juga untuk masyarakat Sulut.

"BSG berkembang berarti daerah juga akan akan maju," kata Lontoh. Juga kata personil Fraksi Demokrat ini, bicara RUKD, itu adalah dana masyarakat dan bukan milik pribadi kepala Daerah, sehingga ketika dipindahkan perlu ada persetujuan DPRD sebagai representasi masyarakat." Kepala daerah harus ada pemikiran membesarkan Bank SulutGo bukan sebaliknya, karena dana yang disimpan adalah milik masyarakat bukan milik pribadi kepala daerah," tegas Lontoh sambil menambahkan, Jabatan Kepala daerah tidak abadi, sehingga harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat bukan kepentinhan pribadi dan kelompoknya. "BSG hidup karena gaji pegawai, penarikan dana akan menimbulkan kerugian negara dan ini mengarah pada korupsi," pungkasnya

Belajar dari persoalan yang timbul, Lontoh berharap agar jajaran Direksi BSG dapat mengoreksi diri, terutama soal kinerja agar lebih membangun komunikasi aktif dengan para stackeholder, karena apa yang menyebabkan gejolak, sampai pemkab, Pemkot menarik Dana itu perlu diperbaiki agar tidak lagi terjadi.

Kepemilikan saham Bank SulutGo saat ini sebanyak 23 yang terdiri dari 14 Kabupaten dan Kota se Sulawesi Utara dan 9 Kabupaten Kota di Propinsi Gorontalo. (/Josh Tinungki)