Terungkap Direses Aggota DPRD Sulut,  Warga Sayangkan Penghentian Oprasional Puskesmas

Written by  Apr 07, 2021

MANADO, Sulutnews.Com - Warga di Dua Kelurahan yakni di Teling Bawa dan Tikala Kumaraka Kota Manado, mengeluhkan keberadaan Puskesmas yang ada diwilayah mereka tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Pelayanan kesehatan yang harusnya dilakukan guna membantu warga yang datang berobat justru tidak lagi dilakukan. Bahkan terhitung sejak bulan Agustus 2020 lalu aktifitas medis tidak lagi berlangsung. Terkait kondisi tersebut Jerry Matheos kepada Anggota DPRD Sulut Agustin Kambey saat menggelar reses menyampaikan aspirasi tersebut.

" Mewakili warga yang berdomisili di dua kelurahan ini sangat kecewa dengan kebijakan Dinas Kesehatan Kota Manado, yang menghentikan aktifitas medis di Puskesmas, sehingga mengakibatkan warga sekitar yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan harus pergi ke puskesmas yang jaraknya jauh dari wilayah tempat tinggal mereka,"

Menurut Matheos, Warga sekitar sangat terbantu dengan kehadiran Puskesmas tersebut, terutama Lansia, namun sangat disayangkan saat ini oprasional medis tidak lagi berlangsung seperti sejak Puskesmas dibangun." Kami sangat kecewa dan berharap Anggota DPRD Ibu Agustin dapat memfasilitasi apa yang menjadi harapan waega," tambah Matheos.

Terkait adanya aspirasi pelayanan keaehatan di Puskesmas yang tidak lagi berjalan sebagaimana mestinya, Anggota DPRD Sulut Agustin Kambey berjanji akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Kesehatan guna menanyakan apa alasan oprasional medis Puskesmas di Kelurahan Tikala tersebut tidak lagi melayani kesehatan masyarakat." Ini jelas merupakan kewenangan pemerintah Kota Manado, namun karena menyangkut fasilitas umum apalagi bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan kami siap memfasilitasinya," tegas Kambey.

Terkait keberadaan Puskesmas yang dipersoalkan tersebut,  ternyata sangat dibutuhkan masyarakat sekitar karena sangat membantu terutama bagi warga yang kursng mampu dan cepat mendapatkan pelayanan kesehatan saat dibutuhkan.(josh tinungki)