Foto : RDP : Suasana RDP Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Foto : RDP : Suasana RDP Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kebudayaan Provinsi

Kebudayaan Sulut Tertinggal Dari Provinsi Lain di Indonesia

Written by  Feb 18, 2021

Pemerintah Pusat Siapkan Anggaran per Kabupaten Rp 30 Miliar Tapi Tak Direspon

MANADO,Sulutnews.Com - Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Patricia Mawitjere mengatakan, meski memiliki keunikan dan unggul dari potensi kebudayaan dari provinsi lain di Indonesia, namun Kebidayaan Sulut masih sangat tertinggal, hal ini disampaikan Mawitjere saat menghadiri Rapat Dengar Pemdapat (RDP) bersama Komisi IV DPRD Sulut, Kamis (18/2/2021) siang. Menurutnya berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya menunjang pengembangan kebudayaan, namun respon stakeholder kebudayaan di Kabupaten Kota sangat kurang.

" Pemerintah Pusat lewat program Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (P2KD) telah mengalokasikan anggaran pembinaan sebesar Rp 30 Miliar, namun ini kurang direspon," ungkap Mawitjere dihadapan Ketua dan Anggota Komisi IV.

Juga kata Dia, dari total 15 Kabupaten Kota yang ada di Sulut baru 5 Kabupaten Kota yang mengusulkan, dan itupun baru 3 yang memenuhi syarat." Dokumen P2KD diusulkan dalam upaya pengembangan kebudayaan harusnya menjadi momentum untuk menjadikan kebudayaan Sulut menjadi lebih dikenal," kata Mawitjere.

Dalam kaitan Dokumen PPKD tersebut, 5 Kabupaten Kota yang sudah mengusulkan yaitu Kabupaten Bolmut, Bolsel, Kota Tomohon, Bitung dan Talaud dan 3 daerah yang mendapatkan realisasi dan memenuhi syarat yakni Kota Bitung, Kabupaten Bolsel dan Bolmut.

Sementara itu guna menunjang pengembangan Kebudayaan di Sulut serta dalam rangka memanfaatkan kesempatan bantuan pemerintah pusat, Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kebudayaan akan menggelar RDP dengan mengundang Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kota se Sulut.(josh tinungki))