Sitaro, Sulutnews.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengunjungi pulau Siau, menyampaikan Kabar gembira bagi warga bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo. Proses pengerjaan pembangunan bandar udara (bandara) Pihise Kampung Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan, akan rampung dikerjakan tahun 2018, Selasa (01/08).

“Saya akan mengawal pembangunan bandara Pihise. Jika tak ada aral melintang tahun 2018, pekerjaan bandara Pihise akan rampung,” katanya.

Menurut Gubernur, pembangunan bandara harus dipacu. Sebab, akan mendongkrak sektor pariwisata di Sitaro. Apalagi tahun 2018 mendatang, Sitaro akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. “Karena itu, pembangunan bandara Pihise dipacu,” ucapnya lagi.

Olly menyebutkan, proses pengerjaan lanjutan bandara Pihise tahun ini menyedot anggaran sekira Rp110 miliar. “Adapun untuk tahun depan pemerintah pusat akan kembali mengalokasikan anggaran sekira Rp70 miliar,” imbuhnya. 

Secara terpisah, Bupati Sitaro Toni Supit, menambahkan, pembangunan bandara Pihise sangat perlu untuk mendongkrak kemajuan Kabupaten Sitaro. Karena membantu warga dengan memberi kemudahan di sektor transportasi.

“Sejauh ini transportasi antar kabupaten dan provinsi hanya dilayani oleh transportasi laut dengan menggunakan kapal. Rampungnya pengerjaan bandara Pihise, jelas transportasi kian optimal dengan tambahan layananan transportasi udara. Dengan pesawat waktu tempuh lebih cepat dibandingkan dengan naik kapal laut,” tandas bupati.(HT)