https://youtu.be/VLzIAOXEC_4 https://youtu.be/VLzIAOXEC_4

Tamuntuan, FLS2N Ajang Melahirkan Peserta Didik Berprestasi

Written by  Jun 23, 2022

Tahuna, Sulutnews.com - Terobosan untuk meningkatkan minat dan bakat peserta didik tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Kepulauan Sangihe, lewat lomba yang di gelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kepulauan Sangihe, di buka langsung oleh Penjabat Bupati Rinny Silangen Tamuntuan, Kamis (23/06/2022).

Tamuntuan mengatakan pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022 dan lomba pengucapan pancasila tanpa teks merupakan upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali minat dan bakat peserta didik dikarenakan dua tahunan ketika dilanda covid-19 kegiatan seperti ini tidak bisa dilaksanakan.

Kemudian, kata Bupati. Ide dan gagasannya meminta agar dinas pendidikan dan kebudayaan untuk membuat kegiatan seperti ini akhirnya direspon cepat oleh Kepala dinas dan juga bertepatan dengan momentum bulan Soekarno  "Jadi beberapa minggu lalu saya sampaikan ke Kadis dalam rangka bulan Soekarno coba buatkan terobosan dan hari ini semua terwujud" kata Tamuntuan.

Mengapa pentingnya melafalkan teks Pancasila di kalangan peserta didik dari tingkat TK, SD dan SMP agar kita menanamkan nilai-nilai Pancasila dan mendorong mereka untuk mengenal, memahami dan menginplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebab mereka adalah masa depan bangsa ini.

Lanjut Tamuntuan, jika kegiatan positif seperti ini dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan maka kedepannya akan lahir putera-puteri terbaik yang berprestasi mengharumkan nama daerah. "Kita harus mampu menumbuh kembangkan bakat dan minat mereka sehingga dari Sangihe akan lahir generasi hebat" ujar Tamuntuan.

Juga Tamuntuan meminta semua tenaga pendidik agar dengan segenap hati untuk mendidik  dikarenakan pendidikan merupakan penentu nasib generasi Indonesia dimasa mendatang, "Satu hal saya minta dari semua tenaga pendidik mari kita mendidik anak-anak didik dengan segenap hati dan dengan ketulusan" pungkas Tamuntuan.

Bupati pun menyempatkan diri untuk menyaksikan perlombaan, terpantau Bupati begitu antusias memberikan suport bagi para peserta dan sesekali tertawa dikarenakan ada saja peserta yang tingkanya kocak.

Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jholy Mandak, ia mengapresiasi ide dan gagasan Bupati sehingga kegiatan perlombaan ini boleh terwujud "Ini ide dan gagasan Bupati kami langsung bergerak dan mewujudkannya" tutur Mandak.

Kata Mandak, pembinan minat bakat dan festival lomba kreaktifitas siswa, merujuk tema generasi sehat, talenta hebat, dalam rangka menumbuh kembangkan kreaktifitas peserta didik yang berkarakter berbasis budaya dalam berbangsa dan bernegara. (Andy Gansalangi)