Mitra,Sulutnews.com - Menghadapi suksesi Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat serentak 15 kabupaten/kota , 25/6/22, di Peninsula Manado, Katrien Mokodaser kans kuat kembali nahkodai partai Mercy Minahasa Tenggara (Mitra).

Bahkan info yang didapat, kepemimpinan yang di nilai sukses, Mokodaser mendapat dukungan penuh dari 12 DPAC Demokrat Mitra.

" kami tetap mendukung ibu katrien untuk kembali menjadi ketua kami di demokrat Mitra, karena selama beliau memimpin, Demokrat Mitra terus bekerja untuk rakyat, itu yang menjadi penilaian kami, " ungkap Stongs Frans Tulandi, Ketua DPAC Demokrat Kecamatan Tombatu Timur.

Dirinya bahkan mengatakan menjamin seluruh DPAC masih konsisten dengan kepemimpinan Katrien Mokodaser dan tetap berusaha mensukseskan agenda Muscab

" sebagai kader tentunya kami akan tegak lurus dan kami siap mengamankan beliau kembali memimpin demokrat mitra," pungkasnya.

Mitra, Sulutnews.com – Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Jocke Legi membuka secara resmi sosialisasi kebijakan Pemanfaatan Pemanfaatan Ruang yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (23/6/22) di Swissbel Hotel Manado.

“ saya harap sosialisasi kali ini outputnya harus di dapat dan di terapkan sampai kepada masyarakat, karena ini penting terkait tata ruang, sehingga tidak ada salah pemahaman lagi terkait penerpaan PP 21 tahun 2021,” tegas Legi.

Sementara, Kepala DInas PUPR Mitra Rommy Ole didampingi Kepala Bidang Tata Ruang Cyntia Kromo mengatakan , sosialisasi kal ini dilatar belakangi terkait pemahaman PP 21 tahun 2021 yang bertujuan , agar setiap orang mentaati ,memanfaatkan dan mematuhi rencana tata ruan dan ketentuan yang di tetapkan  dalam persyaratan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR).

“ tentunya dengan mendapat pemahaman dalam sosialisasi kali ini kita diharapkan mampu lebih memahami berbagai objek dalam pemanfaatan ruang, baik ruang di lingkup kawaasan lindung maupun ruang di kawasan budidaya serta penerapan indikasi program yang ada di setiap Perangkat Daerah ,” ungkap Ole.

Ditambahkan Kabid Tata Ruang Chyntia Kromo, kegiatan kali ini  dengan menghadirkan Pemateri dari Dinas PUPR dan PTSP Provinsi Sulut, tentunya akan lebih menambah wawasan para Perangkat Daerah serta Kepala Kecamatan sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk mampu memberikan pemahaman sampai di tingkat terbawa.

“ tentunya dengan materi terlebih bagaimana penerapan ijin ijin sesuai peruntukan yang ada, diharapkan mampu di teruskan peserta kepada masyarakat sehingga paham bagaimana mekanisme yang ada sesuai aturan ,” pungkasnya.

Mitra,Sulutnews.com – Langkah tegas di ambil Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) dengan menertibkan bahkan langsung menutup sejumlah koperasi simpan pinjam (KSP)yang illegal.

Kepala DKUKMPP Mitra Franky Wowor,S.Sos saat memimpin langsung penertiban salah satu KSP di ibukota Mitra Ratahan mengatakan,alasan di tutupnya sejumlah KSP dikarenakan belum mengantongi rekomendasi operasional di kabupaten Mitra .

“ meskipun KSP ini terdaftar di Propinsi, tapi Mitra juga ada aturan yang harus di penuhi oleh setiap pelaku usaha dan KSP saat ini belum mengantongi rekomendasi,” tutur Wowor di hadapan pengurus salah satu KSP yang di tutup, Senin (20/6/2022).

Wowor juga mengatakan, pada intinya pemkab Mitra tidak pernah menghambat setiap pelaku usaha untuk berkembang di Mitra, tetapi harus sesuai mekanisme yang ada.

“ untuk sementara koperasi ini dihentikan dahulu operasionalnya sambil memenuhi rekomendasi  di selesaikan,” ucapnya.

Sementara itu, pihak KSP Fajar Indah dihadapan jajaran DKUKMPP Mitra memang mengaku belum mengantongi rekomendasi, meskipun sebelumnya sudah sempat di proses, tetapi dampak Covid sehingga proses terhenti.

“ kami akan informasikan dengan atasan kami dan akan melanjutkan proses yang sempat terhenti,” terang Perwakilan KSP Fajar Indah.

Dikesempatan yang sama juga wowor membeberkan akan terus melakukan penertiban bagi koperasi yang beroperasional di Mitra, terlebih didapati adanya Koperasi asal kabupaten tetangga yang membuka cabang di kabupaten Mitra.

“ kami tentunya akan berlaku adil dalam penertiban , ini juga dalam rangka tertib administrasi yang ada, ini juga menjadi tanda awas bagi koperasi lainnya agar memenuhi setiap persyaratan kalau mau berusaha di Mitra,” Pungkas Wowor di damping Kepala Bidang Koperasi Adry Kawengian.

Mitra,Sulutnews.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menegaskan hingga saat ini, belum di dapati adanya  kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)  Hewan Ternak di Mitra. (17/6/2022)

“ Mitra belum ada PMK, meskipun begitu segala upaya terus kami laksanakan untuk mencegah masuknya PMK di Mitra,” ungkap Kadis Pertanian Mitra Vecky Monigir .

Dirinya juga mengatakan pihak Dinas Pertanian terlebih Bidang Peternakan terus memberikan sosialisasi kepada peternak terlebih untuk ternak berkuku seperti sapi yang rentan kena PMK.

“ selain sosialisasi kami juga sudah koordinasi dengan pihak imigrasi untuk mengecek masuknya hewan dari luar daerah dan hasilnya semua hewan harus terlebih dahulu melewati proses karantina,” terang Monigir.

Ditambahkan Kepala Bidang Peternakan Meis Hatidjah, diharapkan peternak Mitra untuk terus memperhatikan kesehatan Hewan Peliharaan terutama memperhatikan Biosecurity, sanitasi dan pemberian pakan pada ternak.

“ tentunya kami berharap kerjasama juga dari peternak, mari kita terus memperhatikan setiap perkembangan Hewan agar terhindar penyakit,” pungkasnya.

 

Mitra,Sulutnews.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terus berupaya mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini dengan resmi membuka pendaftaran pemantau pemilu, jumat (10/6/2022).

Ketua Bawaslu Mitra Jobby Longkutoy didampingi Anggota Dolly Van Gobel dan Amran Ibrahim saat melakukan konfrensi pers usai louncing secara serentak meja bantuan pemantau mengatakan, louncing meja pemantau ini agar bisa diketahui seluruh masyarakat bahwa tahapan pemilu sudah akan di mulai dan pendaftaran pemantau telah di buka sesuai dengan regulasi.

" kami mengajak seluruh element masyarakat untuk secara bersama sama mensukseskan Pemilu dan itu bisa lewat menjadi pemantau dan Bawaslu Mitra telah membuka pendaftaran pemantau," terang Longkutoy.

Bawaslu Mitra bahkan mengatakan tinggal seminggu lagi tahapan pemilu akan di mulai dan Bawaslu yang kali ini mempunyai wewenang menjadi tempat pendaftaran Pemantau.

" persyaratan tentunya sesuai dengan regulasi yang ada di undang - undang pemilu dan tentunya kami bawaslu Mitra dengan senang hati menerima setiap pendaftar pemantau yang ada," tutupnya.

Ratahan,Sulutnews.com - Kegiatan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Minahasa Tenggara ke 15 yang puncak acara di laksanakan di Desa Tatengesan Satu, Kecamatan Pusomaen, Senin (23/5/2022).

Adapun HUT Mitra kali ini mengambil tema lingkungan, diawali dengan jalan sehat melibatkan seluruh SKPD, kecamatan hingga kelurahan/desa. Kemudian dilaksanakan penanaman 5000 mangrove dihadiri Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, dilanjutkan dengan perkemahan SKPD di pasir putih Peter Camp - Sarah Buy di Pantai Pasir Putih Tatengesan, sampai pada pelaksanaan puncak acara dapat berjalan baik dan sukses. Menyusul yang rencananya akan dilaksanakan kegiatan lomba dansa masal khas Ratahan serta of road.

Dalam puncak acara Hut Mitra ke 15, di Desa Minanga Satu, Bupati merasa bersyukur karena tahun ini bisa melaksanakan syukuran HUT Mitra secara bersama-sama. Dimana sebelumnya tidak bisa dilakukan karena kondisi pandemi covid-19. Dengan mengambil tema lingkungan, Sumendap terus berkomitmen akan membangun Minahasa Tenggara semakin maju dalam pembangunan, tertib birokrasi serta administrasi.

"Buah dari segi pembangunan dan tertib administrasi banyak prestasi yang kita peroleh tahun ini, diantaranya mendapat penghargaan PWI terkait keterbukaan informasi, kemudian mendapat rangkin pertama di Sulut, dari BPK terkait capaian kinerja atau MCP serta masih banyak lagi keberhasilan yang dicapai," tutur Sumendap didampingi Wakil Bupati Drs Jocke Legi dan Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos.

Bupati dua periode ini juga mengungkapkan, bahwa capaian pembangunan Minahasa Tenggara, saat ini sudah 99 persen terealisasi. Artinya baik pembangunan maupun tata kelola birokrasi sudah berjalan semestinya. Tinggal melengkapi apa yang perlu dibangun serta mempertahankan bahkan lebih meningkatkan keberhasilan yang sudah diraih selama ini.

"Makanya kita akan terus tingkatkan reputasi dan prestasi untuk kemajuan Minahasa Tenggara, agar menjadi barometer bagi kabupaten lain. Ini komitmen saya," tuturnya.

Atas capaian keberhasilan tersebut, dirinya berterimakasih bagi jajarannya mulai esalon 2, 3, 4 sampai hukum tua bahkan perangkat desa yang sudah bekerja keras sehingga hasil yang maksimal membanggakan Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Atas dedikasi dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat, tentunya saya mengucapkan banyak terimakasih. Ini akan terus kita ikat dalam tali persaudaraan dan kebersamaan untuk menuju hari-hari selanjutnya yang penuh dengan tantangan," imbuh bapak pembangunan Mitra ini sembari menyebut akan terus berkoordinasi baik pemerintah provinsi bahkan pusat.

Disela puncak acara Hut ke 15 Mitra tersebut, bangga, pujian serta motivasi datang dari pejabat teras Sulut, Kadis ESDM Sulut mewakili Gubernur Olly Dondokambey Fransiscus Maindoka serta Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen. Keduanya sepakat bahwa Minahasa Tenggara semakin ber reputasi dan berprestasi dibawah kepemimpinan James Sumendap.

"Dengan semangat kebersamaan teruslah membangun dan membawa Minahasa Tenggara semakin maju kedepan. Tentunya dengan terus berkoordinasi baik pemerintah  pusat dan provinsi," sebut keduanya.

Diakhir acara satu persatu pejabat baik provinsi bahkan daerah, mengucapkan Selamat HUT Mitra ke 15. Dengan semangat motto reputasi dan prestasi, Minahasa Tenggara akan terus melaju dalam pembangunan. (Advetorial)

Mitra,Sulutnews.com - Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus memperlihatkan tingginya toleransi antar umat beragama..Kali ini lewat pernyataan resmi Bupati Mitra James Sumendap MH, kabupaten Mitra akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki Masjid dan Gereja di satu halaman kantor Kementrian Agama.

" minggu depan peletakan batu pertama Pembangunan gereja dan masjid di kemendag Mitra dan itu sudah saya bicarakan dengan kepala kementrian agama ," ungkap JS di sela-sela membawakam sambutan di Paripurna HUT Mitra ke 15, 23 mei 2022.

Sumendap bahkan mengklaim pembangunan Gereja dan Masjid kali ini akan menjadi yang pertama di Republik Indonesia.

" kementrian agama milik semua golongan agama dan itu harus di realisasi, terlebih kita Mitra baru saja menetapkan Kecamatan Pusomaen sebagai Kota persaudaraan atau City Of Brotherly," pungkas Sumendap

Mitra,Sulutnews.com - Berbagai Ucapan selamat di moment Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ke 15 yang jatuh setiap tanggal 23 Mei terus di utarakan, salah satunya dari Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG).Bank kecintaan rakyat Bumi Nyiur Melambai tersebut tak ketinggalan moment HUT ke 15 Kabupaten Mitra. 

Kepala Cabang BSG Ratahan Evelin Wungkar mengatakan, atas nama Dewan Komisaris ,Direksi serta seluruh karyawan dan karyawati mengucapkan Dirgahayu kabupaten Mitra ke 15. 

" kiranya momentum HUT kali ini kabupaten Mitra akan semakin berkembang di semua sektor, sesuai slogan Mitra membangun Reputasi dan Berprestasi," ungkap Wungkar.

Dirinya juga mengatakan, pihak BSG akan senantiasa bekerjasama berkontribusi dalam setiap pembangunan yang ada di kabupaten Mitra.

" sudah menjadi komitmen kami Bank milik Daerah untuk terus bersama-sama dengan pemerintah yang ada, Dirgahayu Minahasa Tenggara" pungkas Wungkar yang Juga turut hadir di Moment Paripurna HUT Kabupaten Mitra ke 15.

Ratahan,Sulutnews.com – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno meletakkan batu pertama pembangunan Mako Polres Minahasa Tenggara (Mitra), Sabtu (21/5) pagi.

Irjen Pol Mulyatno dalam sambutannya mengatakan, peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Mako Polres Mitra ini harus disyukuri bersama karena juga bagian dari Program Nawacita Pemerintah untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

"Demikian pula menghadirkan Polri di dalam melaksanakan tugas-tugas pokok yaitu memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat," ujarnya.

Irjen Pol Mulyatno berharap, ke depan dengan hadirnya Mako Polres Mitra yang baru, bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Di sini udaranya sejuk, alamnya indah. Ini anugerah Tuhan untuk kita semua. Mudah-mudahan ke depan akan membawa harapan, bahwa keberadaan pemerintah tanpa terkecuali, semua unsur di sini, akan berjalan dengan sebaik-baiknya sehingga kita bisa menghadirkan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya pula," harapnya.

Tak lupa, Irjen Pol Mulyatno pun menghaturkan terima kasih kepada Pemkab Mitra dan perangkat pemerintahan atas bantuan dan dukungan selama ini untuk Polres Mitra.

“Terlebih khusus kepada Bupati Mitra beserta jajaran pemerintahan, kami mengucapkan terima kasih atas banyak hal yang telah dilakukan untuk membantu dibangunnya Mako Polres Mitra ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno juga meminta kepada pelaksana proyek pembangunan Mako Polres Mitra agar bekerja tepat waktu.

"Saya minta agar pembangunan Mako Polres Mitra harus jadi tepat waktu, jangan terlambat. Juga harus tepat volume dan tepat kualitas," pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir dalam peletakan batu pertama tersebut di antaranya, Wakil Bupati Mitra beserta Forkopimda, Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolres Mitra, Ketua MUI Mitra, serta Camat Ratahan.

Penulis: ARP

Mitra,Sulutnews.com- Terobosan demi terobosan terus dilahirkan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), kali ini di Bidang pendidikan dengan menerapkan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Digital pertama kalinya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra Sarah Kindangen lewat kepala bidang pendidikan dasar (Dikdas) Yovita Sualang mengatakan, di Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah untuk Tingkat Sekolah Dasar (SD) kabupaten Mitra pertama kalinya menerapkan Ujian Berbasis Digital.

“ penerapan berbasis digital kali ini diikuti semua Sekolah Dasar (SD) dengan system sekolah dasar yang tidak terjangkau jaringan ,bergabung dengan sekolah dasar lain dengan menggunakan papper less system digital,” ungkap Sualang,(17/5/22).

Dirinya juga mengatakan pelaksanaan ujian berbasis online menggunakan media Chrome Book, Android serta leptop juga merupakan salah satu  cara bagaimana siswa menggunakan ID belajar yang di miliki .

“ dengan penggunaan ID belajar siswa yang teah dilucurkan kementrian Pendidikan, Kabupaten Mitra berada pada peringkat pertama penggunaan Id belajar siswa terbanyak se sulawesi utara , ini suatu kebanggaan kita di dunia pendidikan,” pungkas Sualang.