SMAN 01 Guru Lombok Di Desa Kolongan Lengkapi Ruang Belajar Baru, Kini Bertaraf Internasional

Written by  Yayuk Wullur Jan 14, 2022

Kalawat, Sulutnews.com - Sebagai upaya meningkatkan  pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), pemerintah terus memacu pembangunan sarana gedung sekolah beserta ruang belajar yang representatif.

Begitu juga dengan di SMA Negeri 01 Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, membangun ruang belajar baru bagi siswa-siswinya di atas lahan seluas 4 hektar dengan menghabiskan dana senilai Rp 48,9 Milyar.

SMA Negeri 01 Kalawat ini, juga disebut  SMAN 01 Guru Lombok Kalawat Kolongan, sesuai dengan nama pendiri pertama gedung sekolah, yang dalam sejarahnya didirikan pada tahun 1940-an. Diharapkan kehadiran SMAN 01 Guru Lombok Kalawat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan putra-putri asal Desa Kolongan dan sekitarnya.

"Puji Tuhan, sejak Desember 2021, SMA Negeri 1 Kalawat Kolongan sudah ketambahan beberapa ruang belajar baru," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Guru Lombok Kalawat, Jemes Punuh Spd,Mpd kepada media di Kolongan, belum lama ini.

Dengan bertambahnya ruang belajar baru, maka bertambah pula jumlah peserta didik semula kurang dari 50 siswa, kini sudah 300 lebih siswa, ujarnya berterus terang.

Ia mengakui bangunan ruang belajar baru tersebut dibangun dengan dana Rp48,9 Milyar, ditambah hasil negosiasi ganti rugi tanah milik sekolah yang diberikan untuk pembangunan jalan di Minahasa Utara senilai Rp4,8 Milyar. Dari dana ganti rugi tanah dengan Dinas Perkimtan Provinsi Sulut, juga dana DAU senilai Rp 3 Milyar.

Ditambahkannya, sarana belajar yang dibangun kini bertaraf internasional dan satunya sekolah terbaik yang ada di Desa Kolongan Kecamatan Kalawat. Bukan hanya kelas baru tetapi juga sekolah sudah dilengkapi dengan lapangan olahraga basket, lintasan atletik, tenis meja, bulutangkis, Gedung GOR, pastinya semuanya baru.

Pereamian gedung baru SMAN 1 Guru Lombok Kalawat Kolongan dilangsungkan pada awal bulan Desember 2021 yang baru lalu.  "Bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghadiri Acara peresmian gedung dan  menandatangani batu prasasti, hadir juga Wagub Steven Kandouw dan Kadis Dikda Sulut dr Grace Punuh beserta Forkopimda Minahasa Utara," pungkas pria asal Desa Treman Kecamatan Kauditan ini. (*/yuk)