Pawai Pembangunan Tomohon

 

Perumahan Agepe Griya

194 KK Penerima Dana Kotaku Di Minut Menunggu Kepastian Pencairan

Airmadidi.sulutnews.com – Nasib pilu menimpa 194 Kepala Keluarga penerima Dana Program Kotaku Proyek renovasi rumah sederhana binaan Dinas Perumahan Rakyat  Minahasa Utara (Minut).

Meski mereka sudah menunggu selama satu tahun lamanya, namun belum juga menerima dana Program Kotaku ini seperti yang dijanjikan pemerintah.

Ferdy Senaan (bukan nama sebenarnya,45 thn) warga Desa Sampiri Kecamatan Airmadidi mengeluh sudah lebih delapan bulan penantiannya namun janji pemerintah takkunjung terealisasi, kata Ferdy.

‘’Tahun lalu Saya didatangi vasilitator Dinas Perumahan Rakyat Minut dan ditanyakan banyak pertanyaan, saya diinformasikan adalah penerima dana Program KOTAKU, namun hingga kini dana itu belumada,’’ ujarnya.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Minut, Ir Alex wilar yang didampingi Kapala Bidang Renovasi Rumah Murah di pemukiman kumuh, Ir.Hery Runtuwene, Rabu (2/8) membenarkan bahwa, dana Program Kotaku memang belum dapat direalisasi karena pemerintah masih menunggu pencairan dari Kementrian Perumahan Rakyat di Jakarta.

‘’Sebenarnya dana tersebut sudah bisa mereka terima pada tahap I triwulan pertama tahun 2017 ini, namun karena terlambat disalurkan pemerintah maka pembangunan rumah murah ikut tertunda,’’ kata Hery.

Menurutnya pemerintah Minut akan menunggu sampai bulan Agustus semoga dana tersebut segera dicairkan bulan depan, tambahnya. Warga penerima Dana Kotaku tersebar di 4 desa, Desa Sawangan, Desa AirmadidiBawah, Desa Sampiri dan Sarionsong Dua kesemuanya terdapat hanya di Kecamatan Airmadidi.