Minut

Minut (10)

Minut, SulutNews.com -- Berhembus kabar sejumlah pendukung petahana Olly Dondokambey-Steven Kandow (ODSK) mulai mengalihkan dukungannya kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan).

Seperti keberadaan Tim Laskar OD Minahasa Utara (Minut) yang telah menyatakan diri mengalihkan dukungan mereka ke pasangan calon (Paslon) CEP-Sehan, sebagai Paslon yang melambangkan kebangkitan rakyat kecil ini.

Kepada wartawan SulutNews.com, pada Kamis (17/9/2020), Fanny Mandagi selaku mantan sekretaris Laskar OD Minut menyatakan dirinya dan sejumlah mantan anggota telah mengalihkan dukungan mereka.

"Dalam Pilkada kali ini, kami mendukung CEP-Sehan bisa meraih kemenangan di Sulut, khususnya di Minut. Kami kecewa pemberian diri kami dalam memenangkan OD di Pilkada lalu seakan-akan tidak dihargai," tukas Mandagi.

"Saya pun saat ini menyatakan diri mendukung Sompie Singal-Jopie Lengkong di Pilkada Minut," katanya.

Bergabungnya Fanny Mandagi dan mantan Laskar OD Minut mendapatkan apresiasi dari pengurus Partai Golkar Sulut, Noldy Pratasis.

"Terima kasih buat Laskar OD Minut yang mau bergabung dengan CEP-Sehan. Bagi saya, rakyat sudah sadar mana yang terbaik, mana yang harus diperjuangkan untuk memimpin Sulut," terang Pratasis, selaku Biro Hubungan Lembaga Politik di Partai Golkar Sulut.

"Rakyat mulai sadar dengan keterpurukan ekonomi di Sulut saat ini. Dimana Kopra dan Cengkih saat ini harganya murah, itulah yang menjadikan banyak masyarakat Sulut mengalihkan dukungan mereka ke CEP-Sehan," tambahnya.

Untuk diketahui, Paslon CEP-Sehan maju bertarung di Pilkada Sulut setelah sebelumnya kedua Paslon ini sukses membangun Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur selama 2 periode.

(TamuraWatung)

Airmadidi, Sulutnews.com - KPU Kabupaten Minahasa Utara (Minut) membuka dan menerima pendaftaran 3 pasangan calon (paslon) usulan partai politik (parpol), sejak dibuka pada Jumat 4 Sepetember 2020 ada satu paslon yang mendaftar pada hari itu, dan pada Sabtu 5 September 2020 tida ada paslon yang melakukan pendaftaran. Untuk jadwal pendaftaran sesuai tahapan yaitu 4-6 September 2020, dan pada Minggu 6 September ada 2 paslon yang mendaftar. Minggu (06/09).

Dalam proses pendaftaran di kantor KPU Minut, diterapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19 dengan ketat. Areal kantor KPU pun di jaga oleh personel Polres Minut secara berlapis, agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Ketua KPU Minut Stella Runtu bersama jajaran komisioner, terkait penerapan prokes pihaknya terus melakukan imbauan agar tetap disiplin dan di lokasi pendaftaran sudah ada petugas medis dan gugus tugas pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran covid 19.

Paslon pendaftar di hari pertama JG-KWL Calon Bupati dan Wakil Bupati yang didampingi pimpinan partai pengusung diantaranya partai Gerindra, Perindo, PKPI, PBB, PSI dan Demokrat.

Hari kedua pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Minut, situasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) tampak lengang.Sampai batas waktu pendaftaran, pukul 16.00 WITA, tidak ada bakal calon yang mendaftar.

Pendaftar di hari ketiga ada dua pasangan calon. pasangan Drs.Sompie Singal MBA dan Ir. Joppy Lengkong (Kiss Jo) tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut), minggu (6/9/2020). Pasangan dengan Jargon Kiss Jo tiba di kantor KPU menggunakan busana Adat Minahasa ini, mengisi buku tamu pukul 11.37 Wita yang sebelumnya mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dan Wajib Menggunakan APD berupa sarung tangan. Ketua KPU Minut Stella Runtu dalam sambutannya menyebutkan pembatasan kehadiran pendukung didalam ruang pendaftaran wajib diterapkan mengingat penerapan protokol kesehatan.

Pukul 16.47 pasangan Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Netty Agnes Pantow (NAP), dihadiri VAP, Sarhan Antili dan LO. Steivy Dacosta selaku LO pasangan SGR NAP dalam ruang confrence pers mengapresiasi pihak penyelenggara dan semua pihak dalam proses pendaftaran SGR NAP.

Sampai hari terakhir, sudah dapat dipastikan tiga bapaslon yang akan bertarung di pilkada serentak kabupaten minahasa utara yang akan berlangsung 9 desember mendatang yaitu JG-KWL, SS-JO dan SGR-NAP.(/MS)

Download File Pengumuman Nomor: 942/PL.02.2-Pu/7106/Kab/VIII/2020

Berdasarkan ketentuan pasal 38 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,  Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan  Pemilihan  Gubernur  dan  Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 Tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara mengumumkan bahwa:

I.  PERSYARATAN PENCALONAN

Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara Nomor 195/PL.03.2Kpt/7106/Kab/VII/2020 tentang Penetapan Persyaratan Pencalonan Untuk Partai Politik Atau Gabungan Partai Politik Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Tahun 2020; Memperoleh Paling Sedikit 6 (enam) Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara atau Memperoleh  Suara  Sah  paling  sedikit  32.406  (tiga puluh dua ribu empat ratus enam) dan berlaku bagi Partai Politik yang  memperoleh  kursi  di  Dewan Perwakilan  Rakyat  Daerah  Kabupaten Minahasa Utara Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019. 

II. TANGGAL DAN WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran Pasangan Calon dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan rincian:

  1. Tanggal   : 4 s/d 6 September 2020.
  2.  Waktu  : 1) Tanggal 4 dan 5 September 2020 pukul 08.00 s.d. 16.00 WITA.  

2) Tanggal 6 September 2020 pukul 08.00 s.d. 24.00 WITA.

III.  TEMPAT PENDAFTARAN

Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara, Jalan Worang By Pass, Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi.

IV. DOKUMEN PERSYARATAN

A.  PERSYARATAN  PENCALONAN

NO. JENIS DOKUMEN
1. Formulir MODEL B-KWK PARPOL
2. Formulir MODEL B.1-KWK PARPOL
3. Keputusan Pimpinan Partai Politik tentang Kepengurusan Partai Politik Tingkat Kabupaten Minahasa Utara.
4. Keputusan Pimpinan Partai Politik tingkat Pusat tentang pengambilalihan  wewenang dalam pendaftaran pasangan calon   Catatan  :  diisi  bagi Pasangan  Calon  yang pendaftarannya  tidak  dilakukan  oleh  Pimpinan Partai  Politik  tingkat  Kabupaten

B.  PERSYARATAN  CALON

NO. JENIS DOKUMEN
1. Formulir MODEL BB.1-KWK
2. Formulir MODEL BB.2-KWK
3. Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik
5.

Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal Calon yang menyatakan bahwa :

  1. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap
  2. Tidak sedang memiliki tanggungan hutang secara perseorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara
6. Surat  keterangan  catatan  kepolisian  yang  menerangkan  Bakal  Calon pernah/tidak pernah melakukan perbuatan tercela dari Kepolisian.
7. Surat  tanda  terima  penyerahan  laporan  harta  kekayaan  penyelenggara  negara dari instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara
8. Surat  keterangan  tidak  sedang  dinyatakan  pailit  berdasarkan  putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan niaga atau pengadilan tinggi yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal calon
9.

Dokumen  yang  dikeluarkan  oleh  Kantor  Pelayanan  Pajak  tempat  calon  yang bersangkutan terdaftar sebagai wajib pajak:  

  1. Fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama calon;
  2. Tanda  terima  penyampaian  Surat  Pemberitahuan  Tahunan  Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi atas nama bakal calon, untuk masa 5 (lima) tahun terakhir atau sejak calon menjadi wajib pajak; dan
  3. Tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak
10. Surat  keterangan  tidak  pernah  sebagai  terpidana  berdasarkan  putusan pengadilan  yang  telah  berkekuatan  hukum  tetap  karena  melakukan  tindak pidana  yang  diancam  dengan  pidana  penjara  5  (lima)  tahun  atau  lebih  dari pengadilan negeri yang wilayah hukumnya meliputi tempat tinggal calon
11.

Bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Terpidana yang tidak menjalani pidana di dalam penjara:

  1. Bukti iklan Pengumuman di media massa harian lokal  sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers 
  2. Surat dari pemimpin redaksi media massa harian lokal sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers;
  3. Salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  4. Surat keterangan dari kejaksaan  yang menerangkan bahwa terpidana tidak menjalani pidana dalam penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
12.

Bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Mantan Terpidana :

  1. Bukti iklan pengumuman di media massa harian lokal  sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers ;
  2. Surat dari pemimpin redaksi media massa harian lokal sesuai daerah calon yang  bersangkutan  mencalonkan  diri  dan/atau  nasional  yang  terverifikasi pada Dewan Pers.
  3. Salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap
  4. Surat keterangan telah selesai menjalani pidana penjara dari kepala Lembaga permasyarakatan.
  5. surat  keterangan  telah  selesai  menjalani  pembebasan  bersyarat,  cuti bersyarat  atau  cuti  menjelang  bebas  dari  kepala  lembaga  pemasyarakatan, dalam hal bakal calon mendapat pembebasan bersyarat, cuti bersyarat atau cuti menjelang bebas. 
     
13. Surat  keterangan  yang  menyatakan  bahwa  Bakal  Calon  yang  bersangkutan bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang-ulang dari Kepolisian bagi Bakal Calon yang berstatus sebagai Terpidana atau Mantan Terpidana.
14. Keputusan  pemberhentian  sebagai  penjabat  Gubernur,  penjabat  Bupati  atau penjabat Walikota bagi calon yang berstatus sebagai penjabat Gubernur, penjabat Bupati atau penjabat Walikota
15. Keputusan  pemberhentian  dari  pejabat  yang  berwenang  apabila  Calon  adalah Anggota  KPU,  KPU  Provinsi/KIP  Aceh,  KPU/KIP  Kabupaten/Kota,  Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota.
16. Surat  keterangan  dokter  yang  merawat  pemakai  narkotika  yang  bersangkutan bagi Bakal Calon Pemakai Narkotika karena alasan kesehatan
17. Surat  keterangan  dari  institusi  penerima  wajib  lapor  yang  menyatakan  bakal calon  yang  bersangkutan  telah  melaporkan  diri  dan  selesai  menjalani  proses rehabilitasi  bagi  Mantan  pemakai  narkotika  yang  karena  kesadarannya  sendiri melaporkan diri dan telah selesai menjalani proses rehabilitasi.
18.

Bagi Mantan pemakai narkotika yang terbukti sebagai korban yang berdasarkan penetapan/ putusan pengadilan diperintahkan untuk menjalani rehabilitasi dan telah dinyatakan selesai menjalani proses rehabilitasi:

  1. Salinan penetapan/ putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap; dan
  2. Surat Keterangan dari Institusi Penerima Wajib Lapor yang menyatakan bakal calon telah selesai menjalani proses rehabilitasi.
19.

Pasfoto Terbaru, dengan ketentuan:

  1. foto berwarna  ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar;
  2. foto hitam putih ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar;
  3. foto calon ukuran 10.2 cm x 15.2 cm (4R) sebanyak 2 lembar; dan
  4. Softcopy Foto sebagaimana huruf a, huruf b, dan huruf c.
20.

Dokumen  bagi  bakal  calon  yang  berstatus  sebagai  Anggota  DPR,  DPD,  DPRD, Anggota TNI, Polri, PNS, atau Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota yang mencalonkan diri di daerah lain, serta pejabat atau pegawai  BUMN  atau  BUMD,  serta  Kepala  Desa  dan  perangkat  desa,  adalah sebagai berikut :

  1. Keputusan Pemberhentian  (dapat diserahkan paling lambat 30 hari  sebelum hari pemungutan suara)
  2. Surat Pengajuan Pengunduran diri Bakal Calon yang berstatus sebagaimana dimaksud di atas  atau surat pernyataan berhenti dari jabatan pada BUMN atau BUMD
  3. Tanda  Terima  dari  pejabat  yang  berwenang  atas  penyerahan  surat pengunduran diri atau pernyataan berhenti
  4. Surat keterangan bahwa pengunduran diri atau pernyataan berhenti sedang dalam proses oleh pejabat yang berwenang (dokumen sebagaimana huruf b, huruf c, dan huruf d dapat diserahkan paling  lambat 5 hari sejak penetapan pasangan calon)
21. Hasil Pemeriksaan Kesehatan dari Tim Pemeriksa Kesehatan.

C. DOKUMEN BERSAMA

NO. JENIS DOKUMEN
1. Naskah visi, misi dan program Pasangan Calon mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah yang ditandatangani Pasangan Calon
2. Daftar nama Tim Kampanye tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan/atau kecamatan

Dokumen Persyaratan Pencalonan, Persyaratan Calon dan Dokumen Bersama sebagaimana dimaksud di atas, dibuat dalam 2 (dua) rangkap yaitu 1 (satu) rangkap asli dan 1 (satu) rangkap salinan dan dimasukkan ke dalam map kertas dan ditulis dengan huruf kapital nama Bakal Pasangan Calon dan Partai   Politik   atau   Gabungan   Partai Politik kemudian dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair.

V.   LAIN-LAIN

  1. Petugas Penghubung/LO Bakal Pasangan wajib membawa surat tugas/mandat yang ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon untuk mengambil ID Card Pendaftaran sehari sebelum Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.
  2. Formulir-formulir Pendaftaran Bakal Pasangan Calon dapat diambil di Helpdesk Pencalonan setiap hari kerja jam 08.00 – 16.00 WITA, di Kantor KPU Kabupaten Minahasa Utara, Jalan Worang By Pass, Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi dan/atau dapat diunduh pada laman KPU Kabupaten Minahasa Utara dengan alamat https://kab-minahasautara.kpu.go.id (Narahubung: Jeane  085299111704) 

Demikian, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Airmadidi,Sulutnew.com - Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, SMA Negeri I Airmadidi pun menggunakan protokol kesehatan Covid-19 pada sistim belajar mengajarnya.

"Kami selalu gunakan Protap kesehatan Covid-19 agar kasus corona di lingkungan sekolah tidak terjadi," ujar Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri I Airmadidi,

Cherly Matheuws,Spd,Mpd kepada Media, Jumat (8/8).

Sekolah menyediakan enam wastafel dengan kran air yang mengalir, silahkan digunakan untuk mencuci tangan (TCT) dengan sabun saat tiba dan keluar sekolah, katanya.

Sekolah juga menyediakan alat ukur suhu badan atau termometer disediakan saat memasuki sesorang datang untuk dan sebrlum masuk ke pagar sekolah, tambahnya.

Pada proses belajar mengajar SMA Negeri I Airmadidi menggunakan  sistim daring. Sistim daring ini diawasi Kepala Sekolah, yang segera berkoordinasi dengan guru pengajar usai proses belajar berlangsung.

Hal ini berguna untuk siswa dimasa  wabah corona yang masih berlangsung ini, agar daya serap mata pelajaran tetap bisa diuji hingga proses berjalan seperti biasa, katanya. (*/yuk).

Minut, Sulutnews. Com- Bakal calon Bupati Minahasa Utara Joune Ganda terus memberi perhatian bagi pengembangan potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, ini terbukti dalam rangka peringatan HUT Wanua Treman ke 335, JG menjadi sponsor utama.

CEO Raewaya Grup itu mengatakan kepedulian terhadap pengembangan potensi yang ada ditengah masyarakat diberikan semata-mata karena kecintaannya kepada Desa yang merupakan tempat kelahiran dari ibunda terkasih,

“Sebagai putra asli Tonsea yang adalah keturunan dari desa Treman, saya kira tidak berlebihan ketika saya memberikan perhatian pada HUT Wanua Treman” ungkap Ganda calon tunggal bupati Minahasa Utara dari PDI Perjuangan ini. 

Terkait kegiatan dalam rangka turut memeriahkan HUT Wanua Treman JG menyiapkan hadiah utama 1 unit Motor Trail untuk pemenang pertama pada balap motor trail yang digelar di track desa Treman, Sabtu (15/2/2020) siang.

Selain motor trail, putra dari Vonny Maramis ini menyiapkan 1 unit motor bebek untuk pemenang kedua serta puluhan hadiah menarik lainnya untuk 1200 peserta dari 15 Kabupaten Kota se Sulut yang turut memeriahkan lomba tersebut. (josh tinungki)

 

Airmadidi, Sulutnews.com - Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, menegaskan, perlu ditingkatkan materi pendidikan di sekolah tentang pencegahan paham radikalisme kepada para siswa.

‘’Pemberian dan peningkatan materi pelajaran pencegahan paham radikalisme kepada siswa sangatlah penting. Sebab, dengan begitu sumber daya manusia para siswa bisa memahami bagaimana saling mencintai antarsesama, hidup rukun serta mencintai Pancasila sebagai dasar negera Republik Indonesia,’’ kata Deputi I BNPT, Meyjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, saat membuka kegiatan Bidang Agama, Social dan Budaya yang digelar BNPT bersama FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) di Sutan Raja Hotel, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/9).

Kegiatan yang bertajuk ‘’Integrasi nilai-nilai agama dan budaya di sekolah dalam menumbuhkan harmoni kebangsaan’’, dihadiri Ketua FKPT Sulut, James Tulangow bersama pengurus FKPT Sulut, serta mewakili pejabat  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut.

Jumlah peserta sekitar 90 orang utusan dari tokoh agama, dosen dan para guru seloha tingkat SD hingga SMA sederajat. Menurut Hendri, selain kualitas pendidikan para siswa, kearifan local juga sangat efektif untuk menangkal radikalisme dan menjadi control social.

‘’Terorisme adalah perbuatan kejahatan yang luar biasa. Pelaku teroris tujuannya antara lain, mengganggu persatuan dan kedaulatan negara Republik Indonesia, serta sasarannya merusak toleransi antarumat beragama. .Lewat kegiatan ini diharapkan para tokoh agama, tenaga pendidik mendapat pengetahuan untuk memahami bagaiamana cara menangkal pengaruh paham redikalisme, kemudian dijabarkan kepada siswa dan masyarakat,’’ ujaranya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, selain Deputi I, Mayjen TNI Hendri Pahuruan Lubis, Tokoh Agama DR Yusno Abdullah Otta. M.Ag,  DR Nasarudin Yusuf yang juga menjabat Kabid Agama, Sosial dan Budaya FKPT Sulut dan, Anis Masyakur, M.A dari BNPT.  (*/MS)     

Airmadidi, Sulutnews.com - Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, menegaskan, perlu ditingkatkan materi pendidikan di sekolah tentang pencegahan paham radikalisme kepada para siswa.

‘’Pemberian dan peningkatan materi pelajaran pencegahan paham radikalisme kepada siswa sangatlah penting. Sebab, dengan begitu sumber daya manusia para siswa bisa memahami bagaimana saling mencintai antarsesama, hidup rukun serta mencintai Pancasila sebagai dasar negera Republik Indonesia,’’ kata Deputi I BNPT, Meyjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, saat membuka kegiatan Bidang Agama, Social dan Budaya yang digelar BNPT bersama FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) di Sutan Raja Hotel, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/9).

Kegiatan yang bertajuk ‘’Integrasi nilai-nilai agama dan budaya di sekolah dalam menumbuhkan harmoni kebangsaan’’, dihadiri Ketua FKPT Sulut, James Tulangow bersama pengurus FKPT Sulut, serta mewakili pejabat  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut.

Jumlah peserta sekitar 90 orang utusan dari tokoh agama, dosen dan para guru seloha tingkat SD hingga SMA sederajat. Menurut Hendri, selain kualitas pendidikan para siswa, kearifan local juga sangat efektif untuk menangkal radikalisme dan menjadi control social.

‘’Terorisme adalah perbuatan kejahatan yang luar biasa. Pelaku teroris tujuannya antara lain, mengganggu persatuan dan kedaulatan negara Republik Indonesia, serta sasarannya merusak toleransi antarumat beragama. .Lewat kegiatan ini diharapkan para tokoh agama, tenaga pendidik mendapat pengetahuan untuk memahami bagaiamana cara menangkal pengaruh paham redikalisme, kemudian dijabarkan kepada siswa dan masyarakat,’’ ujaranya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, selain Deputi I, Mayjen TNI Hendri Pahuruan Lubis, Tokoh Agama DR Yusno Abdullah Otta. M.Ag,  DR Nasarudin Yusuf yang juga menjabat Kabid Agama, Sosial dan Budaya FKPT Sulut dan, Anis Masyakur, M.A dari BNPT.  (*/MS)     

Airmadidi, Sulutnews.com - Kepolisian Resor Minahasa Utara melaksanakan kegiatan upacara korps raport kenaikan pangkat di lapangan apel Polres Minut, Senin (1/7/2019). Upacara dipimpin oleh Kapolres Minut AKBP Jefri R. P. Siagian SIK.

Upacara ini diikuti oleh Waka Polres Minut Kompol Revly B. Kaunang, Ketua Bhayangkari Cabang Minut Ny. Novi Jefri Siagian, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira Staf, Bintara Polres Minut serta Bhayangkari dan personel Polres Minut yang naik pangkat periode 1 Juli 2019.

Adapun personil yang naik pangkat berjumlah 22 orang yang terdiri dari Briptu ke Brigadir sebanyak 1 orang, Brigadir ke Bripka 9 orang dan Bripka ke Aipda sebanyak 12 orang.

Kapolres Minut dalam arahannya menjelaskan bahwa, para personil Polri yang memperoleh kenaikan pangkat juga bertambah pula tanggung jawab serta kewajiban dalam pelaksanaan tugas.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah memperoleh kenaikan pangkat saat ini, semoga dengan pangkat yang baru menambah kebahagiaan saudara dan keluarga serta dapat menjadi pendorong semangat kerja dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawab saudara," ujar Kapolres

Kegiatan dilanjutkan dengan tradisi penyiraman air kembang serta pemberian ucapan selamat dari Kapolres Minut dan diikuti oleh para Perwira, personel Polres Minut serta Bhayangkari.(/MS)

Manado, Sulutnews.com – Personil Polres Minahasa Utara melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Maria Walanda Maramis Desa Maumbi Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara, Senin (1/7/2019).

Ziarah rombongan tersebut dipimpin Kapolres Minut AKBP Jefri R. P. Siagian, dihadiri Wakapolres Minut Kompol Revly B. Kaunang, Ketua Bhayangkari Cabang Minut Ny. Novi Jefri Siagian, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira Staf Polres Minut, anggota Polres Minut dan Bhayangkari cabang Polres Minahasa Utara.

Pada kesempatan itu, Kapolres Minut dan rombingan melaksanakan tabur bunga di pusara anggota Polres Minut yang telah gugur.

“Sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Kapolres singkat.(/MS)

Airmadidi, Sulutnews.com-Ketua Forki Sulut Drs. Jemmy Ringkuangan membuka dengan resmi pelaksanaan Kejuaraan Karateka Forki Se Minahasa Utara, Jumat (17/11) bertempat di Gedung Olahraga Airmadidi, Minahasa Utara.

Kejuaraan karateka tersebut digelar 4 hari (17-20/11) dan diikuti utusan atlit karate dari dua Provinsi Sulut dan Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk kelompok umur yang dipertandingkan terdiri dari kelompok anak-anak, remaja putra dan putri.

Acara diawali pembacaan ikrar karateka oleh dua orang atlit peserta, dilanjutkan sambutan Bupati Minahasa Vonny Panambunan yang diwakili Asisten 3 Bidang Keuangan. 

Ketua Forki Sulut Jimmy Ringkuagan berharap peserta menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding dan dapat mengharumkan nama daerah masing masing. "Dalam kejuaraan karateka ini saya harapkan akan lahir banyak atlit muda karate dari Minut yang siap berlaga di kejuaraan bertaraf nasional seperti PON Papua 2020," katanya.

Pelantikan Pengurus FORKI Minut yang diketuai Jemy Kiolol yang juga Anggota DPRD Minut, digelar usai acara pembukaan. Peserta mendapat kaos secara cuma cuma dari Panitia penyelengara, sedangkan Ketua Forki yang baru mendapat gelar penghormatan berupa penganugrahan sabuk hitam. Sabuk tersebut disematkan di pinggang Ketua Forki Minut yang baru oleh top exekutif Guru FORKI Jakarta disaksikan selururuh karateka yang ada. (y/*)