Minut

Minut (47)

Minut,Sulutnews.com - Timsus Waruga Polres Minahasa Utara (Minut) mengamankan seorang pria pelaku pencurian barang elektronik (curanik) yang beraksi di SMA Katolik Don Bosco Lembean, pada Minggu (02/01/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, pelaku berinisial YG (49), warga Kawiley Jaga V, Kauditan, Minut.

"Pelaku ditangkap di tempat persembunyiannya, di area perkebunan Kawiley, pada Senin (17/01), sekitar pukul 16.00 WITA," ujarnya, Selasa (18/01) siang, di Mapolda Sulut.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, kejadian ini diketahui pertama kali oleh kepala sekolah setempat pada Senin (03/01) pagi, setelah mendapati beberapa pintu dalam keadaan rusak.

"Kemudian dilakukan pengecekan di ruang guru, ruang Tata Usaha serta dapur, ternyata sejumlah barang inventaris sekolah sudah hilang. Pihak sekolah lalu melapor ke SPKT Polres Minut, pada Selasa (04/01)," jelasnya.

Merespons laporan, petugas kemudian melakukan penyelidikan dan mengetahui identitas pelaku, dilanjutkan penangkapan. Pelaku mengaku mencuri di sekolah tersebut dengan cara mencongkel beberapa pintu menggunakan obeng.

Kombes Pol Jules Abraham Abast menambahkan, dalam penangkapan tersebut petugas turut mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, 1 genset, 1 laptop, 1 televisi, 1 speaker wireless, 1 amplifier, 1 tabung LPG, 1 kompor gas, 2 printer, 3 monitor, serta 20 rim kertas.

"Pelaku beserta sejumlah barang bukti tersebut sudah diamankan di Mapolres Minut untuk diperiksa lebih lanjut," kunci Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Kalawat, Sulutnews.com - Sebagai upaya meningkatkan  pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), pemerintah terus memacu pembangunan sarana gedung sekolah beserta ruang belajar yang representatif.

Begitu juga dengan di SMA Negeri 01 Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, membangun ruang belajar baru bagi siswa-siswinya di atas lahan seluas 4 hektar dengan menghabiskan dana senilai Rp 48,9 Milyar.

SMA Negeri 01 Kalawat ini, juga disebut  SMAN 01 Guru Lombok Kalawat Kolongan, sesuai dengan nama pendiri pertama gedung sekolah, yang dalam sejarahnya didirikan pada tahun 1940-an. Diharapkan kehadiran SMAN 01 Guru Lombok Kalawat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan putra-putri asal Desa Kolongan dan sekitarnya.

"Puji Tuhan, sejak Desember 2021, SMA Negeri 1 Kalawat Kolongan sudah ketambahan beberapa ruang belajar baru," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Guru Lombok Kalawat, Jemes Punuh Spd,Mpd kepada media di Kolongan, belum lama ini.

Dengan bertambahnya ruang belajar baru, maka bertambah pula jumlah peserta didik semula kurang dari 50 siswa, kini sudah 300 lebih siswa, ujarnya berterus terang.

Ia mengakui bangunan ruang belajar baru tersebut dibangun dengan dana Rp48,9 Milyar, ditambah hasil negosiasi ganti rugi tanah milik sekolah yang diberikan untuk pembangunan jalan di Minahasa Utara senilai Rp4,8 Milyar. Dari dana ganti rugi tanah dengan Dinas Perkimtan Provinsi Sulut, juga dana DAU senilai Rp 3 Milyar.

Ditambahkannya, sarana belajar yang dibangun kini bertaraf internasional dan satunya sekolah terbaik yang ada di Desa Kolongan Kecamatan Kalawat. Bukan hanya kelas baru tetapi juga sekolah sudah dilengkapi dengan lapangan olahraga basket, lintasan atletik, tenis meja, bulutangkis, Gedung GOR, pastinya semuanya baru.

Pereamian gedung baru SMAN 1 Guru Lombok Kalawat Kolongan dilangsungkan pada awal bulan Desember 2021 yang baru lalu.  "Bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghadiri Acara peresmian gedung dan  menandatangani batu prasasti, hadir juga Wagub Steven Kandouw dan Kadis Dikda Sulut dr Grace Punuh beserta Forkopimda Minahasa Utara," pungkas pria asal Desa Treman Kecamatan Kauditan ini. (*/yuk)

Minut, Sulutnews.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPD PDI-P Sulut Steven Kandouw, bertempat di Kantor DPD PDIP Sulut Jl. Ir. Soekarno, Maumbi, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin (10/01/2022).

Dalam arahannya, Steven Kandouw mengatakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDI-P menjadi momentum untuk evaluasi keberadaan selurus kader partai, mulai dari struktural PDI-P di DPP, DPD, DPC, PAC, ranting, anak ranting hingga ke sayap dan badan partai.

“Ini momentum paling baik untuk kita kontemplasi, introspeksi diri, evaluasi semua keberadaan kita,” tuturnya.

Kandouw mengapresiasi atas tema yang diambil pada HUT ke-49 PDI-P, yakni ‘Bangunlah Jiwa dan Badannya, untuk Indonesia Raya’.

“Suatu tema yang cocok update dengan kondisi yang ada di republik ini, dimana Kita masih bergelut dengan Covid-19. Tema ini meyakinkan kita semua di tengah pandemi, Kader partai harus tetap mawas diri tetap berikan jiwa dan badannya untuk negara ini,” tegasnya.

Kandouw mengingatkan seluruh Unsur dan Elemen Partai di PDI-P untuk terus menjadi pelopor dalam mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Untuk itu momentum ini sebagai salah satu kader partai diingatkan substansi partai nasional kerakyatan tetap bersama-sama dengan rakyat, seperti yang disampaikan Ibu Ketum ‘Menangis dan tertawa dengan rakyat’,” imbaunya.

Di akhir arahannya, Kandouw mengharapkan tetap menjadi partai nomor satu.
“Akan lebih hebat sehat maju dari tahun-tahun kemarin. Kita tetap jaya. Bukan hanya ketiga kalinya tapi selama-lamanya,” tukas Kandouw yang juga Wakil Gubernur Sulut ini.
Usai upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpen oleh Steven Kandouw didampingi seluruh pengurus DPD PDI-P Sulut. (*/Fanny)

Minut,Sulutnews.com - Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP berikan bantuan 200 Dos Keramik di Gereja GMIM  Abraham Desa Matungkas Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Kamis (06/01/2022).

Bantuan 200 dus keramik oleh Danrem 131/Santiago kepada Jemaat GMIM Abraham Matungkas diserahkan  melalui Koramil  1310-04/Dimembe bersama  Camat Dimembe,  kemudian Ibu Camat  Ansye Dengah S.sos didampingi Danramil 1310 - 04 Dimembe Letda Inf Marten Tangkere.  menyerahkan  bantuan tersebut  dan diterima oleh Ketua Jemaat GMIM Abraham Pendeta  Harald Poluan Sth. MPdk.

Saat ditemui ditempat berbeda Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong,  mengatakan bantuan ini merupakan wujud perhatian  Korem 131/Santiago terhadap pembangunan tempat-tempat ibadah di wilayah jajaran Korem 131/Santiago diantaranya  diwilayah  Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara,  diketahui bukan hanya Gereja yang mendapat bantuan keramik namun   Mesjid Firdaus yang beralamat di  Jalan Fiere Tendean Kelurahan Titiwungen Selatan Kecamatan Sario Kota Manado mendapat bantuan.

" Brigjen TNI Meyer berharap,  Semoga bantuan   keramik yang diberikan tersebut,  dapat membantu dalam proses penyelesaian, dan  bisa bermanfaat serta  berguna untuk pembangunan yang saat ini  sedang dilaksanakan oleh Jemaat  Gereja GMIM Abraham dan Jamaah Mesjid Firdaus Titiwungen. 

Danrem 131/Santiago menambahkan bantuan ini merupakan wujud kepedulian Korem lebih khusus   TNI Angkatan Darat, yang  selalu hadir  ditengah tengah  kesulitan  masyarakat yang ada di wilayah dalam situasi dan kondisi apapun.  " Ujar Brigjen TNI  Meyer

Sementara itu, Ketua Jemaat GMIM Abraham Pendeta  Harald Poluan Sth,  beserta seluruh pelayan khusus  Jemaat GMIM Abraham   seusai menerima  bantuan mengatakan, kami mewakili Jemaat dan masyarakat  Desa Matungkas  mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setingi tingginya atas perhatian dan bantuan oleh Bapak Danrem 131/Santiago kepada kami

"Bantuan ini, sangat membantu kami dalam  pembangunan Gereja  di  Desa Matungkas, Bahkan ia berharap dengan adanya bantuan keramik ini pembangunan tersebut bisa segera terselesaikan dengan baik. “Kami warga Desa Matungkas merasa sangat terbantu, dan kami juga berharap kedepannya semoga TNI khusunya  Korem 131/Santiago beserta jajaranya  yang dibawa Komando  Brigjen TNI Meyer  Putong  selalu diberkati  dan diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa serta  semakin dicintai oleh   rakyat,” Tutupnya.

Turut hadir dalam pemberian bantuan  tersebut Ibu Novita Tangkudung (Hukumtua Matungkas), Serma Fernando Patras (Babinsa Matungkas), Roy Mantiri (Sekdes Matungkas), Staf Kecamatan Dimembe.

Dalam pelaksanaan pemberian bantuan tersebut tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan Covid – 19. (Adrian)

Minut,Sulutnews.com – Kapolres Minahasa Utara AKBP Bambang Yudi Wibowo mengingatkan kepada personelnya, penggunaan anggaran agar dilaksanakan secara optimal.

Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin sosialisasi Dipa RKA-KL TA 2022 dan penandatanganan Pakta Integritas di aula Satya Haprabu Polres Minut, Rabu (5/1/2022).

“Anggaran agar digunakan seoptimal mungkin sesuai petunjuknya, karena anggaran ini sangat sensitif  dan hindari dari hal-hal negatif karena ini menyangkut nama baik,” ujar AKBP Bambang Yudi Wibowo.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dan penyerahan rendisgar 2022 oleh Kapolres kepada para Kasat Subsatker yang diwakili oleh Kabag Log, Kasat Reskrim dan Kapolsek Likupang. "Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Minut Kompol Hans Karia Biri, para Kabag, Kasat, Kasi dan para Kapolsek. (Adrian)

Minut,Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Utara AKBP Bambang Yudi Wibowo bersama Bupati Joune Ganda serta sejumlah pejabat kedua instansi tersebut melaksanakan pantauan situasi dan pengamanan malam pergantian tahun di wilayahnya, Jumat (31/12/2021).

Rombongan bergerak sekitar pukul 21.00 Wita dan melakukan pengecekan di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan antara lain, Zero Point, pintu tol, enterchange, Terminal Airmadidi dan simpang empat Kauditan.

Di hadapan Bupati, Kapolres juga memaparkan kesiapan personel Polres Minut dalam pengamanan malam pergantian tahun.

“Jumlah personel Polri yang turun dalam pengamanan tahun baru berjumlah 249 personel, 79 personel TNI, 18 pers Dinkes, 32 pers Satpol PP, 30 pers Dishub, 6 pers BPBD dan 10 pers jasa marga 10. Jadi jumlah keseluruhan 423 personel gabungan,” ujar Kapolres AKBP Bambang Yudi.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Minut atas dorongan dan semangatnya serta seluruh instansi terkait dan seluruh masyarakat atas partisipasinya dalam menjaga dan memelihara kamtibmas agar tetap kondusif. (Adrian)

Minut,Sulutnews.com – Kepolisian Resor Minahasa Utara melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin Samrat – 2021”. Apel dipimpin oleh Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, bertempat di lapangan apel Mapolres Minut, Kamis (23/12/2021).

“Dalam pengamanan kali ini, Polres Minut menurunkan sebanyak 254 personel untuk ditempatkan di Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, Pos Wisata, Pengamanan Gereja, Regu Patroli dan Siaga Mako. Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman , serta pelaksanaan yang berpedoman pada prokes,” ujar AKBP Bambang Yudi Wibowo.

Para personel diingatkan sudah pada tanggal 24 Desember 2021 sudah melaksanakan tugas sesuai plotingan surat perintah. Perwira bertanggung jawab atas personelnya dalam pelaksanaan tugas.

Ia juga mengingatkan personl agar dapat mengantisipasi kelompok – kelompok Intoleran dan radikal. “Jaga keselamatan, kesehatan dan juga berdoa, Saya beserta keluarga mengucapkan Selamat Natal bagi rekan-rekan yang merayakan semoga damai dan kasih suka cita Natal selalu menyertai tekan dan saudara sekalian,” ujar Kapolres.

Operasi Lilin Samrat – 2021 pengamanan Natal dan Tahun Baru akan dilaksanakan selama 10 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. (Adrian)

Minut,Sulutnews.com – Anggota Polri yang bertugas di Polres Minahasa Utara melaksanakan latihan menembak, yang digelar di Lapangan Tembak Rekonfu 87 Polres Minut, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, latihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan anggota Polri dalam menembak.

“Tujuannya agar anggota mampu dan mahir serta bertanggung jawab dalam penggunaan senpi walaupun sudah dinyatakan lulus psikologi,” ujar AKBP Bambang.

Dalam waktu dekat ini katanya, anggota akan dihadapkan dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu Kapolres minta untuk dipersiapkan dengan baik, termasuk kemampuan perorangan.

Usai melaksanakan latihan menembak, Kapolres juga memberikan pembekalan kepada siswa SPN Polda Sulut yang sedang melaksanakan latihan belajar di Polres Minut.

“Tentunya diharapkan para siswa dapat menimba ilmu pelajaran selama mengikuti latihan kerja di Polres Minut. Kita berharap mereka bisa menjadi Polisi Presisi, yang mampu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik,” pesan AKBP Bambang. (Adrian)

Minut,Sulutnews.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno didampingi Karo Ops, Kabid Dokkes, dan Kapolres Minahasa Utara (Minut) meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak berusia 6-11 tahun, di SD Negeri 1 Airmadidi, Kabupaten Minut, pada Rabu (15/12/2021) sore.

Pada peninjauan tersebut, Irjen Pol Mulyatno berdialog interaktif dengan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, melalui video conference.

Irjen Pol Mulyatno melaporkan, vaksinasi di Provinsi Sulut secara umum sudah masuk dalam daftar 10 besar yaitu, sudah mencapai sekitar 74 persen lebih untuk vaksinasi tahap pertama, sedangkan vaksinasi tahap kedua sudah mencapai sekitar 55 persen lebih.

“Kemudian di beberapa wilayah sudah memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi kepada anak-anak. Di lokasi ini, sudah terkumpul sekitar 300 anak berusia 6 hingga 11 tahun, yang secara bergiliran mereka melakukan vaksinasi,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Lanjutnya, ada 6 kabupaten/kota di Sulut yang pelaksanaan vaksinasi untuk orang dewasa sudah lebih dari 70 persen, kemudian untuk lansia lebih dari 60 persen, sehingga bisa dilakukan vaksinasi untuk anak-anak.

“Enam kabupaten/kota tersebut yakni, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado, dan Kota Tomohon. Ini yang sudah dan akan dilakukan vaksinasi untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Diterangkannya pula, untuk vaksinasi orang dewasa memang ada sedikit kendala.

“Namun sudah kita atasi. Yaitu dengan misalnya, para pekerja tambang biasanya hari Sabtu dan Minggu baru libur, kemudian vaksinasi kita laksanakan hari Sabtu dan Minggu. Kemudian juga bagi masyarakat yang bekerja siang hari, maka pada sore dan malam hari kita berikan pelayanan vaksinasi. Sedangkan untuk masyarakat yang ada di pedalaman-pedalaman, vaksinasi kita lakukan secara door to door,” terang Irjen Pol Mulyatno.

Terkait pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi sejak 1 Juli hingga 14 Desember, sambungnya, Polda Sulut menerima vaksin sebanyak 298.033 vial, kemudian sudah dipakai 261.832, dan sisanya 36.201.

“Untuk perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Sulut selama ini berjalan dengan baik dan lancar, antusias dari masyarakat maupun dukungan dari Forkopimda juga sangat tinggi,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu, Komjen Pol Arief mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Mulyatno dan anak-anak yang sudah melaksanakan vaksinasi.

“Terima kasih Pak Kapolda, sudah mendampingi anak-anak. Dan juga terima kasih kepada anak-anak, tidak takut divaksin,” tuturnya.

Komjen Pol Arief berpesan kepada anak-anak, walaupun sudah divaksin tetapi kalau di kelas atau di sekolah tetap menggunakan masker, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dan beberapa waktu lalu saya mendampingi Panglima TNI ke Manado, aktivitas masyarakatnya cukup tinggi. Dan saat ini kita sudah diterapkan PPKM Level 1, saya berharap protokol kesehatan supaya tetap diterapkan,” imbau Komjen Pol Arief.

Lanjutnya, kondisi ekonomi saat ini yang sudah membaik, tetapi kalau tidak diikuti dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, maka bisa terganggu.

“Semua kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan di Sulut sudah berjalan dengan baik, sudah masuk dalam 10 besar. Mungkin untuk di wilayah-wilayah kepulauan bisa ditingkatkan dan dimobilisir tenaga kesehatan ke wilayah-wilayah kepulauan. Terima kasih Pak Kapolda, selamat bertugas, dan salam sehat,” kunci Komjen Pol Arief. (Adrian)

Minut, Sulutnews.com - Oknum Kadis di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulut berinisial TS Alias Toar  di duga telah  menelantarkan istri dan anaknya yang masih berumur 4 tahun serta diduga telah melakukan perbuatan kekerasan dalam rumah tangga (Penganiayaan psikis dan penelantaran ).

Saat ini korban yakni istrinya  PL alias Pingkan telah melaporkan Hal Tersebut dipolres minut  dan sudah dimintai keterangan di dampingi  UPTD PPA  Perlindungan Perempuan dan anak Provinsi Sulut yang di komandani oleh Marchel Silom dengan  advokat Citra Tangkudung,SH

PL alias Pingkan menyebutkan Suaminya TS alias Toar  pada beberapa tahun yang lalu pernah juga melakukan tindakan KDRT terhadap istrinya dan sudah dilaporkan ke Polsek Aermadidi.

Oknum kadis tersebut  telah meminta maaf kepada  istrinya dengan  membuat pernyataan tidak  mengulangi lagi perbuatannya.

Tapi nyatanya oknum kadis tersebut melakukan kembali perbuatannya kekerasan dalam rumah tangga kepada Istrinya.

Infomasi  oknum kadis di Minut TS alias Toar akan di Panggil dan diperiksa oleh Penyidik Polres Minut, Hal ini turut dibenarkan Ketua Tim UPTD PPA Pemprof Sulut Maikel Silom yang mendampingi Korban saat dimintai Keterangan.

Didampingi Pengacara Citra Tangkudung SH Berharap dengan peristiwa ini dapat menjadi pelajaran bagi seluruh pejabat yang adalah panutan masyarakat tidak melakukan perbuatan yang tercela sehingga dapat merusak citra pemerintah. (Adrian)