Minsel, Sulutnews.com - Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan meminta agar, laporkan caleg dan tim pemenang berkedok santa claus yang membagi-bagikan sembako atau natura lainnya menjelang hari Natal dan Tahun baru.

Ungkap Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Sulut Franny Sengkey yang diwakili oleh Panwas Kecamatan Amurang Timur, saat menggelar jumpa pers, bersama wartawan biro Minsel, di kantor Banwaslu Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur, Jumat (07/12/2018).

Menurut Sengkey bahwa pembagian materi atau natura dan sembako adalah bagian dari praktek politik uang yang dilarang dalam Undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017. Dimana terdapat dalam pasal 280 ayat 1 huruf J.

"Jadi semua jelas dalam pasal 280 ayat 1 huruf J, mengatur soal larangan hal ini. Dan hal ini mrngandung unsur pidana sebagaimana diatur dalam ketentuan pidana. Kiranya ini bisa disampaikan dan diketahui oleh seluruh masyarakat, terlebih para caleg di Kabupaten Minahasa Selatan." ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya jumpa pers ini, media boleh menyampaikan apa-apa saja tindakan Banwaslu dalam mengawasi Pemilihan Umum tahun 2019. "Awasi dan lapotkan bila menemui aksi seperti ini," tutupnya dengan nada tegas, tak segan-segan memproses jika kedapatan. (/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Christiany Eugenia Paruntu melakukan kunjungan di Kementrian Dalam Negeri, yang disambut oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa, Nata Irawan, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa, Aferi Syamsidar dan jajarannya. dengan membahas sejumlah program di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Tetty Paruntu bersama Dirjen Bina Pemdes serta beberapa jajaran turut juga membahas Pemilihan Kepala Desa Serentak, Pengelolaan Administrasi, Keuangan dan Aset Desa sampai pada Program Dana Kelurahan. Jumat (07/12/2018).

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa memberikan apresiasi untuk kepada pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, yang dalam penetapan Penjabat Kepala Desa, sudah mengacu pada Undang-undang Nomor 06 tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014.

Sementara Dirjen Bina Pemdes Memberikan dorongan kepada Bupati Christiany Eugenia Paruntu, untuk melakukan sinkronisasi dan penguatan kepada kapasitas dan peran Pemerintah Desa dengan menyingkronkan program SKPD dan Program Pemerintah Desa. (*/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, Jumat (28/9/2018) menerima penghargaan ‘Anugerah Pendidikan’ dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Dimana, penghargaan ‘Anugerah Pendidikan’ diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Efendi, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC). Penghargaan tersebut, karena program-program Bupati Tetty Paruntu dinilai sejalan dengan visi-misi IGI dalam menciptakan tenaga pengajar yang profesional, yakni program inovasi sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Saya sangat bangga atas apresiasi yang diberikan oleh IGI kepada Pemkab Minsel. Penghargaan ini menjadi satu bukti segala program Pemkab Minsel mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” ucap Bupati Tetty Paruntu dengan penuh syukur.

Kepala Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga Minsel, Fietber Raco, saat mendampingi Bupati Christiany Eugenia Paruntu saat menerima penghargaan tersebut. Hadir juga dalam acara tersebut Dirjen Guru dan tenaga kependidikan, DR Soepono, Ketua Umum IGI Moh. Ramli Rahim, Sekjen IGI Mampuono Turut hadir pula, ketua dan sekretaris wilayah Sulut Flores Rembet, dan Vera Legi, serta para penerima penghargaan dari kalangan Bupati/Walikota, kepala dinas dan kalangan profesional. (*/Advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Selasa (23/10/2018), Opening Ceremony Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2018 yang dilaksanakan dilapangan kantor Bupati Minsel, berlangsung spekakuler.

Kegiatan yang mempertandingkan 14 cabang olahraga, dibuka langsung oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Pauntu, serta merupakan sejarah baru bagi atlet-atlet Minahasa Selatan, karena merupakan pertama kali digelar.

“Ini, adalah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, dimana pentas olahraga ini, akan mampu memberi yang terbaik bagi dunia olahraga di Kabupaten Minahasa Selatan,” ujar James Kojongian, Ketua KONI Kabupaten Minahasa Selatan dalam sambutannya.

Dirinya juga mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkab Minsel, terutama kepada ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu, yang senantiasa menopang seluruh kegiatan olahraga di Kabupaten Minahasa Selatan.

Sementara itu dalam kesempatannya membawakan sambutan, Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel) menyampaikan bahwa hal utama yang menjadi perhatian kita bersama adalah menyiapkan sumber daya manusia yang bermutu.

“Kegiatan Porkab Minsel yang pertama ini, tidak hanya berorientasi pada semangat kompetisi, akan tetapi esensinya ada pada nilai pendidikan. Yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai ‘Learning Experience’,” tukas Bupati Tetty Paruntu.

Pembukaan iven olahraga Porkab Minsel diisi oleh atraksi spektakuler dari Marching Band Gita Abdi Praja IPDN, Freestyle Motor, Atraksi Wushu, Barongsai dan Aksi Pocil dari SD Negeri 2 Amurang. Dan diikuti oleh 1.987 peserta yang terdiri dari para atlet dan ofisial.

Pemeriksaan Peserta Porkab Minsel Oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Jhony Asadoma, Ketua KONI Sulut Kolonel (Inf) Theo Kawatu dan Ketua KONI Minsel James Arthur Kojongian, serta pemasangan obor

Hadir dalam pembukaan Porkab Minsel, Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) yang adalah Ketua PB Pertina Brigjen Pol Johny Asadoma, Ketua Harian KONI Sulut Kol (Inf) Theo Kawatu, Anggota DPD RI Stevanus B.A.N. Liow, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Perwira Penghubung Kapten (Inf) Jimmy Lotulung dan Ketua PMI Minsel dr Michaela Elsiana Paruntu. (*/Advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, Selasa (25/9/2018) berlangsung dengan spektakuler.

Perayaan HUT Bupati Tetty Paruntu dirayakan dalam bentuk ibadah syukur bersama masyarakat Minsel yang dipimpin Ketua Sinode GMIM, Pendeta Hein Arina dan dilaksanakan di ikon Minsel, I Am Amurang, Kelurahan Uwuran Satu Kecamatan Amurang.

Dengan penuh suka cita, Bupati Tetty Paruntu mengungkapkan, bahwa perayaan ibadah sebagai ini, adalah bentuk ungkapan terima kasih kepada Tuhan atas berkat penyertaan serta perlindungan yang boleh dijalani, sehingga boleh ditambahkan lagi satu tahun usia.

“Terima kasih kepada keluarga besar saya, yang selama ini selalu mendukung bahkan mensupport dan memotivasi. Tuhan Yesus akan senantiasa memberkati kita semua baik dalam tugas serta usaha dan kerja yang kita laksanakan,” tukas Bupati Tetty Paruntu.

Perayaan HUT Bupati Tetty Paruntu dimeriahkan dengan penampilan grup band Basgilano dan Armada yang tampil memukau masyarakat Minsel, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam perayaan ini, diantaranya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Daniel Mewengkang, Wakil Bupati dan sejumlah pejabat lainnya yang ada di Sulut bersama sejumlah pimpinan DPD I Partai Golkar Sulut. (*/Advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Christiany Eugenia Paruntu, dalam rangka mengembangkan minuman beralkohol di Kabupaten Minahasa Selatan, melakukan kunjungan di Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, yang disambut langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Jumat (10/8/2018).

Dimana kunjungan dan pertemuan ini merupakan awal dari kegiatan kunjungan kerja Bupati Tetty Paruntu ke Kabupaten Tabanan Bali, demi mengangkat produk lokal minuman beralkohol, yang merupakan ciri khas orang Minahasa pada umumnya.

“Maksud kunjungan kerja ke Kabupaten Tabanan kali ini, adalah untuk membahas mengenai penyusunan program dan langkah strategis pengembangan potensi pengolahan minuman beralkohol,” kata Bupati Tetty Paruntu.

Oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryast, Bupati Tetty Paruntu dan tim diterima di ruang kerja Bupati. Kunjungan kerja Bupati Tetty Paruntu, turut didampingi Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi beberapa kepala SKPD, dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Minsel.

Bupati Minsel Bersama Sejumlah Pimpinan SKPD dan Hukum Tua Saat Berkunjung ke Pabrik Pengolahan Minuman Beralkohol (*/Advetorial/ferrowaney).

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, Jumat (28/9/2018) menerima penghargaan ‘Anugerah Pendidikan’ dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Dimana, penghargaan ‘Anugerah Pendidikan’ diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Efendi, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Penghargaan tersebut, karena program-program Bupati Tetty Paruntu dinilai sejalan dengan visi-misi IGI dalam menciptakan tenaga pengajar yang profesional, yakni program inovasi sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Saya sangat bangga atas apresiasi yang diberikan oleh IGI kepada Pemkab Minsel. Penghargaan ini menjadi satu bukti segala program Pemkab Minsel mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” ucap Bupati Tetty Paruntu dengan penuh syukur.

Kepala Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga Minsel, Fietber Raco, saat mendampingi Bupati Christiany Eugenia Paruntu saat menerima penghargaan tersebut.

Hadir juga dalam acara tersebut Dirjen Guru dan tenaga kependidikan, DR Soepono, Ketua Umum IGI Moh. Ramli Rahim, Sekjen IGI Mampuono

Turut hadir pula, ketua dan sekretaris wilayah Sulut Flores Rembet, dan Vera Legi, serta para penerima penghargaan dari kalangan Bupati/Walikota, kepala dinas dan kalangan profesional. (*/Advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Dr Christiany Eugenia Paruntu SE menerima Penghargaan Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Adapun penghargaan tersebut, karena Bupati Tetty Paruntu dinilai mampu dan berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

Penghargaan Natamukti diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga pada acara penganugerahan penghargaan ICSB Indonesia City Award 2018 di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, pada Kamis (15/11/2018).

Bupati Christiany Eugenia Paruntu mengatakan, bahwa penghargaan ini adalah merupakan penghargaan yang diraih dari penilaian yang dilakukan oleh tim independent.

“Dengan didapatnya penghargaan ini akan menjadi penyemangat dalam melakukan kepedulian terhadap UMKM yang merupakan pondasi ekonomi. Karena dalam situasi apapun, saya lihat koperasi dan UMKM tetap bisa bertahan,” ujar Bupati Tetty Paruntu.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga menyatakan pemberian penghargaan yang dirangkaikan dengan Gebyar UKM Tahun 2018 sangat strategis untuk kewirausahaan.

“Di Indonesia, UMKM sebagai penggerak roda perekonomian utama saat ini menjadi perhatian pemerintah dan lembaga Internasiona. Karena, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi harus ada pemerataan kesejahteraan,” kata Menkop UKM Puspayoga.

Sementara itu, Presiden ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan ICSB adalah sebuah organisasi nirlaba Internasional yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia.

“ICSB Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti, sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing,” terang Hermawan. (*/advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Modoinding Potato Festival (MPF) tahun 2018, Sabtu (13/10/2018) di Desa Pinasungkulan, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan berlangsung meriah dan sukses.

Pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) sebagaimana yang disampaikan Kadis Pertanian, Novly Wowiling, mewakili Gubernur, menyampaikan dukungan penuh Gubernur Olly Dondokambey atas ivent-ivent yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan Sulut.

Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, yang hadir dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa MPF sebagai wujud syukur atas segala berkat dan penyertaan Tuhan bagi masyarakat Modoinding.

“Festival ini merupakan suatu langkah maju dan kreatif di bidang Pertanian, Perkebunan dan Pariwisata. Yang muncul dari kepekaan dan kepedulian masyarakat yang menyadari akan sumber daya Hortikultura yang terdapat di wilayah Modoinding,” tukas Bupati Tetty Paruntu.

Melalui kegiatan ini, kita dapat melihat bahwa kentang telah menjadi ikon dan ciri khas dari wilayah Kecamatan Modoinding.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Modoinding, teristimewa warga GMIM. Atas inisiasi dan tindakan nyata dalam mewujudkan kegiatan strategis ini,” tambah Bupati Tetty Paruntu.

Di parade kendaraan MPF ke-5 tahun 2018 menampilkan sejumlah model kreasi berbahan dasar kentang yang menarik perhatian masyarakat dan juga para tamu undangan. Sontak Bupati Tetty Paruntu yang didampingi sekda Danny Rindengan dengan penuh suka cita melakukan foto bersama dengan para peserta serta masyarakat di Kecamatan Modoinding.(*/Advetorial/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Operasi Kepolisian Terpusat ‘Zebra Samrat-2018’ yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018 resmi berakhir. Dalam pelaksanaannya, jajaran Polres Minahasa Selatan berhasil membukukan sebanyak 1.131 tilang serta 227 teguran.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas AKP Roy Saruan, S.Sos, saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa siang (13/11/2018). “Ops Zebra 2018 yang kita laksanakan selama 14 hari, total ada 1.131 lembar tilang dan 227 teguran,” ungkap AKP Roy.

Dari keseluruhan jumlah tilang dan teguran tersebut terdata barang bukti sebanyak 402 kendaraan bermotor diamankan Satuan Lalulintas Polres Minahasa Selatan terdiri atas 270 unit kendaraan roda dua, 127 kendaraan roda empat dan 5 unit kendaraan roda enam.

Ditambahkan Kasat Lantas bahwa pihaknya akan terus melaksanakan upaya penindakan terhadap segala bentuk pelanggaran lalulintas meskipun Ops Zebra telah berakhir. Sangat diharapkan dengan adanya operasi Zebra ini, masyarakat akan mematuhi dan sadar tentang berlalulintas dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kedepannya kita tetap melaksanakan kegiatan razia dalam bentuk operasi rutin dalam rangka penindakan segala bentuk pelanggaran lalulintas. Agar benar-benar masyarakat khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan, sadar akan segala bentuk aturan dalam berlalulitas serta peduli akan keselamatan diri orang disekitar kita,” tambah AKP Roy Saruan.

Ditemui terpisah, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, mengharapkan dengan adanya optimalisasi penindakan terhadap pelanggaran lalulintas melalui Ops Zebra 2018 ini dapat meminimalisir angka fatalitas kecelakaan lalulintas khususnya yang ada di wilayah hukum Polres Minahasa Selatan.

“Kita berharap dengan adanya upaya penegakan dan penindakan hukum terhadap setiap pelanggaran lalulintas melalui Ops Zebra 2018 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta mampu menekan angka fatalitas kecelakaan lalulintas khususnya di wilayah hukum Polres Minsel,” ungkap AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK.(/Ferrowaney)