Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Desa Radey Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan, dalam mengoptimalkan pembangunan infrastruktur serta pelayanan masyarakat, terus melakukan inovasi melalui proses Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Dari informasi yang dirangkum media ini, bahwa dalam anggaran pendapatan dan belanja tahun 2019 yang mencapai 1.099.085.000, dengan Dana desa 796.355.000 telah ditetapkan beberapa pekerjaan sesuai aspirasi masyarakat Desa Radey berupa pembangunan Jalan setapak, paving blok, talud, air bersih dan nama-nama jalan.

Menurut Hukum Tua Desa Radey Theodorus Ventje Lamonge, bahwa dalam pembangunan tahap pertama telah dianggarkan 159.271.000 untuk pengadaan pipa air bersih, yang sebelumnya telah dibangun sumur bor.

"Jadi untuk tahap pertama ini telah dianggarkan pengadaan pipa air bersih. Karena memang sebelumnya Desa Radey telah mendapat bantuan pembangunan sumur bor. Jadi demi menunjang kebutuhan msyarakat, maka dibuat jaringan pipa air bersih dibeberapa titik." ujar Lamonge.

Ia menambahkan, untuk tahap selanjutnya, akan disesuaikan dengan anggaran yang ada, agar benar-benar semua program bisa dilaksanakan dan tepat sasaran. Dan tentunya semua program yang sudah ditetapkan akan dikerjakan secara transparan. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Guna meningkatkan pembangunan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Ranoketang Tua Kecamatan Amurang, Pemerintah Desa terus menggejot pembangunan fisik maupun non fisik melalui Dana Desa (Dandes) tahun 2019.

Dimana sesuai Permen No. 16 Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo, Dana Desa memiliki beberapa prioritas pembangunan, agar desa memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa tersebut.

Hukum Tua Desa Ranoketang Tua Alvi J. Ulaan, ST mengatakan, kegiatan Pembangunan Desa Ranoketang Tua, sesuai anggaran Dana Desa Tahun 2019 773.870 Juta dan yang menjadi prioritas di tahap pertama ini yaitu pembangunan jalan Paving stone dengan volume 76 Meter di jaga VI dengan anggaran 78.964.880 juta dan pembuatan Pembangunan Talud dan Bronjong di jaga I dengan anggaran 24.667.988 juta.

"Jadi sesuai anggaran Dana Desa saat ini sangat membantu akan program yang sudah di bahas dalam musyawarah Desa. Dimana tahapan pertama ini, beberapa infrastruktur menjadi prioritas Pembangunan di Desa Ranoketang Tua, berupa Jalan Paving, Talud dan Bronjong." ucap Ulaan, Kamis (4/7).

Lanjutnya, dengan pembangunan yang sudah tetap saat ini, tentunya sangat membantu roda perekonomian Desa Ranoketang Tua. Dimana dengan dibangunannya akses jalan perkebunan serta jalan lorong desa, maka aktifitas warga dalam berbagai bidang bisa terpenuhi. Juga akses produksi warga bisa terjangkau dan dipasarkan. 

"Ini merupakan harapan masyarakat Desa Ranoketang Tua. Karena saat ini, lewat pembangunan yang sudah diprogram, ini semua boleh dinikmati dan dirasakan. Dan pembangunan ini merupakan hasil aspirasi dan musyawarah bersama. Juga satu tahun anggaran ini ada beberapa kegiatan yang akan kami laksanakan, sebagian pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat." pungkas Ulaan. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - DPRD Kabupaten Minahasa Selatan menggelar rapat Paripurna dalam rangka Penutupan masa Persidangan kesatu dan Pembukaan masa Persidangan kedua tahun 2019, Jumat (10/5).

Rapat paripurna dihadiri oleh Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SH mewakili Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE, dengan pimpinan rapat Ketua DPRD Minsel Jenny J. Tumbuan, SE.

Adapun agenda yang dibahas adalah Penutupan masa persidangan kesatu dan pembukaan masa persidangan kedua Tahun sidang 2019, Penetapan keputusan DPRD tentang rekomendasi atas laporan bertanggungjawaban kepala daerah (LKPJ) kepada DPRD akhir tahun anggaran 2018.

Serta Penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi atas laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah (LKPJ) akhir tahun anggaran 2018.

Dalam sambutan Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang dibacakan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SH mengatakan, mengucapkan, terima kasih serta apresiasi kepada Pimpinan dan seluruh Anggota Dewan yang senantiasa proaktif dalam mendukung program-program Pemerintah, guna pembangunan di segala bidang, demi kemakmuran dan kesejahteraan Masyarakat Minahasa Selatan.

Dimana, dukungan tersebut, dapat dilihat dari Pimpinan dan Anggota Dewan yang telah mencurahkan tenaga, waktu dan pemikiran dalam menjalankan rangkaian sidang sejak awal tahun 2019, menyampaikan selamat memasuki masa persidangan kedua di tahun 2019.

Tak lupa juga Bupati berikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan catatan sipil, yang telah bekerja semaksimal mungkin, sehingga pemilihan umum Tahun 2019 boleh berjalan dengan baik dan sukses.

Hadir dalam rapat paripurna, anggota DPRD, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minsel, beserta Forkopimda dan undangan. (Advetorial/ferrowaney)

 

Minsel, Sulutnews.com - Polres Minahasa Selatan menggelar event akbar bertajuk ‘Gebyar Hari Bhayangkara ke-73’, Sabtu (29/06/2019), yang dikemas dalam berbagai rangkaian kegiatan mulai dari jalan sehat, Bazar (pasar murah), Donor darah, door prize, olahraga bersama TNI/Polri/Forkopimda, serta beberapa lomba lainnya.

Gebyar Hari Bhayangkara ke-73 ini di awali dengan kegiatan jalan sehat mengambil rute start dari Mapolres Minsel, menyusuri jalan Boulevard Amurang, memutar di kawasan Hotel Sutanraja Amurang, dan kembali pulang melintasi jalan Trans Sulawesi, finish di Mapolres Minsel.

Usai jalan sehat dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan seperti lomba lari marathon 5 km, senam zumba, futsal, tarik tambang, lomba makan kerupuk dan kupon door prize dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

“Acara ini diselenggarakan untuk meramaikan dan memeriahkan Hari Bhayangkara ke-73, pada tanggal 1 Juli 2019 nanti. Selain itu kegiatan ini juga untuk menciptakan soliditas TNI/Polri, Pemerintah dan segenap elemen masyarakat guna mensukseskan program-program Pemerintah, khususnya dibidang pembinaan dan pemeliharaan kamtibmas,” ucap Kapolres.

Tampak hadir dalam acara gebyar Hari Bhayangkara Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH; Ketua Dewan Kabupaten Minahasa Tenggara Marty Ole, Kepala Kejaksaan Negeri Amurang I Wayan Eka Miartha, SH,MH; Perwira Penghubung Mayor Inf. Jemmy Lotulung, para Danramil, dan segenap personel jajaran Polres Minsel

“Atas nama keluarga besar Polres Minsel mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI, unsur Forkopimda, insan jurnalistik, tokoh agama, tokoh masyarakat, yang telah bersama-sama mendukung terselenggaranya acara Gebyar Hari Bhayangkara ke-73 ini,” ucap Kapolres.

Sebanyak ribuan peserta terpantau memeriahkan acara ‘Gebyar Hari Bhayangkara ke-73’. “Acara hari ini sungguh luar biasa, membuktikan bahwa diusianya yang ke-73, Polri semakin dicintai masyarakat,” tambah Kapolres. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa-Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE, menerima kunjungan kerja Komisaris Utama dan Komisaris Independen PT. Telkom Indonesia, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, bersama Rombongan, Hotel Sutan Raja Amurang, Sabtu(29/06/2019).

Dimana, kunjungan kali ini, dalam rangka Sosialisasi Making South Minahasa 4.0 dengan tema "Langkah Minsel Menghadapi Era Revolusi Industri.

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutannya mengatakan, revolusi industri secara simpel artinya adalah perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia memproduksi barang. Perubahan besar ini tercatat sudah terjadi tiga kali, dan saat ini kita sedang mengalami revolusi industri yang keempat.

"Setiap perubahan besar ini, selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya,  termasuk di dalamnya sektor telekomunikasi. Ini terbukti memberikan dampak positif baik langsung atau tidak langsung bagi pertumbuhan ekonomi negara. Di mana  perlu diketahui, investasi di sektor telekomunikasi berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi." ujar Bupati CEP

Acara di lanjutkan dengan sharing Session yang di pandu langsung oleh bapak Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, Prof. Rhenald Kasali, dalam bukunya bertajuk “Disruption”. Beliau mengingatkan bahwa kita saat ini tengah berada pada era “internet of things“, di mana kecepatan perkembangan teknologi informasi telah melaju secara ekponensial, yang artinya orang-orang yang masih berpikir secara linier sudah pasti akan tertinggal oleh pesatnya kemajuan peradaban.

"Sosialisasi ini sangat penting di mana  Ekonomi global saat ini sedang berada pada titik puncak perubahan besar yang sebanding besarnya dengan munculnya revolusi industri pertama atau perkembangan perakitan produksi, atau bahkan penemuan mikrocip, Super Apps, Broad Band, clovd, Kecerdasan Buatan dan Internet of thongs." pungkasnya. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, memberikan materi terkait pengelolaan dana desa dalam kegiatan ‘Pelatihan pengembangan bantuan hukum dan paralegal desa’ yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), di Desa Malola, Kecamatan Kumelembuai, Jumat (14/06/2019).

Dalam kesempatan ini, Kapolres Minsel yang tampil sebagai narasumber mengungkapkan bahwa masyarakat desa butuh pengetahuan masalah hukum khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan maupun pengawasan dana desa.

“Pelatihan paralegal ini sangat diperlukan oleh semua aparat desa dan tokoh masyarakat dalam rangka pembinaan kemasyarakatan dan pembinaan desa khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan maupun pengawasan dana desa yang diberikan oleh Pemerintah,” kata Kapolres Winardi Prabowo.

Dijelaskannya, kepala desa atau hukum tua beserta dengan perangkatnya harus benar-benar memahami undang-undang desa untuk dijadikan pedoman atau dasar dalam pengelolaan keuangan dan aset desa agar terhindar dari tindak pidana.

Hal serupa ditegaskan Kepala Kejaksaan Negeri Minsel I Wayan Eka Miarta, SH,MH. “Saya berharap para peserta perwakilan desa yang hadir, mampu menjadi agen transfer pengetahuan hukum seputar pengeloaan dandes bagi masyarakat desa,” ujar Kejari Eka Miartha.

Tak lupa pula dirinya berharap dengan adanya pelatihan paralegal ini, bisa meredam potensi-potensi perbuatan melawan hukum. Sehingga pembangunan boleh berlajan lancar /Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE menghadiri Acara Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan, yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (13/5/19) Gereja GMIM KOINONIA Ranomea.

Kehadiran Bupati Tetty Paruntu didampingi langsung oleh Ketua PMI Minsel dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS, bersama Kepala Dinas Kesehatan. Pada kesempatan itu pula, Bupati Tetty Paruntu mendonorkan darah sebanyak 300 cc.

Dalam sambutannya Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting bagi masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Karena disamping kita membantu orang lain, dapat juga memberi kesehatan bagi para pendonor.

"Dengan mendonorkan darah, kita sudah membantu dan menyelamatkan nyawa manusia. Setetes banyak jiwa yang tertolong. Mari saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Minsel, untuk ikut berpartipasi dalam Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan, yang merupakan wujud nyata pelayanan kemanusiaan." ujar Bupati Tetty

Ia menambahkan, sebagai pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Selatan, sangat mendukung kegiatan yang bertujuan pelayanan kemanusiaan. Dengan begitu apa yang diharapkan masyarakat dalam hal kebutuhan darah dapat teratasi, serta benar-benar terpenuhi demi keselamatan banyak orang.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Minahasa Selatan dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS, menyampaikan terima kasih atas atensi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan kali ini.

"Terima kasih buat Ibu Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang sudah mendukung acara ini, serta ikut mendonorkan darah. Tentunya ini merupakan suport bagi PMI Minsel untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minahasa Selatan." pungkasnya. (/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Kembali untuk ke tiga kalinya Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dengan Bupati dan Wakil Bupati, DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE dan Franky Donny Wongkar, SH, mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan LKPD TA. 2018 oleh BPK RI perwakilan Sulut.

Seperti diketahui, bahwa Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) telah melaksanakan pemeriksaan di Kabupaten Minahasa Selatan, selama 35 hari.

Dalam pemeriksaan tersebut Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE terus memberikan suport dan dorongan, serta motifasi, agar seluruh OPD dapat bekerja sama memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minahasa Selatan.

Dengan perjuangan dan kerja keras, apa yang diharapkan boleh di raih. Senin (27/5/2019), BPK RI menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD TA. 2018, dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) digedung aula BPK RI perwakilan Sulut.

Adapun penyerahan diterima langsung Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE oleh Kepala Kantor Perwakilan BPK RI Prov Sulut Drs.Tangga Purba, bersama pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Turut menerima, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, Jenny Johana Tumbuan, SE, serta turut hadir Kepala Dinas Keuangan dan Aset Daerah Minsel bersama jajajaran. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Penjabat Hukum Tua Kabupaten Minahasa Selatan, yang di selenggarakan di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minsel, Selasa (11/6/19).

Sambutan Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD Hendri Lumapow mengatakan sesuai dengan undang-undang yang berlaku apabila jabatan Hukum Tua sudah habis masa jabatan, maka harus diisi dengan penjabat Hukum Tua sambil menuggu pejabat definitif.

"Jadi penjabat Hukum Tua diberikan wewenang untuk menjalankan pemerintahan Desa, serta mempersiapkan proses pemilihan Hukum Tua. Sebagaimana amanah undang-undang para penjabat Hukum Tua harus menjalankan tugas sesuai dengan koridor serta terus berkoordinasi bersama pemerintah kecamatan." jelasnya.

Ia menambahkan, harapan Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE, agar penjabat Hukum Tua dapat menjalankan tugas sesuai dengan mekanisme dan aturan, dimana semua program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik, serta masyarakat boleh menikmati akan pembangunan secara merata dan transparan.

Adapun Kecamatan dan Desa yang mempunyai Penjabat Hukum Tua ;

Kecamatan Ranoyapo, Desa Lompat Baru dan Desa Powalutan

Kecamatan Amurang Timur, Desa Lopana

Kecamatan Sinonsayang, Desa Aer Gale

Kecamatan Motoling, Desa Motoling Dua, Desa Raanan Lama

Kecamatan Motoling Barat, Desa Tondey Satu dan Desa Tondey Dua

Kecamatan Tenga, Desa Pakuure Satu, Desa Pakuure Dua dan Boyong Atas. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Kembali untuk ke tiga kalinya Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dengan Bupati dan Wakil Bupati, DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE dan Franky Donny Wongkar, SH, mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan LKPD TA. 2018 oleh BPK RI perwakilan Sulut.

Seperti diketahui, bahwa Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) telah melaksanakan pemeriksaan di Kabupaten Minahasa Selatan, selama 35 hari.

Dalam pemeriksaan tersebut Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE terus memberikan suport dan dorongan, serta motifasi, agar seluruh OPD dapat bekerja sama memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minahasa Selatan.

Dengan perjuangan dan kerja keras, apa yang diharapkan boleh di raih. Senin (27/5/2019), BPK RI menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD TA. 2018, dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) digedung aula BPK RI perwakilan Sulut.

Adapun penyerahan diterima langsung Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE oleh Kepala Kantor Perwakilan BPK RI Prov Sulut Drs.Tangga Purba, bersama pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Turut menerima, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, Jenny Johana Tumbuan, SE, serta turut hadir Kepala Dinas Keuangan dan Aset Daerah Minsel bersama jajajaran. (/ferrowaney)