0104_banner_bawaslu.jpg
Foto: Bupati Christiany Paruntu Saat Memantau Penyaluran BLT-Dandes di Desa Pakuweru Foto: Bupati Christiany Paruntu Saat Memantau Penyaluran BLT-Dandes di Desa Pakuweru

Bupati Tetty Apresiasi Semangat Kumtua Egeten Bangun Desa

Written by  We Jun 16, 2020

Minsel, SulutNews.com -- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-Dandes) untuk bulan Mei di Desa Pakuweru Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dihadiri Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE.

Dihadapan orang nomor satu di Kabupaten Minsel ini, Penjabat Hukum Tua Desa Pakuweru Johan Egeten mengaku bersyukur karena atas perkenankan Tuhan sehingga masyarakat Desa Pakuweru boleh bertemu dengan ibu Bupati Minsel, pada Rabu (17/6/2020).

"Dirinya melaporkan bahwa Desa Pakuweru yang memiliki 626 kepala Keluarga, untuk penerima BLT-Dandes dilakukan dalam musyawarah Desa sebanyak 3 kali. Dan setelah lewat validasi dan fervak sebanyak 88 KK ditetapkan sebagai penerima manfaat. Selain itu ada penerima BST 106, PKH 73 dan BPNT 116, sehingga total 383 KK yang menerima bantuan pemerintah," tukas Kumtua Egeten.

Selain bantuan untuk masyarakat kurang mampu, dirinya pun menyampaikan sejumlah langkah yang dilakukan untuk mensejahterakan warga Desa Pakuweru.

"Kami melaksanakan program prioritas pemerintah desa (Pemdes) Pakuweru yaitu air bersih, karena selama ini di Desa kami dikenal susah air. Pembebasan lahan air bersih sudah kami lakukan dengan membeli lahan 1.473 meter persegi dengan dana dari swadaya masyarakat sebesar 30 juta rupiah," kata Kumtua Egeten.

"Kami juga sementara melaksanakan peningkatan bak penampungan air bersih dengan ukuran 6x6 meter dan tinggi 3 meter serta pengadaan pipa, untuk mengatasi masalah air di Desa Pakuweru," jelasnya.

Tak lupa pula dirinya sebagai Hukum Tua mengapresiasi himbauan-himbauan yang disampaikan oleh Bupati Minsel dan telah dijalankan di Desa Pakuweru untuk memutuskan rantai penyebaran Virus Corona.

Di kesempatan ini, Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel) mengaku ingin melihat langsung penyaluran BLT-Dandes di Desa-Desa yang ada di Minsel dan Desa Pakuweru menjadi pilihan.

"Pakuweru Desa yang spesial buat saya. Untuk masyarakat penerima, saya harapkan penggunaan BLT-Dandes bisa tepat sasaran dan harus sesuai aturan," tutur Bupati Tetty Paruntu.

"Saya apresiasi kerja yang dilakukan Kumtua Egeten, semangat bangun Desanya patut kita dukung. Semoga Pakuweru bisa jadi Desa yang Hebat, karena saya lihat Kumtua ini kerja untuk rakyat," ujar Bupati Minsel 2 periode ini.

Tampak hadir bersama Bupati Minsel dalam kesempatan itu, Kadis PMD Minsel Hendrie Lumapow, Sekretaris PMD Minsel Altin Sualang, Kapolsek Tenga Iptu Ronald Mawuntu, Camat Tenga Selfie Mandey dan dari Inspektorat Minsel yang memantau langsung penyaluran BLT-Dandes.

(TamuraWatung)