0104_banner_bawaslu.jpg
Foto: Hukum Tua Desa Sulu Donald Lamia Menyerahkan BLT-Dandes Foto: Hukum Tua Desa Sulu Donald Lamia Menyerahkan BLT-Dandes

Pemdes Sulu Salurkan BLT-Dandes ke Keluarga Terkena Dampak Pandemi Covid-19

Written by  May 22, 2020

Minsel, Sulutnews.com -- Pemerintah Desa Sulu Kecamatan Tatapaan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dandes) kepada 125 kepala keluarga yang terkena dampak Pandemi Virus Corona.

Diawali dengan penyerahan secara simbolis kepada sejumlah warga oleh Hukum Tua Donald Lamia di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sulu yang disaksikan oleh Camat Tatapaan Meylisa Aring dan pendamping Desa di Kecamatan Tatapaan. Selanjutnya penyalurannya dilakukan secara "door to door" ke rumah warga penerima.

HukumTua Donald Lamia pada Jumat (22/5/2020) mengatakan bahwa jumlah keluarga penerima BLT-Dandes di Desa Sulu sudah sesuai dengan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Sebelum dibahas dalam rapat Musdesus, calon keluarga penerima BLT-Dandes, telah didata terlebih dahulu oleh relawan. Selain itu, telah dipastikan bahwa calon penerima bantuan sosial (bansos) ini tidak termasuk ke dalam penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Kartu Prakerja," terang Hukum Tua Donald Lamia.

"Pendataan calon penerima BLT-Dandes, juga mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos)," katanya.

Besaran BLT-Dandes yang akan diberikan, adalah sebesar Rp 600.000/keluarga per bulan selama 3 bulan, dimulai pada bulan April, Mei dan Juni.

"Hasil Musdesus tersebut, kemudian ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades) Sulu, dan selanjutnya disahkan oleh Camat Tatapaan atas nama Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE," jelas Hukum Tua Donald.

Tak lupa dirinya berpesan agar BLT-Dandes dapat dibelanjakan di warung-warung di dalam desa, untuk menggairahkan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Sulu.

(TamuraWatung)