1302_xbanner_minsel.jpg
1302_xbanner_bawaslu.jpg
banner_maret.jpg
Bawaslu Minsel Bawaslu Minsel

Besok 14 Panwas Desa di Minsel Tak Akan Dilantik, Ini Alasannya

Written by  Mar 19, 2020

Minsel, Sulutnews.com -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), beberapa waktu lalu telah melakukan seleksi perekrutan panwas di tingkat desa (Panwas Desa).

Informasi ini disampaikan salah seorang Pimpinan Bawaslu Minsel, Abdul Aji Mamosey kepada wartawan Sulutnews.com, pada Kamis (19/3/2020).

"Besok, Panwascam di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minsel akan melakukan pelantikan Panwas Desa. Namun ada 14 calon Panwas Desa yang tidak akan dilantik."

"Ke-14 calon Panwas Desa yang tidak dilantik ini tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Minsel, yakni di Kecamatan Suluun Tareran, Tenga, Maesaan, Sinonsayang, Motoling, Amurang, Kumelembuai dan Tompasobaru," terangnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintjem menyampaikan bahwa alasan tidak dilantiknya para calon Panwas Desa ini, dikarenakan nama-nama yang bersangkutan masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Sebelum melantik bakal calon (Balon) Panwas Desa, kami menyurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan pengecekan dalam Sipol. KPU Minsel pun sangat kooperatif, selain meminta nama, juga mengharuskan disertai dengan nomor induk kependudukan (NIK), dan didapati ada 14 yang terdaftar dalam Sipol KPU," terangnya.

Dirinya bahkan menginformasikan, setelah dilakukan pelantikan akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (Bimtek).

"Bimtek akan dibawakan oleh Panwascam di tiap kecamatan. Kami sangat berharap para Panwas Desa akan memiliki pengetahuan yang sama dengan Panwascam. Mendahului kegiatan Kami telah mengirimkan materi dan modul dalam bentuk tutorial video," pungkasnya.

(TamuraWatung)