1302_xbanner_minsel.jpg
1302_xbanner_bawaslu.jpg
banner_maret.jpg
Kadis Kesehatan Minsel, dr. Erwin Schouten Kadis Kesehatan Minsel, dr. Erwin Schouten

Virus Corona, Kadis Erwin Schouten: Masyarakat Tak Perlu Panik

Written by  Mar 18, 2020

Minsel, Sulutnews.com -- Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) atau yang akrab dikatakan orang Virus Corona ini, masih terus terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Banyak informasi yang tersebar mengenai cara penularan virus Corona, yang menjadi perhatian dari Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE dan meminimalisir terjadinya penyebaran virus ini.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr Erwin Schouten mewakili Bupati Minsel menyampaikan bahwa hasil ilmiah yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) baru-baru ini, penyebaran virus Corona atau Covid 19 tidak melalui udara.

"Virus Corona dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (wadah yang terkena bersin/air liur yang kemudian disentuh orang sehat)".

''Apabila percikan cairan berisi kuman memasuki mata, mulut, atau hidung orang yang sehat, orang tersebut dapat tertular penyakit,'' tutur Kadis Erwin Schouten, pada Rabu (18/3/2020).

Dirinya meminta warga masyarakat tidak perlu panik kehabisan stok masker.

"Tak perlu khwatir kehabisan masker. Karena sebetulnya masker hanya digunakan oleh penderita dan tenaga kesehatan yang menangani Virus Corona,'' terangnya.

Menurutnya, tindakan untuk mencegah penularan Virus Corona adalah dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir.

''Laksanakan pola hidup bersih dan sehat. Sebelum menyentuh mata dengan mulut, sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, karena ini paling efektiv mencegah penularan".

"Tidak terlibat dengan kumpulan orang banyak, biasakan jarak 1 meter saat berinteraksi dengan orang yang baru dikenal, apalagi punya riwayat dari luar negeri atau dari daerah yang terkontaminasi virus,'' pungkas Kadis yang dikenal ramah dengan para awak media ini.

(TamuraWatung)