Bupati Christiany Paruntu dan Komandan Lantamal VIII Pimpin Bersih Pantai

Written by  Jan 14, 2020

Minsel-Amurang, Sulutnews.com -- Hari Dharma Samudera yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno, diperingati setiap tanggal 15 Januari, merupakan hari untuk mengenang peristiwa heroik Laut Aru.

Hal ini untuk memberi makna semangat pengorbanan dari seluruh pahlawan Bahari yang telah gugur berjuang mempertahankan kedaulatan lautan Nusantara dan sesuai dengan semboyan 'Jalesveva Jayamahe' atau justru di laut kita jaya!

Tahun 2020, peringatan Hari Dharma Samudera oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado (atau Lantamal VIII/Manado) yang bermarkas di Manado, Sulawesi Utara dipusatkan di Kota Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Pada Selasa (14/1/2020), bertempat di Tugu I AM AMURANG, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu bersama Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta. M.Mar.Stud, memimpin kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera.

"Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban seluruh warga masyarakat, termasuk kebersihan laut dan pantai. Kebersihan laut dan pantai merupakan sebuah investasi untuk masa depan. Jika kita menjaga kebersihan laut dan pantai berarti secara tidak langsung kita juga turut menjaga kelestarian lingkungan," ujar Bupati Christiany Paruntu dalam sambutannya.

Dirinya meminta seluruh masyarakat harus menyadari akan betapa pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai. "Pelaksanaan bersih-bersih pantai dalam rangka peringatan hari Dharma Samudera tahun 2020 saat ini, merupakan salah satu bentuk latihan dan tindakan nyata kita untuk menyelamatkan kelestarian laut dan pantai," tambah Bupati kebanggaan masyarakat Minsel ini.

Bupati yang akrab disapa Tetty Paruntu ini berharap kegiatan bersih-bersih pantai ini bukan hanya menjadi wacana dan kegiatan seremonial belaka, namun benar-benar dapat menjadi 'budaya masyarakat' untuk terus dilanjutkan dan hasilnya dapat menjadi warisan kita bagi generasi penerus di masa yang akan datang.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, Forkopimda Minsel, Wakil Ketua DPRD Minsel Paulman Runtuwene, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan ASN di lingkungan Pemkab Minsel.

(TamuraWatung)

Last modified on Tuesday, 14 January 2020 13:37