Pekan Depan Tim Pemkab Minsel Lakukan Monitoring Pelaksanaan APBDes 2019

Written by  Jan 12, 2020

Minsel-Amurang, SulutNews.com -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), akan melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas PMD Minsel, Hendrie Lumapow kepada Sulutnews.com beberapa waktu lalu.

"Hukum Tua diharapkan mempersiapkan laporan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) tahun 2019. Termasuk di dalamnya laporan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," tukas Hendrie Lumapow.

Dirinya menginformasikan, mulai pekan depan Dinas PMD akan menggandeng Inspektorat serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dalam melakukan monitoring terhadap pelaksanaan APBDes 2019.

"Selain itu desa-desa juga diharapkan mempersiapkan data tentang perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sesuai dengan peraturan yang berlaku," tambah Hendrie Lumapow.

Dikesempatan terpisah sejumlah Hukum Tua yang dihubungi Sulutnews.com pada Minggu (12/1/2020) lewat sambungan telepon memperoleh sejumlah jawaban yang beragam, ada yang siap dan ada yang belum siap.

"Sudah seharusnya, kami pemerintah desa mempersiapkan laporan pelaksanaan kegiatan di tahun 2019. Kami siap jika ada tim dari pemerintah Kabupaten Minsel yang datang memeriksa kegiatan yang sudah dilaksanakan," tukas Carl Lumintang, Hukum Tua Desa Poopo Utara, Kecamatan Ranoyapo.

(TamuraWatung)