Ulaan : Akses Jalan, Jadi Prioritas Utama Desa Ronoketang Tua

Written by  Ferro Waney Jul 04, 2019

Minsel, Sulutnews.com - Guna meningkatkan pembangunan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Ranoketang Tua Kecamatan Amurang, Pemerintah Desa terus menggejot pembangunan fisik maupun non fisik melalui Dana Desa (Dandes) tahun 2019.

Dimana sesuai Permen No. 16 Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo, Dana Desa memiliki beberapa prioritas pembangunan, agar desa memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa tersebut.

Hukum Tua Desa Ranoketang Tua Alvi J. Ulaan, ST mengatakan, kegiatan Pembangunan Desa Ranoketang Tua, sesuai anggaran Dana Desa Tahun 2019 773.870 Juta dan yang menjadi prioritas di tahap pertama ini yaitu pembangunan jalan Paving stone dengan volume 76 Meter di jaga VI dengan anggaran 78.964.880 juta dan pembuatan Pembangunan Talud dan Bronjong di jaga I dengan anggaran 24.667.988 juta.

"Jadi sesuai anggaran Dana Desa saat ini sangat membantu akan program yang sudah di bahas dalam musyawarah Desa. Dimana tahapan pertama ini, beberapa infrastruktur menjadi prioritas Pembangunan di Desa Ranoketang Tua, berupa Jalan Paving, Talud dan Bronjong." ucap Ulaan, Kamis (4/7).

Lanjutnya, dengan pembangunan yang sudah tetap saat ini, tentunya sangat membantu roda perekonomian Desa Ranoketang Tua. Dimana dengan dibangunannya akses jalan perkebunan serta jalan lorong desa, maka aktifitas warga dalam berbagai bidang bisa terpenuhi. Juga akses produksi warga bisa terjangkau dan dipasarkan. 

"Ini merupakan harapan masyarakat Desa Ranoketang Tua. Karena saat ini, lewat pembangunan yang sudah diprogram, ini semua boleh dinikmati dan dirasakan. Dan pembangunan ini merupakan hasil aspirasi dan musyawarah bersama. Juga satu tahun anggaran ini ada beberapa kegiatan yang akan kami laksanakan, sebagian pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat." pungkas Ulaan. (/Ferrowaney)