Bersama UPT Puskesmas Tatapan, Dinas Kesehatan Sosialisasikan Imunisasi Rubela

Written by  Ferro Waney Jul 11, 2018

Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Tatapaan melaksanakan sosialisasi Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kecamatan Tatapaan Kebupaten Minahasa Selatan.

Sosialisasi yang dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr Erwin Schouten mengatakan, ini merupakan program nasional yang secara serentak akan dilaksanakan pada bulan agustus-september 2018. Vaksinasi ini untuk setiap anak yang berada direntang usia 9 bulan sampai 14 tahun diberikan imunisasi secara gratis.

"Vaksin ini sangat perlu dilakukan, kerena bisa mencegah penyakit serta menjaga kekebalan tubuh bagi masa pertumbuhan anak. Untuk itu dengan adanya pencanangan vaksin campak dan rubela akan memberikan dampak positif bagi pengembangan kesehatan di Kabupaten Minahasa Selatan," ujar Schouten.

Lanjutnya, diharapkan dapat melibatkan seluruh masyarakat dan stakeholder yang ada, sehingga benar-benar vaksinasi ini boleh terlaksana dengan baik. Karena vaksinasi ini menjadi salah satu langkah pencegahan dini pada masa mendatang ketika anak-anak menjadi dewasa.

"Jadi peran orang tua sangat penting bagi vaksinasi ini. Dan diharuskan melakukan imunisasi campak dan rubela. Namun jika ada orang tua yang tidak mau anaknya di imunisasi, maka akan ada surat pernyataan dari orang tua tersebut. Karena jika terjadi sesuatu dikemudian hari, maka ada pertanggungjawaban dinas atau instansi terkait." pungkasnya. (/Ferrowaney)