Minsel Jadi Pilot Projek Pengembangan IKM Industri Kelapa Terpadu

Written by  Ferro Waney Feb 26, 2019

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE terus melakukan trobosan-trobosan dalam dalam meningkatkan sentra perekonomian diwilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Kali ini, Bupati Tetty Paruntu melakukan pertemuan sekaligus kerjasama pengembangan kelapa bersama dengan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih, di Hotel Sutan raja Amurang. Selasa (26/2/19)

Pada kesempatan itu Wibawaningsih mengaku sangat terpukau dengan potensi kelapa yang dimiliki Kabupaten Minsel. Iapun memuji kepiawaian Bupati Tetty Paruntu yang merupakan duta kelapa, dimana lewat upaya dan kerja kerasnya, sehingga mendapat perhatian langsung dari Kementrian Perindustrian RI.

"Saya kagum dengan potensi kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan. Untuk itu akan dijadikan ‘Pilot’ Projek Pengembangan IKM industri kelapa terpadu. Dan kali pertama dilaksanakan di daerah Nyiurmelambai." ungkapnya.

Lanjutnya, walaupun daerah lain di Sulawesi Utara (Sulut) juga penghasil kelapa, namun Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga kami tetapkan Minsel menjadi daerah sentra ekselen kelapa.

"Memang selain Minsel Gorontalo sempat menjadi nominator pengembangan industri kelapa. Hanya saja, salah satu pertimbangannya adalah, Minsel memiliki pelabuhan dan bisa langsung diekspor." jelasnya sambil menambahkan akan membantu IKM-IKM di Minsel.

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutan mengatakan, berterimakasih Kementrian Perindustrian, terlebih Ibu Dirjen yang sudah bekerjasama dalam peningkatan di bidang kelapa. Dengan harapan kedepan Minsel akan tetap mendapat prioritas dalam pengembangan Industri Kecil Menengah khususnya pengelolaan Kelapa.

"Tentunya saya pribadi bersama jajaran Pemkab Minsel, sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga tak lepas upaya dan kerja keras kita bersama, sehingga projek ini akan hadir di Minsel. Terimakasih kepada Ibu Dirjen. Saya harap ini akan terjalin terus-menerus, dan kedepan Minsel tetap diprioritaskan dalam pengembangan IKM," pungkas Bupati Tetty Paruntu. (/Ferrowaney)