Jumpa Pers, Bawaslu Minsel Minta Caleg Berkedok Santa Claus Laporkan

Written by  Ferro Waney Dec 07, 2018

Minsel, Sulutnews.com - Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan meminta agar, laporkan caleg dan tim pemenang berkedok santa claus yang membagi-bagikan sembako atau natura lainnya menjelang hari Natal dan Tahun baru.

Ungkap Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Sulut Franny Sengkey yang diwakili oleh Panwas Kecamatan Amurang Timur, saat menggelar jumpa pers, bersama wartawan biro Minsel, di kantor Banwaslu Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur, Jumat (07/12/2018).

Menurut Sengkey bahwa pembagian materi atau natura dan sembako adalah bagian dari praktek politik uang yang dilarang dalam Undang-undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017. Dimana terdapat dalam pasal 280 ayat 1 huruf J.

"Jadi semua jelas dalam pasal 280 ayat 1 huruf J, mengatur soal larangan hal ini. Dan hal ini mrngandung unsur pidana sebagaimana diatur dalam ketentuan pidana. Kiranya ini bisa disampaikan dan diketahui oleh seluruh masyarakat, terlebih para caleg di Kabupaten Minahasa Selatan." ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya jumpa pers ini, media boleh menyampaikan apa-apa saja tindakan Banwaslu dalam mengawasi Pemilihan Umum tahun 2019. "Awasi dan lapotkan bila menemui aksi seperti ini," tutupnya dengan nada tegas, tak segan-segan memproses jika kedapatan. (/ferrowaney)