Fenomena THL dan Mantan THL di Dinas Dukcapil Minsel

Written by  Jul 02, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Sejumlah mantan Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang diberhentikan, belum menerima gaji mereka selama bekerja di awal tahun 2021.

Seorang mantan THL di Dinas Dukcapil Minsel membenarkan informasi ini.

"Gaji kami belum diberikan padahal kami ada kerja. Saya berharap pihak Dinas Dukcapil Minsel dapat segera membantu merealisasikan gaji kami. Selama ini kami selalu bekerja, kalian lihat sendiri kan kalau kami ada bekerja", katanya.

Di kesempatan terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Minsel, Corneles Mononimbar, yang ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (1/7/2021) menyampaikan bahwa untuk anggarannya sudah dimasukkan ke Keuangan.

"Terkait gaji para THL ini, dari bulan Mei sudah saya usulkan. Terkait masalah ini sudah ada laporan sampai ke Dirjen. Memang para THL tidak menyalahkan diri saya, tapi kalau mereka sudah lapor ke atas, pasti akan dilihat siapa yang bertanggung jawab", ujarnya.

Saat ditanya adanya THL yang merangkap jabatan sebagai perangkat desa di kantor yang dipimpinnya, Kadis pun langsung mengecek ke pegawai lainnya untuk menanyakan status THL tersebut.

"Dia sudah tidak masuk disini. Cuma di awal mereka ada keluar nama, cuma mereka sadar sendiri", jelasnya.

(TamuraWatung)