Peduli Lingkungan! Anna Pangkey Bina Sekolah Adiwiyata

Written by  Jun 21, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Di Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, nama Anna J. Pangkey, S.Pd dikenal sebagai Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Amurang.

Wanita kelahiran Pakuure pada 52 tahun silam ini, dikenal memiliki kepedulian akan lingkungan hidup.

Kecintaan kepada lingkungan, berusaha diwariskan kepada anak-anak didiknya. Ia memberikan pemahaman dan menggalakkan pelestarian lingkungan yang begitu penting untuk dilakukan di sekolah dan masyarakat.

Istri dari Bapak Guru Benny Saryowan berharap, aksi kecil ini akan dapat mengurangi risiko dampak lingkungan.

Kegigihan dan kepedulian akhirnya membawa Ibu Anna (demikian nama panggilan akrabnya) dan sekolah yang dipimpinnya berhasil menerima penghargaan dari Bupati Minahasa Selatan, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dan Presiden RI Joko Widodo.

Nama Kabupaten Minahasa Selatan pun berbicara di tingkat Nasional lewat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional (2015) memperoleh Piagam dan Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional (2017) memperoleh SK, Piagam dan Piala dari Presiden Joko Widodo.

Bagi seorang Anna Pangkey, prestasi meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional berusaha dibagikan ilmunya dengan membina 60 lebih sekolah untuk kegiatan peduli dan berbudaya lingkungan.

Kepada wartawan SulutNews.com, pada Senin (21/6/2021), dirinya menuturkan bahwa kecintaannya kepada lingkungan hidup datang dari hati.

"Ya... Bumi sudah tua. Kepedulian akan lingkungan hidup datang dari diri kita yang Tuhan sudah titipkan untuk melestarikan alam ciptaannya", ungkap Anna Pangkey.

"Memang berbicara peduli, itu datang hati", katanya.

Ibu yang memiliki putri semata wayang ini mengajak warga masyarakat untuk mau beraksi dengan peduli lingkungan sekitar.

"Sekecil apapun aksi, selagi berguna untuk banyak orang, pasti akan diberkati Tuhan", ujarnya.

Ia pun menyadari, semua boleh jadi jika diri kita memuliakan Tuhan lewat pekerjaan kita, niscaya akan berhasil.

Sementara itu, dimata Nontje Wangko S.Pd, selaku Ketua Pengawas SD se-Kabupaten Minahasa Selatan, sosok Kepsek Anna Pangkey telah berhasil menanamkan sikap yang baik untuk peduli lingkungan ke anak-anak di SD Negeri II Amurang.

"Saya lihat, kesadaran akan kebersihan lingkungan sudah melekat, baik pada Guru maupun Siswa yang ada di SD Negeri II Amurang. Jadi tanpa diminta, sudah kelihatan semua memperhatikan kebersihan lingkungan", terang Nontje Wangko.

Ia pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Ibu Anna sehingga ada banyak sekolah yang belajar terkait cara mengelola sekolah yang berwawasan lingkungan.

Keberhasilan membina sekolah berwawasan lingkungan yang dilakukan ibu Anna Pangkey, telah mengantarkan SMP Negeri 6 Ranoyapo sudah ke tingkat Nasional.

Sementara SMP Negeri 1 Tenga, SMP Negeri 1 Amurang, SD Negeri 3 Amurang, SD Negeri 5 Amurang, SD GMIM Lelema, SD Inpres Tumpaan, SD GMIM Pondang, SD GMIM Bitung, SD GMIM Buyungon, SD GMIM Tompaso Baru, SD GMIM Ranomea akan bersiap ke tingkat Nasional.

(TamuraWatung)