Ilustrasi Ilustrasi

Minsel Waspada Penyakit Rabies

Written by  Mar 28, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih menghantui masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kasus pertama penyakit Rabies muncul.

Penyakit Rabies (penyakit anjing gila) merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan syaraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas (anjing, sapi, kuda, kerbau, kambing, domba, kera, kucing dll) yang disebabkan oleh virus rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka.

Informasi yang diperoleh wartawan SulutNews.com, ada warga masyarakat di Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurang, terkena gigitan hewan anjing beberapa waktu lalu.

"Ada 2 orang warga Desa Kilometer Tiga digigit hewan anjing. Namun kedua warga ini sudah ditangani dan mendapat suntikan untuk pencegahan dari Puskesmas", kata Frangky Tumanken, Sekretaris Desa Kilometer Tiga, didampingi seorang perangkat di Kantor Desa, pada Jumat (26/3/2021).

"Untuk kepala hewan anjing telah dipotong dan dikirim ke laboratorium untuk diteliti", katanya.

Di kesempatan terpisah Kepala Dinas Pertanian Minsel, melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ketut Wahyudiarta saat dihubungi lewat telepon membenarkan ada kasus gigitan.

"Di Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurang, di situ ada kasus gigitan. Sudah keluar hasil laboratoriumnya, itu positif 1 orang. Ini kasus pertama di tahun ini, di Minsel", terang Kabid Peternakan Minsel.

Ia pun menyampaikan kalau vaksin untuk penyakit Rabies baru saja tiba.

"Jadi kami sudah melayangkan surat pemberitahuan ke Desa Kilometer Tiga, untuk dilakukan penyuntikan pada hari Selasa depan", pungkasnya.

(TamuraWatung)