Ganti 5 Perangkat Desa Tumpaan Dua, Ini Penjelasan Hukum Tua

Written by  Mar 27, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Selentingan isu menyebar dari mulut ke mulut di masyarakat Tumpaan raya.

Sejumlah perangkat desa dikabarkan sudah diganti oleh Hukum Tua Desa Tumpaan Dua, Kecamatan Tumpaan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Informasi ini pun ditelusuri wartawan SulutNews.com, dengan menjumpai Hukum Tua Desa Tumpaan Dua, Soneke Liwe di kediamannya, pada Jumat (26/3/2021).

Saat ditanya wartawan terkait adanya beberapa perangkat desa yang diganti, dirinya menjawab kalau hal itu sesuai dengan tupoksi.

"Ada pelanggaran dan sudah beberapa kali dilakukan pembinaan. Tanya saja, seluruh perangkat yang ada sekarang tahu, termasuk Sekdes. Mereka sudah saya bina, tapi tidak mau indahkan", ujar Liwe, dengan nada tegas.

"Pelanggaran mereka seperti kurang aktif, tidak melakukan piket, jaga, jarang masuk dan tentu saja kehadiran", akunya.

Ia mengatakan, perangkat desa telah membuat pakta integritas dengan Hukum Tua, kalau tidak melaksanakan tugas, siap diberhentikan, yang dibuat sekitar 2 tahun lalu.

"Mereka ada 5 orang, yang lain itu karena masalah ijazah. Saya sudah lapor ke Camat dan saya sudah mengantongi rekomendasi dari Camat", jelasnya.

Namun ia mengakui belum menyerahkan SK pemberhentiannya.

Di kesempatan terpisah, wartawan SulutNews.com berhasil menemui Hanny Sangkilen, Kepala Jaga 1 yang sudah diganti Hukum Tua Desa Tumpaan Dua.

"Saya sudah diganti sejak Januari 2021, tidak ada pernyataan resmi dari Hukum Tua, cuma Sekdes sudah menunjukkan adanya nama-nama pergantian perangkat desa", ungkap Hanny.

Ia pun memastikan tidak ada proses dan mekanisme saat terjadi pergantian perangkat desa yang baru.

"Pengganti kami langsung ditunjuk oleh Hukum Tua", pungkasnya.

(TamuraWatung)