Server SIAK Dalam Perbaikan, Pelayanan Dukcapil Minsel Tersendat

Written by  Feb 08, 2021

Minsel, SulutNews.com -- Pelayanan dokumen kependudukan, baik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) dan Kartu Keluarga (KK) serta sejumlah pelayanan lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mengalami gangguan.

Situasi ini, dikeluhkan sejumlah warga Minsel yang ingin mengurus sejumlah dokumen kependudukan beberapa hari terakhir.

Dari pantauan wartawan SulutNews.com, pada Senin (8/2/2020), gangguan ini terjadi dalam waktu hampir sebulan terakhir.

Ester Lengkong (salah seorang warga Minsel), beberapa waktu lalu mengaku dirinya sudah 2 (dua) hari datang ke Kantor Dukcapil Minsel.

"Sudah 2 hari saya datang ingin mencetak KK, namun hari ini pun masih saja ada gangguan kata petugas. Saya tetap menunggu dan berharap bisa selesai hari ini", tukasnya.

Di kesempatan yang sama, beberapa petugas di Dukcapil Minsel membenarkan adanya gangguan tersebut.

"Betul, server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) saat ini sementara diperbaiki. Sehingga permintaan warga untuk mencetak KTP-El dan KK dan lain-lain, belum bisa dilakukan", kata beberapa pegawai Dukcapil Minsel yang enggan namanya dipublikasikan.

"Kondisi peralatan yang sudah tua, sebaiknya perlu diganti yang baru agar pelayanan tidak mengalami gangguan", jelas mereka.

Kepala Dinas Dukcapil Minsel, Corneles Mononimbar yang dihubungi lewat hubungan telepon dan pesan WhatsApp tidak merespon, karena Handphone (HP) tidak aktif.

(TamuraWatung)