1910_bawaslu_oktober.jpg

Cuma 1 di Sulut! Langkah Cerdas Tetty Bikin Petugas Kebersihan Minsel Sejahtera

Written by  Sep 19, 2020

Minsel, SulutNews.com -- Bupati yang mengerti apa yang menjadi kebutuhan rakyat kecil patut disematkan kepada sosok Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu.

Betapa tidak, di tengah wabah Virus Corona yang melanda Indonesia petugas kebersihan Minsel menerima kucuran dana subsidi upah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini karena sekitar 90-an orang petugas kebersihan Minsel dibawah bidang persampahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minsel, telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2019.

Informasi ini diperoleh wartawan SulutNews.com dari Kepala DLH Minsel, Roi Sumangkut, pada Sabtu (19/9/2020).

"Dimasukannya para petugas kebersihan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah cerdas Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel), yg ditindaklanjuti oleh DLH Minsel lewat penganggaran premi sejak 2019," ungkap Roi Sumangkut.

Ia mengatakan karena itulah di tahun ini, dengan keluarnya kebijakan Presiden untuk memberikan bantuan subsidi upah melalui BPJS Ketenagakerjaan, para petugaspun telah menerima kucuran dana dimaksud dengan nilai Rp. 1.200.000 (untuk 2 bulan).

Para petugas kebersihanpun mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Minsel yang telah mengikutsertakan mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya pribadi dan mewakili teman-teman petugas kebersihan Minsel mau mengucapkan terima kasih ke ibu Bupati Tetty Paruntu. Lewat Ibu Tetty dan pak Kadis Roi Sumangkut, kita petugas kebersihan boleh mendapatkan bantuan ini," kata Alex Tandayu, pengawas dan petugas kebersihan Amurang Timur.

"Karena dengan adanya Covid-19 ini, kita memang sangat kesulitan. Ini akan sangat membantu kebutuhan keluarga kita sehari-hari," tambahnya.

Untuk diketahui, tahun lalu pimpinan BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Minsel melalui DLH Minsel atas didaftarkannya para petugas kebersihan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat itu dilakukan pula penyerahan kartu anggota oleh Bupati Tetty Paruntu dan pimpinan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagaimana informasi, Kabupaten Minahasa selatan adalah satu-satunya di Sulawesi Utara (Sulut) dimana petugas kebersihannya menerima bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

(TamuraWatung)