Minsel, Sulutnews.com - Sekretariat DPRD Minahasa Selatan mengikuti Workshop Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se-Provinsi Sulut tahun 2019 di Hotel Sutanraja Kotamobagu (9-10 Maret).

Kegiatan diikuti seluruh staf  ASN dan Pegawai THL Set DPRD Kabupaten Minsel.

Dimana acara tersebut diawali dengan Bimtek tentang Penguatan Tugas Sekretariat DPRD se-Sulawesi Utara dan dilanjutkan dengan kegiatan olahraga di kompleks kantor DPRD Kota Kotamobagu.

DPRD Minahasa Selatan berpartisipasi dalam beberapa cabor yg di perlombakan dengan melibatkan Pegawai ASN dan beberapa tenaga honor. Adapun kegiatan Forkom dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu yang merupakan agenda tahunan.

DPRD Minahasa Selatan diberbagai Cabor yang diikuti banyak meraih juara diantaranya di Cabor Bulutangkis Ganda Putra meraih pertama, Cabor Tarik Tambang Putra dan Putri meraih juara tiga, Cabor Tenis Meja tunggal putra juara tiga, Tenis meja ganda putra juara 2, Tenis meja ganda putri juara 3 dan Voli ball Mix juara 3.

Berikut daftar Cabang Olahraga yang diikuti oleh Sekretariat DPRD Minahasa Selatan Beserta hasil lengkap pertandingan Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se-Sulut Tahun 2019.

– Cabor Bulutangkis ganda putra

  1. DPRD Minsel
  2. DPRD Bolmut
  3. DPRD Tomohon

 

– Idol

  1. DPRD Boltim
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Tomohon

 

– Cabor Tarik Tambang Putra

1.DPRD Sulut

  1. DPRD Tomohon
  2. DPRD Minsel

 

– Cabor Tarik tambang Putri

  1. DPRD Bitung
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

– Cabor Catur

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Sulut

 

– Cabor Voli ball Mix

  1. DPRD Bolsel
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

– Cabor tenis meja tunggal putra

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Minsel

 

– Tenis meja tunggal putri

  1. DPRD Tomohon
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Sulut

 

– Cabor tenis meja ganda putra

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Minsel
  3. DPRD Bitung

 

– Cabor tenis meja ganda putri

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE terus melakukan trobosan-trobosan dalam dalam meningkatkan sentra perekonomian diwilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Kali ini, Bupati Tetty Paruntu melakukan pertemuan sekaligus kerjasama pengembangan kelapa bersama dengan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih, di Hotel Sutan raja Amurang. Selasa (26/2/19)

Pada kesempatan itu Wibawaningsih mengaku sangat terpukau dengan potensi kelapa yang dimiliki Kabupaten Minsel. Iapun memuji kepiawaian Bupati Tetty Paruntu yang merupakan duta kelapa, dimana lewat upaya dan kerja kerasnya, sehingga mendapat perhatian langsung dari Kementrian Perindustrian RI.

"Saya kagum dengan potensi kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan. Untuk itu akan dijadikan ‘Pilot’ Projek Pengembangan IKM industri kelapa terpadu. Dan kali pertama dilaksanakan di daerah Nyiurmelambai." ungkapnya.

Lanjutnya, walaupun daerah lain di Sulawesi Utara (Sulut) juga penghasil kelapa, namun Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga kami tetapkan Minsel menjadi daerah sentra ekselen kelapa.

"Memang selain Minsel Gorontalo sempat menjadi nominator pengembangan industri kelapa. Hanya saja, salah satu pertimbangannya adalah, Minsel memiliki pelabuhan dan bisa langsung diekspor." jelasnya sambil menambahkan akan membantu IKM-IKM di Minsel.

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutan mengatakan, berterimakasih Kementrian Perindustrian, terlebih Ibu Dirjen yang sudah bekerjasama dalam peningkatan di bidang kelapa. Dengan harapan kedepan Minsel akan tetap mendapat prioritas dalam pengembangan Industri Kecil Menengah khususnya pengelolaan Kelapa.

"Tentunya saya pribadi bersama jajaran Pemkab Minsel, sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga tak lepas upaya dan kerja keras kita bersama, sehingga projek ini akan hadir di Minsel. Terimakasih kepada Ibu Dirjen. Saya harap ini akan terjalin terus-menerus, dan kedepan Minsel tetap diprioritaskan dalam pengembangan IKM," pungkas Bupati Tetty Paruntu. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu,SE di dampingi Sekda Minsel Drs. Denny Kaowan, M.Si.l, menerima Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Amurang, Roy Apul Oloando beserta jajarannya, Senin (25/2/19).

Acara yang berlangsung dilantai II ruangan Kantor Bupati dengan kegiatan "Edukasi Pelaporan SPT Tahun 2018", bagi Aparatur Sipil Negara, ASN di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dalam Sambutan Bupati Tetty Paruntu, memberikan Apresiasi kepada segenap Unsur Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu serta KPPKP Amurang, yang senantiasa mendukung Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dalam penyelenggaraan Administrasi Perpajakan.

Bupati berharap kerjasama yang baik ini terus ditingkatkan, lewat optimalisasi penerima Pajak, dimana pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terhutang oleh orang pribadi badan yang sudah diatur berdasarkan undang-undang.

Melalui Pekan Panutan penyampaian SPT tahun 2018 kita akan laporkan SPT tahunan pajak penghasilan yang menggunakan Fasilitas E-Filing dengan akun Efin melalui metode E-Filing kita telah di bantu dan di mudahkan.

"Saya minta komitmen dari seluruh jajaran ASN Kabupaten Minahasa Selatan, agar taat membayar Pajak, serta tepat waktu dalam pelaporannya. Ingat "Orang bijak, bayar pajak". Pungkas Bupati Tetty Paruntu.

Adapun acara tersebut di hadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). (/Ferrowaney).

Minsel, Sulutnews.com - Penyerahan 1001 Surat Keputusan pengangkatan tenaga harian lepas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan, di Gedung Waleta kantor bupati, Rabu (20/2/19).

Adapun penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang didampingi Assisten III Evert Poluakan dan Kaban BKD Minsel Ferdinand Tiwa, dan dilanjutkan dengan pengucapan iklar tenaga harian lepas

Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada tenaga honor Kabupaten Minahasa Selatan yang sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Tenaga Harian Lepas

"Selamat atas SK yang boleh kalian terima. Ini semua boleh tercapai, sesuai dengan disiplin dan kinerja yang baik, serta merupakan bukti kinerja dari kalian masing- masing. Untuk itu, kinerja dan loyalitas tentunya sangat diharapkan bagi kalian, demi peningkatan pembangunan disegala bidang." ujar Bupati CEP.

Ia menambahkan seluruh tenaga harian lepas diberikan master kerja selama satu tahun, dan penilaian kinerja dilakukan oleh masing-masing dinas.

"Semua kinerja dinilai oleh masing-masing dinas. Jadi saya harap semua kepala OPD proaktif untuk memberikan yang terbaik. Dan apa yang menjadi fisi dan misi program Bupati dan Wakil Bupati semua didukung demi Kabupaten Minahasa Selatan terhebat dan terdepan." pinta Bupati Tetty Paruntu. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan dalam rangka Sosialisasi Gratifikasi di Kabupaten Minahasa Selatan

Acara yang dilaksanakan diruangan lantai IV kantor bupati, Senin (18/02/2019) yang di pandu Kapala Bagian Humas dan Protokol Altin Sualang, SSTP, MAP, yang dihadiri oleh Sekretaria Daerah Minsel Danny Kaawoan, M.Si, Kepala Inspektorat dan para pehabat Eselon II dan III lingkungan pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan.

Adapun kehadiran KPK kali ini, bukan untuk menangani kasus, akan tetapi melakukan Sosialisasi Gratifikasi dan Pengenalan Gratifikasi online dengan pembawa materi Erwin Noorman Gumirlang dan Maria Danastry, yang merupakan Direktorat Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam pemaparan tersebut, dijelaskan tentang berbagai hal mengenai gratifikasi kepada sejumlah pejabat Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan.

"Acara ini lebih banyak ditekankan pada hal hal yang berhubungan dengan gratifikasi. Agar para pejabat bisa mengetahui apa saja mengenai gratifikasi maupun gratifikasi online, "ujar Erwin Noorman Gumirlang dari Deputi Bidang Pencegahan KPK RI

Ia menambahkan Sinergitas Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah maupun Kepala Inspektorat sangat diperlukan selain itu, kepala daerah juga agar intens menggelar rapat dengan kepala dinas terkait. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Sabtu (16/2/2019) Masyarakat kota Amurang di hebohkan dengan aksi si jago merah yang menghanguskan Kantor Ex Pengadilan Lama Amurang, Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan.

Menurut warga yang berada di sekitar lokasi, kejadian tersebut mengatakan tidak berlangsung lama, akibat hembusan angin kencang, Kantor Pengadilan Amurang yang lama, hangus dilahap api, hingga sekitar 40 persen. Melihat hal tersebut warga langsung menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Minahasa selatan.

 

Dengan bertindak cepat pemadam kebakaran bersama warga sekitar serta pihak Polres Minsel yang berada dilokasi, langsung memadamkan Api dikantor Pengadilan Lama tersebut.

Dalam peristiwa kebekaran yang terjadi tersebut selain Masyarakat, Kapolres Minsel AKBP Winardi Prabowo SIK, Kasatreskrim Polres Minsel AKP Arie Prakoso SIK,Kapolsek Amurang AKP Edi Suryanto SIK dan Sat Pol PP Minsel, Camat Amurang Timur dan Lurah Pondang ikut membantu dalam memadamkan api.

Kapolres Minahasa Selatan AKBP Winardi Prabowo, SIK saat berada di tempat kejadian kepada media ini mengatakan ”Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Dugaan sementara, akibat hubungan arus pendek listrik ” jelasnya.

Dari informasi yang didapat, saat kejadian tidak ada orang kantor tersebut. diketahui, penghuni yang tinggal didalamnya sedang berada diluar. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang didampingi Kabag Humas dan Protokoler Altin Sualang melakukan kunjungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Kamis, (14/2/2019).

Bupati Tetty Paruntu diterima langsung oleh Sekjen Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi di ruang kerjanya di Kalibata Jakarta.

Dalam pertemuan ini Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE melaporkan beberapa hal, mulai dari kegiatan pengelolaan dana desa, pembangunan kawasan transmigrasi hingga melaporkan perkembangan beberapa kegiatan yang dibiayai dengan APBN.

Khususnya bantuan dari Kementrian Desa PDTT salah satunya adalah embung desa di Desa Talaitad Utara Kecamatan Suluun Tareran yang pekerjaannya sudah rampung 100%.

"Tentunya sebagai pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan sangat berharap Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus memberikan respon dan perhatian, mengingat keterbatasan anggaran di daerah." ujarnya.

Sementara itu, pihak Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Sekjen Anwar Sanusi sqngat merespon positif pertemuan dengan Bupati Minsel Tetty Paruntu. "Kami senang Ibu Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE bisa berkunjung kesini. Kadang-kadang kami mau bantu tapi tidak ada usulan dari daerah, jadi dengan ini kita bisa ada sinkronisasi." pungkasnya.(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE menghadiri Ibadah sekaligus Peresmian Paroki Hati Kudus Keroit di Motoling Minahasa Selatan, Minggu (10/2/19).

Peresmian dan Pemberkatan Paroki Hati Kudus Yesus Keroit Motoling dipimpin langsung Mgr. Benedictus Estepanus Rolly Untu MSC, Uscup Manado, beserta DR.Joseph Angsow, pr Pastor Gereja Katolik Hati Yesus Keroit, Lanjut ibadah Misa Uskup Emeritus. Mgr. Msc. Suatan, Firman Tuhan berkata dalam  pengalaman Petrus yang adalah suatu pengalaman yang Yesus ingin agar kita alami juga.

Usai ibadah Misa di lanjutkan dengan Penanda Tanganan Prasasti Peresmian Paroki, dilanjutkan dengan ramah tamah, yang di isi dengan sambutan Bupati Minsel sapaan akrab Tetty Paruntu, memberikan Apresiasi, kepada umat Katolik di Keroit, atas upaya kerja keras umat Katolik, sehingga patut kita bersyukur pada Tuhan atas AnugerahNya, sehingga Gereja ini boleh di resmikan.

"Ini semua boleh jadi atas berkat dan anugerah Tuhan yang maha kuasa. Dimana dengan kebersamaan dan kerja keras, sehingga apa yang boleh kita harapkan bersama boleh selesai dengan baik. Untuk itu mengatasnamakan pemerintah, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat atas di resmikannya Paroki Hati Kudus Keroit." ujarnya.

Dikatakan lagi, agar pembangunan infrakstruktur akan terus diupayakan terlebih jalan masuk Desa Keroit. Dengan respon positif Bupati Tetty Patuntu memerintahkan Kadis PU, untuk kiranya segera memperbaiki akses jalan yang rusak. Pada kesempatan itu juga Bupati Minsel memberikan bantuan untuk Gereja senilai 25 Juta rupiah, yang di ikuti oleh Kapolres dan SKPD, dan Caleg lainnya.

Turut hadir Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo, SIK bersama Istri, Anak terkasih Adrian Paruntu Calon Anggota DPR-RI, calon anggota DPRD Provinsi James Arthur Kojongian bersama seluruh jajaran OPD Minsel serta warga Desa Keroit dan undangan lainnya. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka memperingati HUT ke-16 tahun Kabupaten Minahasa Selatan berlangsung sukses.

Rapat paripurna yang digelar diruangan sidang gedung DPRD, Desa Teep Kecamatan Amurang Barat, dibuka oleh Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan, SE, didampingi Wakil Ketua Rommy Pondaag, SH. MH. Senin (28/1/19).

Dalam sambutannya, Tumbuan mengatakan mengapresiasi kepemimpinnan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou. Dimana berbagai inovasi serta ide cemerlang boleh dituangkan dalam berbagai program, demi kemajuan Provinsi Sulawesi Utara.

Lontaran pujian dan apresiasi pula diberikan kepada Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE. dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SH. Karena kemajuan Kabupaten Minahasa Selatan terus diupayakan baik infrastruktur serta pembangunan sumber daya manusia disegala bidang.

Sementara itu Bupati DR. Christiany Eugenia Patuntu, SE dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh stakeloder, para pejuang serta masyarakat yang sampai saat ini terus menopang dan mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

“Terima kasih kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya serta tokoh pemekaran Minsel, dan rakyat Minsel pada umumnya. Kita boleh ada sampai saat ini, berkat Kasih Karunia Tuhan yang maha kuasa. Sebagai pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, mengapresiasi setinggi-tingginya, karena tanpa perjuangan maka, kegiatan hari ini tak akan pernah terjadi. Untuk itu mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik bagi kabupaten yang kita cintai ini." ujar Bupati Tetty.

Lanjut Bupati Tetty Paruntu, memaparkan sejumlah keberhasilan dalam berbagai sektor, seperti memacu percepatan pembangunan, baik infrastruktur, sarana pertanian, pendidikan dan kesehatan, serta sinergitas antara pemerintah, legislatif dan seluruh elemen masyarakat.

Pada Kesempatan itu pula, sambutan Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Assisten Satu Bidang Perekonomian, Muhamad Rudi Mokoginta mengatakan, ini merupakan momentum yang berbahagia, dengan bertambahnya umur Kabupaten Minahasa Selatan, adalah makna refleksi dalam perjalanan suatu daerah.

“Tentunya sebagai daerah yang berkembang saat ini, pemerintah sudah mengetahui kekurangan dan kelemahan selama perjalanan menghadapi segala proses pembangunan yang ada. Kiranya kedepan diperbaiki, demi kesejahteraan rakyat Minahasa Selatan.” ucapnya, sambil menambahkan Selamat HUT ke-16 Kabupaten Minahasa Selatan.

Ia berpesan, masyarakat Minahasa Selatan secara kompak, bahu-membahu mengisi pembangunan, serta mendukung segala program, baik yang ada di Pusat, maupun Provinsi Sulawesi Utara.

Hadir dalam paripurna, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Amurang, Kepala Pengadilan Amurang, Sekdakab Minsel Denny Kaawoan, anggota DPRD Minsel, maupun DPRD Provinsi, Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkab Minsel, Camat, Lurah, Hukum Tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya dan masyarakat Minsel serta undangan lainnya. (Advetorial/ferrowaney).

Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terus berupaya melakukan trobosan-trobosan dalam kesejahteran jajaran maupun masyarakat di Minahasa Selatan.

Buktinya, Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE, Rabu (30/1/2019), kali ini memperjuangkan nasib Honorer dengan berkunjung di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta. 

Bersama 6 Bupati lainnya, Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE langsung melakukan audiensi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Drs. Syafrudin, M.Si, yang juga dihadiri mantan Menpan RI Bapak  Prof. DR. Ryaas Rasyid selaku penasehat apkasi.

Dalam kesempatan ini Bupati TETTY PARUNTU  memanfaatkan pertemuan ini untuk memberikan perhatian khusus terhadap tenaga honorer yang masuk dalam K-2, dan itu disampaikan langsung kepada Prof.DR. Ryaas Rasyid.

"Banyak yang sudah mengabdi dan berkarya lebih dari 15 tahun, bahkan mereka adalah pejuang-pejuang yang membutuhkan perhatian dari Pemerintah RI, tidak sedikit yang mereka korbankan. Mohon untuk menjadi perhatian Pak Menteri, " tukas Bupati Tetty Paruntu.

Adapun dalam pertemuan ini, sejumlah pokok pembahasan dibicarakan dengan KemenPAN-RB antara lain :

  1. Rekrutmen CPNS 2018
  2. Rekrutmen ASN melalui PPK
  3. Penegakan Hukuman Disiplin PNS
  4. Pengangkatan dan pemberhentian pejabat tinggi pratama.

(Ferrowaney)