Minsel, SulutNews.com -- Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH dan Pdt. Petra Yani Rembang hari ini dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey di Manado.

Atas pelantikan ini, kepada wartawan SulutNews.com, pada Jumat (26/2/2021), Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Minsel, dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS melalui pesan WhatsApp menyampaikan selamat menjalankan tugas kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, periode 2021-2024.

"Saya Ketua DPD II Partai Golkar Minsel beserta seluruh pengurus dan simpatisan mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Minsel yang dilantik hari ini oleh Bapak Gubernur Sulut", tukas Micha Paruntu (sapaan akrabnya).

"Terkhusus kepada pak Franky Wongkar selaku Bupati Minsel dan pak Pdt. Petra Rembang selaku Wakil Bupati Minsel, semoga sukses melaksanakan program-program pembangunan ke depan", katanya.

Ia pun berharap Bupati Franky Wongkar dan Wakil Bupati Pdt. Petra Rembang dapat memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Minsel.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Franky Donny Wongkar SH dan Pendeta Petra Yani Rembang langsung banjir ucapan selamat usai dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Jumat (26/2/2021).

Pelantikan dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, S.E untuk masa jabatan periode 2021 sampai dengan 2024 dan digelar di Graha Gubernuran Bumi Bringin, Manado.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlanudsri Manado Kolonel Pnb Abram Tumanduk dan Kajati Provinsi Sulut Adita Prawitaningsih, S.H.

Akun Facebook masyarakat dan Grup Facebook Minsel langsung memberikan ucapan selamat atas pelantikan ini.

"Puji Tuhan, Sah!!! Selamat atas dilantiknya Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wabup Minsel Pdt Petra Rembang, S.Th oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE. Sukses dan diberkati dalam tugas serta pengabdian bagi Masyarakat Minahasa Selatan", ungkap Stefanus Lumowa (Wakil Ketua DPRD Minsel) dalam akun Facebook miliknya.

Bahkan di akun Facebook milik Olfiane Kristien Timbuleng, anggota DPRD Minsel dari Partai Golkar ungkapan selamat pun disampaikan.

"Selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Pdt. Petra Y. Rembang, M.Th. Tuhan Jesus Memberkati Minahasa Selatan", tulisnya.

Untuk diketahui masyarakat menaruh harapan besar kepada pasangan yang diusung Partai PDIP untuk mendatangkan perubahan di Kabupaten Minahasa Selatan.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kapolres Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), AKBP. S. Norman Sitindaon SIK, memastikan situasi aman menjelang pelantikan Bupati/Wakil Bupati Minsel terpilih.

Informasi ini disampaikan orang nomor satu di Polres Minsel ini, dalam acara Coffee Morning bersama sejumlah awak media, di Kantin Polres Minsel, pada Kamis (25/2/2021).

"Pelantikan besok, kabarnya kegiatan akan dilaksanakan di Manado, dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah yang sangat dibatasi", tukas Kapolres Minsel.

"Kabarnya, yang akan hadir nanti hanyalah Bupati, istri dan 2 (dua) orang anaknya. Juga Wakil Bupati, istri dan 2 orang anaknya serta Sekda dan Ketua DPRD. Sedangkan Forkopimda akan mengikuti lewat Zoom Meeting", tambahnya.

Ia pun mengatakan bahwa untuk pengamanan tetap akan dilakukan Polres Minsel dan akan melibatkan 240 personil, baik dari Polres maupun Polsek jajaran.

"Kami pihak Kepolisian akan mengantisipasi terjadinya kerumunan. Kami menghimbau kepada masyarakat kiranya usai acara tidak ada pawai dan konvoi kendaraan", ujar Kapolres Minsel.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Camat di 17 Kecamatan dan Partai pendukung, untuk tidak mengerahkan massa. Juga akan dilakukan penyekatan di tiap Polsek jajaran", katanya.

Tak lupa dirinya mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan ke Pemda agar jangan ada kegiatan yang mengumpulkan massa karena adanya pelantikan Bupati/Wakil Bupati nanti.

Untuk diketahui, direncanakan besok Franky Donny Wongkar SH dan Pdt. Petra Yani Rembang akan dilantik sebagai Bupati/Wakil Bupati Minsel, hasil pilihan rakyat dalam pemilihan kepala daerah tanggal 9 Desember 2020.

(TamuraWatung)

Manado, SulutNews.com -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengikuti Rapat Staf dan Komando (Rasko) Koarmada II secara virtual di Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Manado, pada Rabu (24/2/2021).

Dalam Pandemi Covid-19, Rasko Koarmada II dilaksanakan secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan diikuti Komandan Guspurla Koarmada II, Komandan Guskamla Koarmada II para Komandan Lantamal, dan Para Asisten Pangkoarmada II serta Para Komandan Lanal di jajaran Koarmada II.

Tema pada kegiatan Rasko Koarmada II tahun 2021 yakni "Koarmada II yang profesional, modern dan tangguh siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI".

Rasko Koarmada II kali ini menjadi media dalam meneruskan perintah/arahan pimpinan dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diantaranya mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional serta program vaksinasi nasional, pemenuhan dan penataan (manajemen) personel, kesiapan operasional meliputi material Alutsista, personel pengawak yang terlatih dan kemampuan dukungan pangkalan.

Selain itu Kasal juga menekankan agar dapat meningkatan kekuatan TNI AL yang memiliki daya gerak, daya hancur dan efek gentar yang tinggi, serta dapat mewujudkan sinergitas bersama komponen kekuatan pertahanan dan keamanan negara.

Sementara itu, Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II menyampaikan arahan untuk dipedomani jajaran Koarmada II, beberapa diantaranya agar dilaksanakan pemenuhan personel di KRI yang siap operasi, peningkatan kemampuan/ketrampilan personel untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas.

Pada bidang operasi dan latihan Pangkoarmada II menekankan agar melaksanakan koordinasi dengan satuan atau stakeholder untuk mengoptimalkan pelaksanaan operasi, peningkatan pengawasan kegiatan harwat dan kesiapan alutsista, melaksanakan latihan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan dan sasaran latihan serta menerapkan protokol kesehatan sebelum dan selama melaksanakan operasi.

Hadir pada kegiatan vicon dalam rangka Rasko Koarmada II Tahun 2021 di Ruang Serbaguna Mako Lantamal VIII diantaranya para Asisten Danlantamal VIII dan Kakuwil Lantamal VIII.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Sebanyak 132 (seratus tiga puluh dua) personel Polres Minahasa Selatan (Minsel) menjalani pemeriksaan urine dan salifa/lendir, usai pelaksanaan apel pagi, Senin (22/2/2021).

Tes urine dan salifa/lendir ini dilaksanakan di Gedung Aula Polres Minsel oleh tim pemeriksa gabungan dari personel Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Minsel dan staf Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Minsel.

Terpantau, usai kegiatan apel pagi seluruh personel langsung diperintahkan untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan dengan dikawal dan dijaga langsung anggota Seksi Propam serta Seksi Pengawasan.

“Pemeriksaan sampel urine dan sampel salifa atau lendir ini dilakukan untuk mendeteksi kondisi kesehatan tubuh personel kaitan dengan Narkoba maupun Covid-19,” terang Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, yang memimpin langsung kegiatan pemeriksaan.

Hingga akhir kegiatan pemeriksaan, tidak ditemukan adanya anggota Polres Minsel yang positif Narkoba.

“Untuk hasil pemeriksaan, semuanya negatif narkoba,” ungkap Kasatres Narkoba Polres Minsel AKP Denny Tampenawas, SE.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, mengingatkan kepada seluruh anggota agar tidak main-main dengan narkoba.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan arahan dalam kegiatan apel pagi, Senin (22/2/2021).

“Tidak ada toleransi dan tidak boleh ada ruang bagi siapapun yang bermain narkoba di negara ini, apalagi anggota Polri. Jadi sekali lagi saya ingatkan jangan ada anggota yang terlibat, terjerat kasus narkoba,” ujar Kapolres.

Ditambahkan juga Kapolres bahwa ia memastikan tidak akan main-main dalam penegakan hukum untuk kasus narkoba.

"Mudah-mudahan tidak ada di lingkungan kita. Kalau sampai ada anggota yang main-main dengan narkoba, sanksinya tegas, pecat dan pidana,” tegasnya.

Diakhir arahannya, Kapolres Minsel mengajak seluruh personel untuk tetap semangat dalam optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, menjaga kekompakan, kebersamaan serta tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Setidaknya, ada 3 (tiga) Kecamatan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berstatus zona merah akibat adanya Pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Yunike Panambunan, selalu Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel, beberapa waktu lalu di Hotel Sutan Raja Amurang.

"Saat ini, Kecamatan Amurang Timur, Amurang dan Amurang Barat ditetapkan sebagai Zona Merah Pandemi Covid-19. Karena ada lebih 10 kasus Positif di Kecamatan-Kecamatan itu", ungkap Panambunan.

"Zona Orange dengan 6-10 kasus ada di Kecamatan Tumpaan. Kuning (1-5 kasus positif) di Kecamatan Tareran, Suluun Tareran, Tatapaan, Tenga, Sinonsayang, Kumelembuai, Motoling Barat, Ranoyapo, Tompaso Baru, Maesaan dan Mondoinding", katanya.

Sedangkan menurutnya, 2 wilayah zona Hijau ada di Kecamatan Motoling dan Motoling Timur.

"Namun penetapan status ini hanya berlaku sampai tanggal 23 Februari. Bisa saja setelah tanggal tersebut akan berubah status di tiap kecamatan", ujar Panambunan.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel, dr. Erwin Schouten, pada Jumat (19/2/2021), mengatakan bahwa hal ini sudah ditetapkan dalam Instruksi Bupati Minsel Nomor 30/BMS-Dinkes/II-2021.

"Instruksi Bupati ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI yang menginstruksikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan membentuk Posko Penanganan Covid-19 di tiap Desa dan Kelurahan", terang dr. Erwin.

Ia menjelaskan, Posko tingkat Desa dan Kelurahan menjadi Posko yang memiliki fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan.

"Pemberlakuan PPKM ini hanya berlaku sampai tanggal 23 Februari dan nanti akan dievaluasi kembali", pungkasnya.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Jabatan Christiany Eugenia Paruntu dan Franky Donny Wongkar (PAKAR) sebagai Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah berakhir.

Pada Rabu (17/2/2021) dilaksanakan acara serah terima dan pelepasan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 itu, di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel.

Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan memori jabatan dari Christiany Paruntu kepada Denny Kaawoan MSi sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Minsel, sebelum adanya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Minsel terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

Acara pun diisi dengan penayangan video kilas balik kepemimpinan Christiany Paruntu bersama Franky Wongkar.

Saat diberikan kesempatan menyampaikan sambutan, mantan Bupati Minsel Christiany Paruntu berkata bahwa patutlah bersyukur karena Pilkada Minsel bisa terlaksana dengan baik serta dengan hasil Pilkada yaitu terpilihnya Franky D. Wongkar dan Petra Y. Rembang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minsel yang baru.

"Kami bersama Franky Wongkar sebagai Wakil Bupati telah menyelesaikan masa jabatan Periode 2016 - 2021 dan mengucapkan selamat kepada Denny Kaawoan MSi sebagai Plh Bupati Minsel. Karena itu diucapkan selamat bertugas sebagai Bupati Minsel", kata Tetty Paruntu (sapaan akrabnya).

"Kepada Franky Wongkar dan Petra Rembang sebagai Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih diucapkan selamat bekerja. Semoga bukan hanya sekedar frasa kata pada saat Pilkada, dengan harapan agar semua bisa melaksanakan visi dan misi yang telah dijanjikan pada waktu Pilkada untuk masyarakat Minsel", ujarnya.

Ia pun meminta kepada para staf, jangan pernah merasa ragu terhadap kepemimpinan Franky Wongkar dan Petra Rembang.

Sementara itu, Denny Kaawoan MSi sebagai Plh Bupati Minsel) mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Christiany Paruntu dan Franky Wongkar atas berbagai prestasi serta pembangunan yang telah dilakukan untuk Kabupaten Minsel.

"Bukan hanya pada pembangunan fisik melainkan juga pembangunan manusia. Bahkan selalu memotivasi kita semua dan selalu mendorong upaya peningkatan kinerja dan loyalitas", ungkap Kaawoan. "Kami siap mendukung kepemimpinan Franky Wongkar dan Petra Rembang untuk Minahasa Selatan yang semakin maju", pungkasnya.

Acara pun diakhiri dengan menyerahkan cinderamata oleh Plh Bupati Denny Kaawoan kepada Christiany Paruntu, SE dan Franky Wongkar.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang mengadakan penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac untuk dosis yang kedua, pada Selasa (16/2/2021).

Vaksinasi dosis kedua yang dilaksanakan di Gedung RSUD Amurang, Desa Teep Trans ini diikuti oleh jajaran Forkopimda Minahasa Selatan (Minsel), Tenaga Kesehatan (Nakes), serta perwakilan TNI/Polri, yang sebelumnya telah divaksin dosis pertama pada tanggal 2 Februari 2021 lalu.

Tampak hadir menerima suntikan Vaksin Covid-19 Sinovac diantaranya Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, Ketua Cabang Bhayangkari Minsel Ny. Heppy Norman, Wakapolres Minsel Kompol Farly Rewur, SH, MM, Kejari Minsel I Wayan Eka Miartha, SH, Ketua PN Minsel Royke Inkiriwang, SH, Pabung Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf. Jus Ratag dan Kadis Kesehatan Minsel dr. Erwin Schouten.

"Setelah menerima suntikan vaksin dosis kedua ini, bawaannya rasa mengantuk tapi setelah beberapa saat kembali normal,” ungkap Kapolres Minsel saat ditemui usai divaksin.

Kapolres Minsel mengajak agar masyarakat yang memenuhi syarat pemeriksaan medis untuk tidak ragu atau khawatir menerima vaksinasi covid-19 Sinovac.

“Jangan termakan berita hoax, Vaksin Covid-19 Sinovac aman dan halal. Dengan menerima vaksin covid-19 ini kita telah mendukung Program Pemerintah dalam mewujudkan herd immunity guna penanggulangan penyebaran covid-19,” tambah Kapolres.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Polres Minahasa Selatan (Minsel) dengan Pemkab, Kodim TNI 1302 Minahasa, Kajari Amurang, serta Dinas dan Instansi terkait tentang Rencana PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berbasis Mikro di wilayah Kabupaten Minsel, maka telah dibentuk Posko-Posko di tingkat Desa yang berada di wilayah hukum Polres Minsel.

Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK saat ditemui usai meresmikan Posko PPKM dan Kampung Tangguh di Kelurahan Lewet, Kecamatan Amurang, mengungkapkan bahwa posko ini berfungsi sebagai pengawasan bersama dengan instansi terkait, baik pemerintah,TNI/Polri, Puskesmas dan juga masyarakat untuk melakukan Himbauan dan Edukasi protokol kesehatan.

“Mengajak setiap warga untuk tidak berpergian jika tidak penting. Untuk tempat usaha rumah makan, Café, warung kopi tempat perbelanjaan, tenaga kesehatan akan melakukan 3T yaitu Testing, Tracing, Treatment dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” terang Kapolres Minsel.

Terpantau, hingga Selasa (16/02/2021), di wilayah hukum Polres Minsel telah diresmikan beberapa Posko PPKM tingkat desa guna mencegah penyebaran Covid-19.

(***/TamuraWatung)