Minsel, Sulutnews.com - Momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, melalui Dinas Kesehatan membawa pesan-pesan dan himbauan untuk hidup sehat.

Sejumlah pesan dan himbauan itu, di tampilkan pada pamflet, banner dan spanduk dengan tulisan mengajak masyarakat hidup sehat, seperti (stop merokok, pilih sehat bukan rokok) dan sebagainya dalam kegiatan pawai pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan yang dilepas oleh Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Kepada media ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr. Erwin Scouten mengatakan, HUT RI ke-74 tahun merupakan momen yang pas untuk mengingatkan masyarakat, agar selalu gunakan pola hidup sehat.

Lanjutnya sesuai program pemerintah dipusat maupun daerah dengan slogan “Ayo hidup sehat,” merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan.

“Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia terlebih dikabupaten Minsel, apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat." pungkas Scouten sambil menambahkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun, "SDM Unggul Indonesia Maju" (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Momen yang luar biasa, pada peringatan HUT RI ke-74 tahun, disela-sela kegiatan pawai pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu dengan respon cepat turun tangan angkat sampah.

Dari pantauan media ini, Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wongkar bersama Forkopimda, saat berada di panggung utama secara spontan turun dari panggung dan langsung mengangkat sampah plastik disekitaran panggung dan lapangan.

Dari aksinya tersebut, sontak membuat seluruh jajaran, para peserta pawai dan masyarakat turut bersama-sama mengangkat sampah. Bahkan tidak hanya dihalaman kantor bupati saja, aksi tersebut dilakukan sampai depan, pinggiran dan pila-pila jalan depan kantor bupati.

"Kita selalu di ingatkan untuk serius, peduli dan perhatikan masalah sampah. Marilah semua lapisan masyarakat Minahasa Selatan, kita ciptakan dan raih kondisi lingkungan yang bersih sehat dan indah. Mulai dari Pusat-pusat pelayanan masyarakat seperti kantor-kantor, pasar, toko-toko, sungai, pantai dan halaman rumah kita." ungkap Bupati CEP.

Tambahnya, sampah sudah menjadi permasalahan, nasional bahkan internasional. Menjadi perhatian kita, untuk saling mengingatkan bahkan memberi motifasi, agar nantinya dapat mengantisipasi permasalahan sampah, dimasing-masing wilayah khususnya Minahasa Selatan.(/Ferrowaney).

Minsel, Sulutnews.com - Kemeriahan HUT RI ke-74 tahun Kabupaten Minahasa Selatan terus digelar. Kali ini Bupati Christiany Eugenia Paruntu membuka sekaligis melepas Pawai Pembangunan di kantor DPRD Minsel, Senin (19/8/19).

Dalam pelepasan tersebut Bupati Christiany Eugeni Paruntu, didampingi oleh Wakil Bupati Franky Donny Wongkar bersama, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan serta Forkopimda Minsel, dengan finis kantor Bupati Minahasa Selatan.

Disela-sela kegiatan Pawai Pembangunan, Bupati Tetty Paruntu mengatakan, ini adalah suatu anugerah bagi bangsa Indonesia didalamnya Kabupaten Minahasa Selatan, dimana menjadi momen yang berbahagia seluruh masyarakat boleh menikmati Hari Kemerdekaan ke-74 tahun.

"Untuk itu, marilah kepada segenap masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, membangunan SDM yang kuat, serta mendukungan penuh program pemerintah baik dipusat, provinsi dan kabupaten, sehingga apa yang kita harapkan bersama itu boleh diraih, karena SDM Unggul Indonesia Maju." ungkap CEP.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan pawai pembangunan ini, akan terus mempersatukan seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, juga memperlihatkan hasil-hasil diberbagai bidang, serta berbagai ciri khas Kabupaten Minahasa Selatan. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Meriahkan HUT Kemerdekan Republik Indonesia ke-74 Tahun, Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Selatan sukses melaksanakan sejumlah kegiatan.

Menurut Kadis Dispora Minsel Feitber Raco, bahwa setiap tahunnya, dalam memperingati HUT Proklamasi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dipercayakan sebagai penyelenggara dalam berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT Proklamasi Kemeridekaan.

"Ini sudah menjadi agenda setiap tahun. Tentunya kepercayaan yang sudah diberikan itu harus kami pegang, apalagi momen HUT Proklamasi ini, kita diingatkan kembali bagaimana para Pahlawan memperjuangan kemerdekaan Republik Indonesia." jelas Raco.

Untuk itu dalam mengenang jasa-jasa Pahlawan, kita dituntut memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, terlebih bagaimana kita sebagai Pemerintah yang ada di Kabupaten Minahsa Selatan mendorong para generasi muda serta masyarakat yang ada untuk bersama-sama membangun Kabupaten Minahasa Selatan di bidang apapun.

"Mari bersama-sama dimomen HUT RI ke-74 tahun, kita bangun Kabupaten Minsel, menuju Kabupaten yang hebat dan terdepan. Serta mengatasnamakan Pemkab Minsel, Bupati Cristiany Egenia Paruntu dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Minsel yang sudah mendukungan acara ini hingga boleh selesai dangan baik." tukas Raco.

Ia menambahkaan "Dirgahayu RI ke-74 tahun, bersama-sama kita bangun sumber daya manusia yang kuat serta ciptakan generasi muda yang mandiri cerdas energik dan profesional, karena SDM Unggul Indonesia Maju." singkat.

Dari informasi yang dirangkum media ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Selatan, telah melaksanakan beberapa kegiatan berupa, seleksi Paskribraka, pelakasanaan upacara bendera, gerak jalan, marching band dan pawai pembangunan.(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Warga Desa Elusan Kecamatan Amurang Barat kini bisa berlega hati. Pasalnya, Jembatan Gantung Karya Perjuangan Sungai Tewalen yang merupakan aspirasi masyarakat sebagai akses perekonomian resmi dibuka.

Adapun peresmian tersebut Minggu (18/8/2019) oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Ronald Paat, yang diawali dengan ibadah bersama.

Sambutan Bupati Tetty Paruntu yang diwakili Kadis Perijinan Ronald Paat mengatakan memberikan apresiasi atas semangat perjuangan masyarakat Desa Elusan dalam menyelesaikan pembangunan jembatan gantung ini, sehingga saat ini boleh diresmikan.

"Banyak selamat buat masyarakat Elusan. Sebagai pemerintah saya berharap jembatan ini dapat bermanfaat bagi roda perekonomian,  juga sebagai sarana penghubung terciptanya persatuan dan kesatuan dengan masyarakat yang ada diluar desa elusan." ujarnya.

Ia menambahkan, dengan dibangunannya jembatan ini, masyarakat desa Elusan dapat menjaga dan memeliharanya, sehingga kedepan Jembatan Gantung Karya Perjuangan Sungai Tewalen tetap berdiri tegak, serta dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan produktifitas diberbagai bidang.

Sementara Hukum Tua Desa Elusan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang boleh mensupport akan pembangunan Jembatan Gantung ini serta meresmikannya.

"Jadi mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat Desa Elusan menyampaikan terima Kasih kepada Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang telah membuka sekaligus meresmikan Jembatan Gantung Karya Perjuangan Sungai Tewalen ini." ujar Tambajong.

Iapun mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Elusan untuk sepenuhnya mendukungan program-program pemerintah, baik sebelum dan sesudah dilaksanakan, agar kedepan daerah Kabupaten Minahasa Selatan akan dikenal dan semakin maju dan terdepan.

Lanjut pula mengatakan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Elusan yang telah melibatkan diri dalam pembangunan jembatan gantung ini. "Terlebih kepada para perintis serta penggagas pembuatan Jembatan Gantung Karya Perjuangan Sungai Tewalen dalam hal mantan Hukum Tua Frans Ampow." pungkasnya

Peresmian jembatan dihadiri Kadis Sosial Sofie Sumampow, Camat Amurang Barat Sonny Makaenas, perwakilan Koramil Tenga, tokoh-tokoh masyarakat, agama, budaya serta masyarakat Desa Elusan. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019, dilapangan kantor bupati, Sabtu (17/8).

Dimana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang dihadiri Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, unsur Forkopimda Minsel, Sekda Denny Kaawoan, seluruh kepala dan jajaran OPD, anggota DPRD Minsel, para Veteran serta tamu undangan yang lainnya.

Acara yang mengusung tema "SDM Unggul Indonesia Maju" dimulai dengan lantunan lagu-lagu perjuangan kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih, dan detik-detik proklamasi.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu mengatakan selamat memperingatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan. “Saya pribadi bersama keluarga serta mengatasnama Pemerintah Daerah (Pemda) mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-74, Negara Republik Indonesia,” ungkapnya.

Momen yang berbahagia ini, sesuai dengan tema kita, yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagai bangsa Indonesia, terlebih di Kabupaten Minahasa Selatan, dengan SDM yang unggul, kedepan akan mempu berperan bukan hanya di skala Nasional tapi di skala Internasional.

"Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Mari kepada segenap masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, untuk bersama-sama membawa para generasi muda menjadi anak-anak yang unggul serta anak-anak yang bisa berprestasi untuk nusa dan bangsa." jelasnya.

Ditambahkan orang nomor satu Kabupaten Minsel, momentum HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 ini saya berpesan kepada masyarakat Minsel untuk bersama-sama, menjaga lingkungan, memperhatikan sampah disetiap wilayah, menjaga keamanan dan ketertiban, serta saling mengingatkan tentang cuaca ekstrim yang dapat menimbulkan kebakaran.

"Dan paling terakhir, jagalah persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama kita membangun Kabupaten Minahasa Selatan yang kita cintai semakin dikenal, dan menjadikan Kabupaten yang semakin maju, hebat dan terdepan." pungkas Bupati Tetty Paruntu. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Lapas Kelas lll Amurang, melaksanakan upacara bendera dengan inspektur upacara Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wongkar, Sabtu (17/8).

lnspektur upacara Wakil Bupati Franky Donny Wongkar menyerahkan Piagam Penghargaan Satya Lencana untuk pegawai dan Pemberian

Remisi bagi 104 warga binaan juga pemberian Surat Lepas bagi warga binaan yang selesai menjalani pidana. Adapun Warga binaan yang bebas berjumlah 3 orang dan diberikan uang transportasi oleh Gubernur Sulawesi Utara.

Kepala Lapas Amurang, Marulye Simbolon mengatakan, pelaksaan upacara kali ini, sekaligus dengan pemberian remisi bagi para warga binaan Lapas Amurang. "Jadi sesuai dengan penilaian ada 104 warga binaan yang mendapat remisi, karena memang persyaratan mendapat remisi adalalah warga binaan yang berkelakuan baik, dengan lama tinggal harus diatas 6 bulan. Serta 3 warga binaan bebas murni." jelas Simbolon.

Adapun pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapas Amurang, diikuti oleh 154 warga binaan dengan pemimpin upacara dipercayakan kepada Santi Malensang SH, serta turut diramaikan oleh atraksi Tari Kabasaran.

Turut hadir dalam upacara itu, Kapolres Minsel, AKBP FX Winardi Prabowo, Perwira Penghubung TNI Mayor Inf Jimmy Lotulong, serta sejumlah pejabat Pemkab Minsel serta undangan lainnya.(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, Mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, dan Penanda tanganan nota kesepakatan KUPA dan PPKS perubahan Tahun Anggaran 2019, Jumat (16/8).

Rapat paripurna tersebut di pimpin oleh Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan, yang dihadiri langsung Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Franki Donny Wongkar diruang sidang utama DPRD Desa Teep Kecamatan Amurang Barat Minsel.

Acara di lanjutkan dengan Menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding-MoU) Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Minahasa-Selatan 2019.

Sambutan Bupati Minse Christiany Eugenia Paruntu mengatakan, Proklamasi Kemerdekaan merupakan peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia di mana Proklamasi kemerdekaan memberikan kebebasan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bebas dari rasa takut dan bebas dari segala bentuk penjajahan, dan berharap seluruh Elemen masyarakat dapat terus membangun Minsel ke depan.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga dengan semangat kemerdekaan, kita terus membangun bangsa Indonesia, dengan berbagai ide-ide positif, serta terus berusaha memberikan yang terbaik disegala bidang khususnya di Kabupaten Minahsa Selatan, sehingga Minsel dapat menjadi daerah hebat dan terdepan." ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, Perubahan anggaran  karena dalam tahun berjalan ini ada pergeseran anggaran, keadaan darurat atau keadaan luar biasa yang semuanya dilakukan tentu berdasarkan UU dan mekanisme yang berlaku.

Turut hadir, Forkompida Minsel, Ketua Bawaslu, kab.Minsel, Eva Keintjem, S.Pd, Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga, SH. M.Si,  Beserta Anggota DPRD yang terhormat, dan Pejabat Exekutif, Esalon Dua dan Tiga, serta undangan lainnya. (/Ferrowaney)

Amurang, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wingkar, mengukuhkan 31 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2019, Jumat, (16/8) di aula Weta Kantor Bupati.

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutannya menyampaikan, ini merupakan amanah yang luar bisa bagi seluruh anggota Paskribraka. Dimana dengan berbagai seleksi boleh dilalui, sehingga saat ini boleh dikukuhkan menjadi pasukan pengibar bendera merah putih.

"Kalian adalah penentu berkibarnya sang merah putih. Untuk itu laksanakanlah tugas kalian, karena ini merupakan suatu kebanggan yang tersendiri, juga kebanggaan bagi orang tua serta masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan." terang Bupati CEP.

Lanjutnya menyampaikan, terima kasih kepada tim pelatih yang telah berupaya memberikan pembinaan dan pelatihan, sehingga apa yang diharapkan itu boleh terwujud. Iapun menambahkan, apresiasi kepada para orang tua, serta pihak sekolah yang telah mensupport berjalannya kegiatan pelatihan pasukan pengibar bendera.

"Tentunya ini semua tak lepas dari dukungan para orang tua serta pihak sekolah. Terpilih menjadi anggota paskibraka adalah merupakan sebuah kehormatan dan sekali seumur hidup. Untuk itu mereka yang terpilih adalah pilihan terbaik dari seluruh utusan yang ada. Jalankan amanah kalian, kibarkan sang Merah Putih." pungkas Bupati Tetty Paruntu.

Turut hadir, Forkopimda, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, para pelatih Paskibraka, serta para orang tua anggota Paskibraka. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Acara serah terima Finalis Pemilihan Toar dan Lumimuut, yang dilaksanakan di Pendepo rumah dinas bupati Kabupaten Minahasa Selatan, secara resmi diterima langsung Bupati Christiany Eugenia Paruntu, Senin (12/8).

Bupati Christiany Eugenia Paruntu saat menerima Finalis Pemilihan Toar dan Lumimuut Kabupaten Minahasa Selatan, didampingi oleh Ketua Ikatan Toar dan Lumimuut Minsel Michaela Elsiana Paruntu serta suami terkasih Anggota DPRD Provinsi terpilih James Arthur Kojongian.

Dalam sambutan Bupati Tetty Paruntu mengatakan pemilihan Toar dan Lumimuut merupakan ajang positif, bukan hanya dilihat penampilan saja, namun berbagai ilmu didapati oleh para peserta untuk membentuk karekter, demi menunjang program pemerintah dan pelayanan masyarakat.

"Ajang Toar dan Lumimuut, merupakan ajang pembentukan karekter serta pribadi yang mandiri, serta berani tampil untuk hal positif. Kiranya ajang ini akan menghasilkan pribadi-pribadi cerdas energik dan profesional yang mampu membawa daerah Kabupaten Minahasa Selatan hebat dan terdepan." ujar Bupati Tetty.

Ia menambahkan, lewat ajang Toar dan Lumimuut, mengajak kepada seluruh putra-putri Kabupaten Minahasa Selatan, untuk berani tampil, menggali potensi serta bakat, sehingga menjadi pribadi yang tanggu dalam menghadapi era teknologi.

Sementara itu Ketua Ikatan Toar dan Lumimuut (Tolu) Kabupaten Minahasa Selatan Michaela Elsiana Paruntu mengatakan kedepan dengan ajang Toar dan Lumimuut akan dapat menghasilkan duta-duta yang mampu bersaing serta mempromosikan segala potensi daerah Kabupaten Minahasa Selatan.

"Jadi harapan kedepan Toar dan Lumimuut yang terpilih nanti akan mampu membawa dan mengangkat nama Kabupaten Minahasa Selatan menjadi daerah yang dikenal, serta menjadi pelopor pemerintah daerah dalam menjalankan berbagai program demi kesejahteraan masyarakat." tutup MEP

Adapun para finalis Toar dan Lumimuut terdapat 20 perserta putra dan putri dari utusan setiap SKPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. (/Ferrowaney)