Minsel, Sulutnews.com -- Bupati Franky Donny Wongkar ,SH bersama Wakil Bupati Petra Yani Rembang Minahasa Selatan dan Sekretaris Daerah (Sekda) Glady Kawatu serta Kepala Dinas Infokom Heybert Weken menerima kunjungan PWI Kabupaten Minahasa Selatan, di ruang kerja Bupati Minsel, Rabu 23 November 2022.

Dimana Kegiatan Workshop PWI Minsel yang di laksanakan beberapa waktu lalu mendapat apresiasi Bupati Minahasa Selatan. Dalam pertemuan ini, Ketua PWI Minahasa Selatan, Maurien Winerungan menyerahkan penghargaan kepada Bupati Minsel karena telah mendukung pelaksanaan kegiatan Workshop Sebagai narasumber, Yang Bertema Profesionalisme Wartawan Dalam Era digital4.0.

Bupati Minsel mengapresiasi pemberian penghargaan ini dan berharap wartawan sebagai pilar keempat demokrasi dapat bersama Pemkab Minsel dalam membangun daerah tercinta ini.
Sementara Ketua PWI Minahasa Selatan Maurien Winerungan mengatakan, alasan pemberian penghargaan ini karena penilaian objektif dari para wartawan atas perhatian dan kepedulian dalam meningkatkan sumberdaya wartawan khususnya di Kabupaten Minahasa..Selatan
Serta membangun komunikasi yang baik dalam menunjang upaya dan kerja wartawan menghasilkan karya jurnalistik atau pemberitaan.

“Penghargaan ini adalah bentuk ucapan terima kasih kami atas komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam menunjang upaya kerja wartawan, memperhatikan kesejahteraan para rekan rekan wartawan di kabupaten ini serta menunjang setiap program yang dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Minahasa Selatan selama ini,” ungkap Winerungan.

(Sel)

Minsel, Sulutnews.com -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar workshop pelatihan jurnalis. Digelar di Aula Mapolres Minsel, pada Jumat (11/11) kemarin.

Workshop tersebut menghadirkan para narasumber yang kompeten serta mempunyai tanggungjawab yang bersinggungan langsung dengan tugas kerja PERS, yaitu Polres Minsel, Kejaksaan Negeri Minsel dan Pemerintah Kabupaten Minsel dalam hal ini oleh Dinas Kominfo serta Ketua PWI Provinsi Sulut.

Semua narasumber memberikan materi terbaik yang memperkuat kapasitas PERS yang ada di Minsel.

Satu kemudian yanh dikutip dari materi yang disampaikan Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan terkait masalah kode etik jurnalis yang sering disepelehkan oleh banyak wartawan. Yaitu terkait hak jawab narasumber.

Disampaikan Lontaan, hak jawab sering kali menjadi tameng bagi wartawan atau pekerja PERS dalam menulis karya jurnalistik.

“Tidak bisa dipungkiri, banyak wartawan yang selalu menjadikan Hak Jawab Narasumber sebagai tameng. Buat beritanya dulu, hantam dulu, baru kalau ada keberatan baru buatkan hak jawabnya. Memang itu diatur, namun alangkah baiknya hal itu tidak kita lakukan. Karena ketika berita naik, pihak yang ada di dalam berita sudah terlanjur terkesan buruk dulu baru keluar berita perbaikannya, hak jawabnya,” ungkap Lontaan.

Dia pun berpesan, agar supaya dalam menulis karya jurnalistik, wartawan selalu mengedapankan Cover Both Side atau berita yang berimbang. “Lebih baik buat berita yang berimbang, jangan jadikan Hak Jawab itu sebagai tameng bagi wartawan untuk membuat karya jurnalistik. Lebih baik hindari itu dan sajikan karya jurnalistik yang Independen, Akurat, Berimbang dan Profesional sesuai kode etik jurnalis dalam UU NO. 40 Tahun 1999,”Pungkasnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Workshop, Ketua PWI Minahasa Selatan Maurien Winerungan mengatakan, pelatihan jurnalis ini sangat penting dilakukan guna menambah pengetahuan serta wawasan sebagaimana peran yang melekat.

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada Polres Minsel yang sudah mensponsori serta memfasilitasi kegiatan workshop PWI ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. Pun Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh narasumber, Pemkab Minsel dalam Hal ini Diskominfo, Kejari dan Ketua PWI Sulut pemberi materi pelatihan juga teman-teman wartawan yang ikuti serta dalam kegiatan ini.

Kedepannya, PWI akan meningkatkan profesionalisme, memperkuat kemitraan, sinergi aktif dengan pihak pemerintah daerah, Kepolisian dan instansi terkait lainnya,” pungkasnya.

(Sel)

Minsel, Sulutnews.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE mengajak masyarakat Sulut termasuk yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk  "Bakobong dan Baternak " untuk antisipasi krisis pangan pada tahun depan 2023.

Hal tersebut dikatakan Gubernur saat menghadiri pelantikan 42 Hukum Tua (Kepala Desa) di Aula Kantor Bupati Minsel Kamis (3/12) sore.

Sebelumnya ditempat yang sama Bupati Minsel Frangky Wongkar SH MH melantik 42 Hukum Tua hasil pemilihan pada 12 Oktober lalu di 42 Desa  pada 14 Kecamatan. Bupati Frangky Wongkar dalam laporanya mengatakan  partisipasi pemilih sekitar 85,76 persen atau sekitar 36.000 lebih pemilih. Sementara itu masih ada  125 Desa belum melakukan pemilihan dan menjadi Pejabat Hukum Tua sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam Pilkades berjalan aman damai berkat kerjasama yang baik semua wargs dan dukungan TNI dan Polri serta Forkopinda Minsel. Hukum Tua diharapkan kerja dan melayani untuk rakyat.

Menurut Gubernur dengan kita Bakobong atau menggalakan sektor petanian di Minsel yang tanahnya subur kita berarti sudah bisa membantu daerah kita agar tidak terjadi krisis pangan. Petani cukup banyak dan lahan subur.

"Hukum Tua harus menjadi ujung tombak dimasyarakat desa untuk mengalakan pertanian atau Bakobong dan Baternak”, ujarnya.

Jadi kita " Sediakan Payung Sebelum Hujan", Ini diartikan bagi kita, "Kita harus antisipasi dengan Bakobong dan Baternak sebelum krisis pangan terjadi agar ketika terjadi kita sudah siap dengan pangan yang cukup”, katanya.

Gubernur menambahkan diprediksi  dari beberapa laporan kemungkinan bulan Agustus hinga September 2023 bisa tejadi. Kita sudah harus siaap. Menanam jagung dan Bawang, Rica dan Tomat (Barito) serta jenis tanaman lainnya itu baik dan cocok didaerah kita apalagi di Minsel.

Untuk Baternak kita minta satu keluarga bisa piara ayam satu ayam jantan (laki) dan ayam tiga ayam betina agar bisa bertelur. Ini selain membantu ekonomi warga juga untuk kesehatan anak balita agar tidak " Stanting" atau Kerdil di Minsel. Hukum Tua harus berperan juga atasi Stanting. Kemudian juga peternak sapi agar ada susu sapi perah." Jadi Bakobong dan Baternak" itu penting sekali bagi kita menghadapi tantangan berat" katanya. Namun terkait Pandemi Covid 19 harus tetap waspada terus karena masih ada saat ini.

Ekonomi Bangkit

Dalam bagian lain Gubernur mengatakan ekonomi Sulut mulai pulih dan bangkit pasca Pandemi Covid 19. Dimana data yang ada Pertumbuhan Ekonomi (PE) kita capai 5,93  persen diatas rata rata nasional.Kemudian juga inflasi dibawah 4 persen dan investasi terus meningkat juga kunjungan wisatawan mulai meningkat dan ekspor juga naik.

Ini bisa terjadi karena dukungan  semua pihak termasuk masyarakat Minsel dan TNI Polri serta aparat pemerintah tokoh tokoh Agama untuk menjaga keamanan tetap rukun dan damai." Kalau aman rukun dan damai  kita bisa membangun dan wisatawan serta investor masuk ekonomi bergerak maju" kata Gubernur.

Bahkan Gubernur mengatakan sektor pertanian kondribusi sekitar 23 persrn untuk PDRB Sulut dan ekonomi. Termasuk pariwisata yang banyak potensinya. Kita harus kerja bersama untuk majukan daerah ini. Banyak selamat buat Hukum Tua dan selamat bekerja.(Fanny)

Minsel,Sulutnews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M. meninjau TMMD ke-115 tahun 2022 di Desa Tondei Kecamatan.Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (31/10/2022).

Untuk memastikan sejauh mana kesiapan prajuritnya dalam melaksanakan kegiatan TMMD ke -115 tahun 2022 di wilayah Korem 131/Santiago, Danrem 131/Stg bersama Kasiter Kasrem 131/Stg Kolonel Kav Dani Hermawan yang didampingi oleh Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy, melakukan peninjauan ke lokasi TMMD di Desa Tondei.

Dandim 1302/Minahasa yang ikut mendampingi Danrem, menjelaskan bahwa dalam kegiatan TMMD ke - 115 tahun 2022, di wilayahnya akan mengerjakan pembuatan jalan, perbaikan sarana ibadah, pembuatan sejumlah sarana fasilitas umum dan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat yang bekerjasama dengan dinas terkait.

Dalam kesempatan meninjau lokasi tersebut, Danrem langsung melihat situasi di lapangan dan Danrem meminta kepada prajuritnya agar dapat bekerja sama dengan masyarakat sehingga sasaran TMMD dapat dikerjakan sesuai rencana dan tepat waktu, Selain itu target yang dicapai agar bisa terlampaui. Semyanya untuk  kepentingan masyarakat,” ungkap Danrem 131/Santiago.

Dalam kesempatan ini Danrem menyampaikan kegiatan TMMD ke - 115 di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan sejauh ini sudah mencapai sasaran yang diinginkan. (**/ARP)

Minsel, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap semua elemen masyarakat Sulut termasuk warga Gereja didalamnya Pria Kaum Bapa ( PKB) GMIM untuk terus menjaga kerukunan,  kedamaian dan persatuan. Serta harus bekerjasama membangun dan mendukung program Pemerintah daerah dalam berbagai bidang untuk kemajuan daerah Bangsa dan negara." Jadi peran PKB GMIM sangat penting dalam menjaga kerukunan, kedamaian dan persatuan "kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat acara HUT ke-60 Pria Kaum Bapa (PKB) GMIM di Lapangan Sam Ratulangi  Di Motoling 2 Kabupaten Minahasa Selatan ( Minsel) Jumat (14/10).

Ibadah HUT yang dirangkaian dengan Lomba Paduan Suara PKB dan Baca Mazmur  diawali Ibadah yang dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt Dr Hein Arina MTh dihadiri Ketua PKB Sinode GMIM Pnt Ir Maurits Mantiri MM yang juga Walikota Bitung, Bupati Minsel Frangky Wongkar SH MH yang juga sebagai Ketua Panitia,   Forkopinda Sulut, Minsel Ketua WKI Sinode GMIM Pnt Dra Fenny Roring-Lumanauw dan sejumlah Bupati Walikota dan Angota DPR - RI, DPD dan DPRD Sulut dan Kabupaten Minsel. Panglima Yosua GMIM James Sumendap SH MH yang juga Bupati Mitra.

Sementara ribuan angota PKB se-GMIM hadir dalam acara dan juga panji Yosua sekaligus membuat jel jel. Sementara peserta lomba sekitar ratusan kelompok paduan suara dari ratusan Jemaat se - GMIM dan dilaksanakan disejumlah Gereja dibeberapa Jemaat hinga Minggu (16/10) nanti.

Menurut Gubernur mengatakan dengan kita menjaga kerukunan dan kedamaian maka daerah ini banyak investor ingin masuk .Bahkan menurut pak Gubernur beberapa waktu lalu sejumlah investor  dari Singapura datang ke Sulut mereka tertarik melihat kondisi alam dan potensi dengan naik sepeda." Kalau daerah aman dan damai maka Investor masuk akan berdampak positif bagi  pembangunan ekonomi daerah kita" katanya.

Memang selama ini daerah Sulut kerukunan sudah berjalan baik.Kita pertahankan dan tingkatkan. Gubernur mengatakan banyak program pemerintah yang kita laksanakan baik penanganan Covid 19 dan juga pembangunan ekonomi sangat baik. Peran Gereja termasuk PKB sangat baik sehinga penanganan Pandemi mulai membaik. Dan juga Pertumbuhan Ekonomi ( PE) kita mencapai 5,93 persen itu karena juga peran kita semua. Kedepan diharapkan terus berperan karena kebersamaan kita penting mengahapi tantangan sangat berat termasuk masalah harga pangan.

Ba Kobong

Gubernur berharap PKB GMIM untuk mengalakan sektor pertanian dengan menanam atau " Ba Kobong". Ini penting. Memang pangan kita cukup untuk daerah kita tapi kedepan harus kita terus tingkatkan karena pengaruh luar. Lahan kita subur dan luas jadi PKB harus menjadi teladan di Jemaat untuk " Ba Kobong"

PKB GMIM juga harus menjadi pelayan di Jemaat terutama dikeluarga agar harmonis dan rukun dan harus ada komunikasi yang baik. Kalau perlu malam mematikan Hanphon  untuk waktu komunikasi dengan Istri dan anak anak.

Gubernur menyampaikan selamat HUT PKB  GMIM Ke-60  dan dengan lomba paduan suara.diharapkan agar tercipa suasana yang harmonis dengan adanya lomba paduan suara. 

Sementara Ketua PKB Sinode GMIM Pnt Ir Maurits Mantiri MM mengatakan, kegiatan lomba ini bertujuan untuk kebersamaan dan menyalurkan bakat dalam bernyanyi.Pasca Pandemi Covid 19 PKB GMIM sudah melakukan berbagai kegiatan dan program PKB untuk menanam dan yang masih produktif bisa menambah anak karena kekurangan warga Sekolah Mingu dan anak sekolah saat ini.

Ketua Panitia Bupati Minsel Frangky Wongkar SH MH  mengatakan HUT PKB GMIM ke 60 dilaksanakan di Sejumlah Jemaat. Dukungan Jemaat dan semua warga di Motoling sangat besar sehinga sukses acara pembukaan. Pantauan Sulutnews.com hinga Jumat (14/10) malam jam 22.30 wita ratusan Paduan Suara mulai berlombah dibeberapa Gereja.(Fanny)

Minsel, Sulutnews.com --- Pemilihan Kepala Desa atau Hukum Tua Desa Tumpaan, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan sukses digelar dengan situasi kondusif, dari 5 calon Hukum Tua Desa Tumpaan Felma Agnes Lumepow, SE satu-satunya calon perempuan yang maju dan bertarung.

Felma Agnes Lumepow, SE nomor urut 2 menang secara signifikan dengan memperoleh suara di masing-masing jaga yaitu Jaga 1 (89 suara), Jaga 2  (51 (suara), Jaga 3 (55 suara), Jaga 4 (55 suara) Jaga 5 (60 suara), Jaga 6 (91 suara) sehingga total perolehan suara sebanyak 401 suara.

"Dengan jabatan yang dipercayakan masyarakat kepada saya,  program kedepan tentu akan tetap melanjutkan pembangunan yang ada di desa ini ini, sesuai deng visi dan misi saya,” ujar Lumepow.

Terpantau oleh media kumtua yang terpilih di Felma Agnes Lumepow diantar langsung oleh puluhan pendukungnya dari kantor hukum Tua desa Tumpaan menuju di gedung Gereja GMIM Alfa Omega Tumpaan untuk di do'akan.

(Sel)

Minsel,  Sulutnews.com --- Sebanyak 42 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengelar pemilihan hukum tua (Pilhut) pada hari ini, Rabu (12/10/2022).

Satu diantara 42 Desa yang melaksanakan Pilhut adalah Desa Ranoketang tua, Kecamatan Amurang yang sukses menggelar pesta demokrasi dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi, serta berjalan aman dan terkendali berkat kesadaran masyarakat yang memberikan dukungan pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Steven Pelleng akhirnya terpilih sebagai hukum tua Desa Ranoketang Tua yang berhasil meraup 238 suara di 2 TPS dari 720 daftar pemilih.

"Banyak selamat buat hukum tua desa Ranoketang tua yang terpilih bapak Steven pelleng, Tuhan Yesus memberkati dan memampukan tugas yang baru, yang telah di percayakan masyarakat desa Ranoketang tua," Ucap Selvi mokodaser salah satu pemilih.

Selvi pun berharap terpilihnya Steven Pelleng yang akan menjalankan tugasnya enam tahun kedepan 2022 sampai 2028, bisa melayani dengan tulus hati, dan memberikan harapan kamajuan untuk pembangunan di desa Ranoketang tua yang kita cintai.

 (Sel)

Minsel, Sulutnews.com --- Lagi – lagi beberapa wartawan online dan cetak di Kabupaten Minahasa Selatan mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan.

Para kuli tinta di Minsel tersebut mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan, saat melakukan wawancara soal beberapa siswa kehilangan barang-barang berupa jam tangan dan handphone serta sejumlah uang. Kejadian tersebut terjadi saat kegiatan upacara bendera, hari Senin (3/10/2022). 

Saat di temui 3 Media yang bertugas di biro minsel, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tumpaan Marien Lintong mengatakan kalau ada siswa dari sekolah lain yang menyusup dan melakukan pencurian di sekolahnya.

"Kejadian tadi pagi saat upacara bendera, pelaku melancarkan aksinya mengambil barang-barang berupa handphone jam tangan dan uang dari beberapa siswa, " kata Marien.

Saat ditanyakan tentang sistem keamanan sekolah Kepsek Marien mengatakan sudah ada satpam disekolah.

Soal kejadian ini, jangankan disekolah sedangkan dirumah ada yang di hipnotis.

"Jangan Anda memojokan kami, sedangkan dirumah anda saja banyak yang ja ba hipnotis, seperti kejadian beberapa waktu di desa saya, " Kata Marien.

Ditanyakan apakah saat itu satpam sekolah dihipnotis dia bilang tidak tahu.

Saat di temui media juga Kepsek kemudian bilang kalau wartawan datang itu hanya untuk minta uang.

"Biasanya wartawan datang konfirmasi pulang minta uang jalan, . Saya tahu kalian mau minta uang nanti saya kasih, " ujar Marien.

Wartawan media Online Sulutnews.com bersama dua wartawan di Minsel dibuat bingung dengan pertanyaan kepsek Marien.

“Tujuan kami hanya untuk melakukan konfirmasi sebab ada laporan warga dan orang tua siswa bahwa ada penyusup yang masuk dan melakukan pencurian di sekolah SMK Negeri 1. Bukan datang minta-minta uang," ucap Isak Mamoto Wartawan Tribun Manado.

“Kepala sekolah itu seorang yang berpendidikan tinggi seharusnya tidak pantas mo bicara bagitu,” ungkap Selang media online lensanusantara.com

Kejadian pencurian tersebut saat ini sedang ditangani pihak kepolisian Polsek Tumpaan.

"Saat ini pelaku sudah diamankan. Sedangkan barang berupa handphone dan jam tangan sudah dikembalikan kepada pemiliknya, " Kata Kapolsek Tumpaan AKP Ricoh Wongkar.

(Sel)

Minsel, Sulutnews.com -- Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang bersama Unsur FORKOPIMDA Minsel, hadir pada Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Hukum Tua serentak di Kabupaten  Minahasa Selatan Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Waleta, Senin, 03 Oktober 2022.

Deklarasi kampanye damai yang merupakan tahapan pelaksanaan pemilihan hukum tua serentak di kabupaten minahasa selatan tahun 2022, Penyelenggaraan agenda ini menjadi bukti nyata transformasi penyelenggaraan pemilihan hukum tua di kabupaten minahasa selatan yang semakin membaik.

Tentunya penyelenggaraan ini telah diamanantkan melalui peraturan perundang-undangan serta regulasi agar dapat diselengarakan dengan penuh integritas, profesionalisme dan akuntabilitas.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan bahwa selaku pemerintah daerah menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada panitia daerah pemilihan hukum tua serentak tahun 2022 kabupaten minahasa selatan. serta semua pihak yang telah mempelopori dan memfasilitasi penyelenggaraan agenda yang sangat strategis ini.

"Bupati juga menghimbau kepada panitia di semua tingkatan dan seluruh calon hukum tua agar dapat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan melaksanakanya sesuai dengan asas jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasiarahasia," Ucap Bupati.

Pada Acara Tersebut Selain Dilaksanakan Penandatanganan Bersama Deklarasi Kampanye Damai Sebagai Langkah Nyata Untuk Menciptakan Penyelenggaraan Pemilihan Hukum Tua Di Kabupaten Minahasa Selatan kemudian dilanjutkan dengan Doa bersama untuk Pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua dan Doa untuk Korban Bencana Kebakaran Pasar 54 / Pemukiman di Kabupaten Minahasa Selatan .

Mengakhiri Sambutan tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH mengingatkan kepada para Calon Hukum Tua untuk menjaga Kesehatan dalam menghadapi Pemilihan Hukum Tua Serentak di Kabupaten Minahasa Selatan yang akan di gelar Bulan Oktober ini dan mari bersama kita menjaga Keamanan dan ketertiban didaerah kita masing - masing, Pungkas Bupati FDW.

(Sel)

Minsel, Sulutnews.com --- Camat Amurang Rommy F Rumagit, S.Sos. diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Minahasa Selatan, menggantikan Hendri Palit, SH., berlangsung di ruang rapat lantai Empat, Senin (03/10/2022)

Pengukuhan Dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah / Janji Jabatan Pimpinan tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minsel yang di lantik langsung Oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan ucapan selamat kepada para ASN yang telah dilantik dan mengingatkan untuk menjalankan Tugas dan Tanggung Jawab dengan baik.

"Harus dipahami dan diyakini jika Kinerja bagus tentu akan ada Penilaian yang bagus karna pada Hakikatnya Jabatan yang dimiliki untuk mempertahankan dan mendapatkan Promosi itu tergantung pada Kinerja ASN itu Sendiri," Ujar Bupati FDW.

Sementara itu Plt Kepala Satpol PP Minsel, Rommy Rumagit mengaku siap mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang, S.Th,.

“Saya siap mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh Bupati dan wakil bupati, Saya akan menjalankan tugas ini sesuai aturan dan tupoksi. Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati atas kepercayaan yang diberikan,” ujar Rumagit.

(Sel)