Minsel, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu menghadiri undangan Dirjen Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti, Kamis, (14/11/2019) di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kementrian Keuangan.

Kehadiran Bupati Tetty Paruntu didampingi oleh Kepala BPKAD Melky Manus dan Sekretaris Dinas PMD Altin Sualang, dengan tujuan sosialisasi transfer ke daerah dan dana desa TA. 2020. bersama

Dalam sambutan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menyampaikan tahun 2020 merupakan tahun yang penting karena merupakan awal dari tahun RPJMN 2020-2024, serta kondisi keuangan global mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Dimana kondisi ekonomi global saat ini sedang melemah sehingga Menteri Keuangan mendorong agar APBN/APBD dibelanjakan secara berkualitas, anggaran harus multiplikasi atau multiplayereffect sehingga mampu memberi dampak serta dapat menopang perekonomian Nasional.

Sementara Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdulah menyampaikan Apresiasi atas kinerja Kementrian Keuangan dan berharap sumber pendapatan seperti pajak mendapat perhatian dari seluruh komponen bangsa Indonesia.

Dalam penyampaian Bupati Christiany Eugenia Paruntu, melalui Kepala Bagian Humas dan Protokoler Altin Sualang, yang juga Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengatakan, "Setiap SKPD harus mampu menyusun anggaran yang pro rakyat, disamping itu, pendapatan daerah harus mampu dimaksimalkan." jelasnya. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Rabu, 13 November 2019, bertempat di Sentul International Convention Center, Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Forkopimda dengan tema "Indonesia Maju".

Adapun rapat tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Usai pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi panel dari para Pimpinan Lembaga dan Para Menteri.

Informasi yang diperoleh media ini, melalui Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kabupaten Minahasa Selatan Altin Sualang, bahwa senantiasa Bupati Christiany Eugenia Paruntu sangat merespon positif pelaksaan rakor ini.

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan Nasional dalam mewujudkan visi/misi Bpk Presiden dan Wakil Presiden, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan akan terus bersinergi dan berkomitmen mejalankan program-program sesuai amanah dan ketentuan yang berlaku.

"Jadi dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan akan mendukung penuh segala kebijakan Nasional apa terlebih Visa dan Misi Presiden dan Wakil Presiden." tandas  nya

Hadir pula bersama Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, yaitu Kapolres Minsel, Kajari dan Dandim Minahasa. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Tumpaan, Kapolsek Tareran, Kapolsek Ratatotok dan Kapolsek Amurang.

Upacara sertijab 4 (empat) Kapolsek ini dilaksanakan di gedung aula Polres Minsel, Kamis siang (07/11/2019), dihadiri oleh seluruh pejabat utama, perwira, personel jajaran, ASN, Pengurus Cabang dan para Ketua Ranting Bhayangkari Minsel.

Kapolsek Tareran kini dijabat oleh AKP Maxi Jansen, menggantikan Iptu Muhammad Amri yang dimutasikan sebagai Kapolsek Bintauna, Polres Kotamobagu. AKP Maxi Jansen dahulunya bertugas di Dit Binmas Polda Sulut.

Kapolsek Tumpaan dijabat Iptu Karel Efraim Lasut, menggantikan Iptu Duwi Galih, SIK, yang dimutasikan sebagai Kasat Lantas Polres Mitra. Iptu Karel Efraim Lasut sebelumnya bertugas di Biro SDM Polda Sulut.

Kapolsek Ratatotok kini dijabat oleh Iptu Stenly Korua, menggantikan Iptu Charles Lumanauw yang dimutasikan sebagai Kasubbag Pers Bag Sumda Polres Minsel. Iptu Stenly Korua sebelumnya bertugas di Bag Sumda Polres Minahasa.

Kapolsek Amurang dijabat oleh Iptu Mochamad Nandar, SIK, menggantikan AKP Edi Suryanto, SH, SIK, yang dimutasikan sebagai Kasat Reskrim Polres Bolmut. Iptu Mochamad Nandar, SIK, sebelumnya bertugas di Dit Reskrimum Polda Sulut.

Kapolres Minsel dalam sambutannya mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan Polri, sebagai sarana penyegaran organisasi serta pengembangan karier personel.

“Mutasi jabatan juga sebagai wujud berjalannya dinamika organisasi dalam rangka penyegaran dan promosi personel, serta merupakan konsekuensi dari tuntutan reformasi menuju Polri yang profesional, modern dan terpercaya,” ujar Kapolres.

Kepada pejabat lama, Kapolres menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih dalam upaya memajukan organisasi Polres Minsel. “Dan kepada para pejabat yang baru diminta untuk langsung menyesuaikan dengan lingkungan penugasannya. Berikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Kapolres.

Upacara sertijab ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, dan Ketua Bhayangkari Cabang Minsel Ny. Tari Winardi, kepada para Kapolsek yang dimutasikan keluar dari lingkungan Polres Minsel. (ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Permasalahan yang terjadi mengenai AKD, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Paulman Runtuwene menyampaikan bahwa, pada hari Jumat, 01 November 2019 menerima Surat Permohonan untuk dilaksanakan Paripurna pada tanggal 4 November 2019 mengenai AKD ke sekretariat DPRD dari ke 3 Fraksi yaitu :  PDIP, Demokrat dan Primanas.

Dan surat tersebut dari sekretariat DPRD meneruskan ke Pimpinan DPRD untuk dimintakan disposisi dari Pimpinan Dewan. Kemudian surat dari ke tiga Fraksi tersebut sudah didisposisi oleh Wakil Ketua Steven Lumowa, selanjutnya mendisposisi surat tersebut untuk meminta kepada Sekretaris Dewan agar memfasilitasi Rapat Paripurna tanggal 04 Oktober 2019.i

"Sementara saya sendiri, mendisposisikan ke 3 surat permohonan tersebut untuk meminta kepada Sekretaris Dewan agar memfasilitasi pertemuan/rapat Pimpinan DPRD terlebih dahulu guna membahas rencana Paripurna sesuai permohonan surat dari ke 3 Fraksi tersebut, untuk mengambil kesepakatan antar pimpinan agar melaksanakan jadwal paripurna." ujar Paulman.

Lanjutnya, begitu juga dengan Ketua Dewan DPRD Minsel Jenny J. Tumbuan, memberikan disposisi agar mengagendakan rapat Pimpinan terlebih dahulu, sehingga agenda paripurna dapat dilaksanakan sesuai mekanisme.

Sehingga dibuatlah jadwal rapat pimpinan  oleh sekretariat pada hari senin 4 November 2019 jam 13.00 wita, yang berlokasi di ruangan Ketua DPRD.

"Saya menunggu Wakil Ketua Steven Lumowa pada jam jadwal rapat pukul 12:50 Wita, sesuai Agenda yang di buat oleh sekretariat DPRD. Tapi sangat di sayangkan, saya menunggu hingga jam 14:10 Wita, Pak Wakil Steven Lumowa tak kunjung hadir, dan sebaliknya malah memimpin Rapat yang katanya Paripurna yang di hadiri oleh ke tiga Fraksi tersebut." tukasnya.

Ia menambahkan, padahal sebagai Pimpinan DPRD Minsel, kita memiliki Agenda rapat Pimpinan Resmi yang di jadwalkan secara Sah oleh Sekretariat Dewan Kabupaten Minahasa Selatan. (ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan, menggelar paripurna penetapan pimpinan definitif, sekalian pengambilan sumpah/janji Pimpinan Dewan periode 2019-2024, yang berlangsung, Selasa (15/10/2019), di ruang sidang Paripurna.

Pengambilan sumpah pimpinan definitif oleh Ketua Pengadilan Negeri Amurang Royke Ingkiriwang, yang dibaca langsung oleh Sekertaris dewan Joines Langkun, sesuai keputusan dari masing-masing partai serta perolehan kursi.

Adapun keputusan untuk menempati kursi Wakil Ketua I DPRD oleh Fraksi PDI Perjuangan Stevanus Lumowa, Wakil Ketua II DPRD oleh Fraksi Partai Nasdem Paulman Stevanus Runtuwene dan pada posisi Ketua Dewan masih tetap dipegang oleh Jenny Johana Tumbuan dari Fraksi Partai yang berlambangkan Pohon Beringin.

Sebelumnya rapat ini di pimpin langsung oleh pimpinan sementara yaitu Ibu Jenny Johana Tumbuan dan Steven Lumowa, berdasarkan acuan pada surat putusan dan rekom yang di terima dari masing masing partai.

Ketua Dewan definitif, Jenny J. Tumbuan mengatakan, memang pengesahan sekaligus pengambilan sumpah/janji ini harus di laksanakan karena surat mengenai penetapan dan pengesahan pimpinan definitif akan segera di sampaikan ke Gubernur Sulawesi Utara dan akan di teruskan ke Menteri Dalam Negeri.

Sambutan Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang diwakili Asisten II Decky Keintjem mengatakan, sehubungan dengan pegesahan/pengambilan sumpah janji, sekaligus  pelantikan Pimpinan Dewan Kabupaten Minahasa Selatan periode 2019-2024. "Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, serta secara pribadi mengucapkan selamat buat Ketua Dewan terpilih Jenny Johana Tumbuan dan Wakil Ketua I Stevanus Lumowa serta Wakil Ketua II Paulman Stevanus Runtuwene yang sudah di percayakan untuk kedepan memberikan yang terbaik bagi daerah Kabupaten Minahasa Selatan." ujarnya.

dikatakan lagi, biarlah dengan jabatan yang baru ini, kita akan jalankan sesuai dengan amanah dan mekanisme serta dengan pimpinan Tuhan Yang Maha Esa akan menjadi perpanjangan tangan bagi masyarakat, dalam mengedepankan kesejahteran rakyat di Minahasa Selatan.

Sementara Wakil Ketua II Dewan Kabupaten Minahasa Selatan Paulman Stevanus Runtuwene usai pelantikan mengatakan, bahwa, tanggungjawab yang di berikan oleh masyarakat, sepenuhnya adalah kewajiban bagi kami Partai Nasdem dalam mengedepankan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Minahasa Selatan. "Saya pribadi bersama Fraksi Partai Nasdem, akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Minsel. Apa yang menjadi aspira masyarakat akan kami upayakan dan hadirkan, agar kedepan benar-benar kesejahteraan masyarakat bisa terpenuhi." jelas Paulman.

Ia menambahkan, secara pribadi menyampaikan terima kasih untuk Fraksi Partai Nasdem yang di Ketuai oleh ka Maykel Sengkey, di temani juga oleh ka Alek Kumaat dan ka Laddy Langi, atas kebersamaan yang telah diberikan. "Semoga bersama Partai Nasdem kita semua akan bergandeng tangan dalam menjalankan amanah yang sudah dipercayakan rakyat Minahasa Selatan." pungkas Runruwene.(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Amurang Kabupaten Minahasa Selatan mendapat sorotan dan protes dari Warga sekitar. Pasalnya abu pembakaran batu bara dinilai mencemari lingkungan.

Kepada media ini, seorang warga yang tinggal disekitar PLTU Amurang mengaku bahwa benar abu pembakaran yang ada di PLTU Amurang tersebut telah menggangu aktifitas mereka, bahkan imbasnya kesehatan mereka sering terganggu.

"Memang dari pihak PLTU sudah melakukan kunjungan kepada kami warga disini, namun tidak respon apa-apa. Kami bermohon ada perhatian dari pihak PLTU, karena memang sudah ada warga terganggu kesehatannya, baik itu orang desawa dan anak-anak" jelasnya melalui via telepon. Rabu, (2/10/19).

Iapun menjelaskan, kedatangan pihak PLTU Amurang, akibat dirinya telah melakukan postingan di media sosial facebook aktifitas PLTU Amurang yaitu foto abu pembakaran batu bara yang memang dinilai mencemari lingkungan sekitar.

"Jadi kunjungan pihak PLTU Amurang, hanya karena ada keluhan warga sekitar lewat potingan dimedia sosial. Dan mereka meminta kami agar menghapus potingan tersebut, dengan janji akan melakukan pemeriksaan kesehatan, bagi warga sekitar." pungkasnya.

Ia menambahkan, bahwa sudah hampir dua tahun tinggal di sekitar PLTU Amurang, tidak ada kontribusi apapun yang diberikan pihak PLTU kepada kami. Hanya saja menurut warga lain mereka hanya mendapatkan barang berupa sembako. (ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan, bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintah, ormas serta sejumlah eleman masyarakat, dalam rangka menopang pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, khususnya Pemerintah Desa Teep, melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. Jumat, (4/10/19).

Ketua PWI Minsel Douglas Panit menyampaikan, Pers Biro Minsel bukan hanya melakukan kontrol sosial namun juga melakukan edukasi kepada masyarakat sehingga dalam menjaga lingkungan sekitar termasuk pesisir pantai sebagai upaya menopang program pemerintah dalam hal ini menopang pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Minahasa Selatan.

"Tentunya, menjadi harapan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencintai lingkungan, menjaga lingkungan, menjaga kebersihan pantai dan laut dengan harapan dapat menjadi tempat wisata yang dapat meningkatkan income bagi masyarakat sekitar." tukas Panit.

Sementara itu, Penjabat Hukum Tua Desa Teep Ivana Sangian mengatakan bahwa kegiatan pembersihan pantai Teep adalah dalam rangka pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Minsel, dan khususnya di Desa Teep.

Kegiatan ini pula, mendapat dukung dari PWI Minsel. Keterlibatan PWI dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Minsel didalamnya Desa Teep, salah satunya untuk memotivasi masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan, membersihkan lingkungan pantai dan laut.

"Dukungan PWI Minsel, adalah memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Teep, untuk senantiasa menjaga kebersihaan lingkungan, menopang pemerintah daerah khususnya pengembangan destinasi wisata." tutup Sangian.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wartawan Minsel, Pemdes dan Warga Teep, Kesbangpol Minsel, Waraney Kilometer 3, KPLH Desa Sapa, Tagana Minsel, Karang Taruna Minsel, LSM LAKI Minsel, WBP Lapas Amurang, PT Global Coconut Indonesia, PT Tri Mustika Cocominaesa, Siswa dan Guru SMPN 4 Amurang Barat. (ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, melalui Dinas Kesehatan membawa pesan-pesan dan himbauan untuk hidup sehat.

Sejumlah pesan dan himbauan itu, di tampilkan pada pamflet, banner dan spanduk dengan tulisan mengajak masyarakat hidup sehat, seperti (stop merokok, pilih sehat bukan rokok) dan sebagainya dalam kegiatan pawai pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan yang dilepas oleh Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Kepada media ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr. Erwin Scouten mengatakan, HUT RI ke-74 tahun merupakan momen yang pas untuk mengingatkan masyarakat, agar selalu gunakan pola hidup sehat.

Lanjutnya sesuai program pemerintah dipusat maupun daerah dengan slogan “Ayo hidup sehat,” merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan.

“Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia terlebih dikabupaten Minsel, apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat." pungkas Scouten sambil menambahkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun, "SDM Unggul Indonesia Maju" (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Momen yang luar biasa, pada peringatan HUT RI ke-74 tahun, disela-sela kegiatan pawai pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu dengan respon cepat turun tangan angkat sampah.

Dari pantauan media ini, Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wongkar bersama Forkopimda, saat berada di panggung utama secara spontan turun dari panggung dan langsung mengangkat sampah plastik disekitaran panggung dan lapangan.

Dari aksinya tersebut, sontak membuat seluruh jajaran, para peserta pawai dan masyarakat turut bersama-sama mengangkat sampah. Bahkan tidak hanya dihalaman kantor bupati saja, aksi tersebut dilakukan sampai depan, pinggiran dan pila-pila jalan depan kantor bupati.

"Kita selalu di ingatkan untuk serius, peduli dan perhatikan masalah sampah. Marilah semua lapisan masyarakat Minahasa Selatan, kita ciptakan dan raih kondisi lingkungan yang bersih sehat dan indah. Mulai dari Pusat-pusat pelayanan masyarakat seperti kantor-kantor, pasar, toko-toko, sungai, pantai dan halaman rumah kita." ungkap Bupati CEP.

Tambahnya, sampah sudah menjadi permasalahan, nasional bahkan internasional. Menjadi perhatian kita, untuk saling mengingatkan bahkan memberi motifasi, agar nantinya dapat mengantisipasi permasalahan sampah, dimasing-masing wilayah khususnya Minahasa Selatan.(/Ferrowaney).

Minsel, Sulutnews.com - Kemeriahan HUT RI ke-74 tahun Kabupaten Minahasa Selatan terus digelar. Kali ini Bupati Christiany Eugenia Paruntu membuka sekaligis melepas Pawai Pembangunan di kantor DPRD Minsel, Senin (19/8/19).

Dalam pelepasan tersebut Bupati Christiany Eugeni Paruntu, didampingi oleh Wakil Bupati Franky Donny Wongkar bersama, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan serta Forkopimda Minsel, dengan finis kantor Bupati Minahasa Selatan.

Disela-sela kegiatan Pawai Pembangunan, Bupati Tetty Paruntu mengatakan, ini adalah suatu anugerah bagi bangsa Indonesia didalamnya Kabupaten Minahasa Selatan, dimana menjadi momen yang berbahagia seluruh masyarakat boleh menikmati Hari Kemerdekaan ke-74 tahun.

"Untuk itu, marilah kepada segenap masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, membangunan SDM yang kuat, serta mendukungan penuh program pemerintah baik dipusat, provinsi dan kabupaten, sehingga apa yang kita harapkan bersama itu boleh diraih, karena SDM Unggul Indonesia Maju." ungkap CEP.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan pawai pembangunan ini, akan terus mempersatukan seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, juga memperlihatkan hasil-hasil diberbagai bidang, serta berbagai ciri khas Kabupaten Minahasa Selatan. (/Ferrowaney)