1009_banner_bawaslu1.jpg

Minsel, SulutNews.com -- Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui juru bicaranya, dr. Erwin Schouten membantah kalau Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Informasi ini disampaikannya kepada sejumlah wartawan di halaman Kantor Bupati Minsel, pada Selasa (22/9/2020).

"Tidak benar kalau Kantor DPRD Minsel itu klaster penyebaran Covid-19," ungkap Schouten.

"Memang ada beberapa pegawai di DPRD Minsel yang positif Covid-19, hasil Screening Test secara mandiri oleh Tim Gugus Tugas pada bulan kemarin. Namun perlu diluruskan, setelah menjalani isolasi Mandiri selama 22 hari dan selalu diawasi oleh Puskesmas setempat sampai hari selesai isolasi, mereka tidak ditemukan gejala," katanya.

Ia pun menjelaskan untuk melanjutkan aktivitas di Kantor DPRD Minsel, ruang-ruangannya pun sudah Desinfeksi oleh petugas.

Dikesempatan terpisah, Sekwan DPRD Kabupaten Minsel, Joins Langkun saat dihubungi lewat telepon mengatakan setelah dirilis aman oleh Dinas Kesehatan, maka pegawai sudah bisa masuk kantor.

"Pegawai akan masuk kantor seperti biasa, tentu dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Kedepan ada beberapa agenda yang akan dilakukan di DPRD Minsel," pungkas Langkun.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. telah menerbitkan Maklumat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

Ada 4 (empat) poin yang ditekankan dalam maklumat Kapolri ini, yang diterbitkan pada tanggal 21 September 2020, bernomor MAK/3/IX 2020:

1. Utamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi protokol kesehatan.

2. Wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

3. Pengerahan massa tidak melebihi batasan yang ditetapkan penyelenggara Pemilihan.

4. Selesai kegiatan agar membubarkan diri dengan tertib.

"Bapak Kapolri secara resmi telah mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020. Ditekankan bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi," ungkap Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK, pada Selasa pagi (22/9/2020).

Menindaklanjuti Maklumat Kapolri ini, Kapolres Minsel mengajak warga yang akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) untuk memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 atau Virus Corona.

“Pilkada ini jangan sampai menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Tetap disiplin terapkan protokol kesehatan. Usai kegiatan, agar segera bubarkan diri dengan tertib, pulang ke rumah masing-masing. Hindari arak-arakan, konvoi massa atau sejenisnya,” imbau Kapolres.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kecelakaan lalulintas (Lakalantas) maut terjadi di jalan antara Desa Wakan dan Desa Kumelembuai, Kabupaten Minahasa Selatan, pada Senin (21/9/2020) sekira pukul 15.40 Wita.

Lakalantas tersebut melibatkan 1 (satu) unit kendaraan jenis minibus Toyota Avanza nomor polisi DB 1681 BI, yang masuk ke dalam jurang.

Kronologis kejadian yang dirilis Humas Polres Minsel mengatakan bahwa Lakalantas berawal saat kendaraan Toyota Avanza yang dikemudikan oleh lelaki Hezky Kairupan (38), melaju dari arah Manado menuju Desa Kinamang, hilang kendali dan masuk jurang sedalam kurang lebih 500 meter.

Kendaraan diketahui membawa 2 (dua) orang penumpang yaitu perempuan Leila Saerang (35) dan Ketlin Ponamon (55), keduanya warga Desa Kinamang.

Akibat Lakalantas tunggal ini, Hezky Kairupan dan Leila Saerang, meninggal di lokasi kejadian.

Kapolsek Motoling Iptu Mulyadi Lontaan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian Lakalantas maut ini.

“Korban meninggal dunia 2 (dua) orang merupakan pasangan suami istri. Untuk korban atas nama Ketlin Ponamon, telah dibawa ke Puskesmas Motoling kemudian dirujuk ke RS Kalooran Amurang,” terang Kapolsek.

Terpantau sejumlah personel Polsek Motoling bersama warga membantu proses evakuasi para korban Lakalantas.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Penatua dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS, tampil anggun dengan balutan gaun berwarna kuning saat datang menyapa para pendukung pasangan calon (Paslon) Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) dan Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) se-Kecamatan Tenga, di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Datang pada Senin (21/9/2020) di Desa Tawaang Timur, Kecamatan Tenga, ibu dua anak itu terlihat memukau dengan senyuman yang manis menyapa semua pendukung dan masyarakat yang ditemui di sepanjang jalan yang dilalui Paslon MEP-VT.

Menyempurnakan gayanya, ia mengenakan sebuah arloji dengan sepasang anting dan tampil dengan rambut yang diikat sederhana, Michaela Paruntu menjadi sorotan masyarakat di setiap tempat yang dikunjunginya.

"Selalu tampil sederhana, tidak akan membuat kita minder dan merasa rendah diri. Bagi saya, tampil sederhana asalkan kita merasa nyaman, itulah yang terbaik," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minsel ini.

Untuk diketahui, setiap gerak-gerik perempuan yang menjadi istri Wakil Ketua DPRD Minsel James Arthur Kojongian ini kerap jadi perhatian, termasuk busana yang dikenakan.

"Saya lihat ibu MEP dapat membuktikan jika dirinya mampu tampil memukau, meski dengan sederhana. Ibu juga mampu memadukan busana yang dikenakan sehingga tetap berkelas dan tidak memberikan kesan murahan serta salah kostum," kata Rifke Solang.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Saat cobaan datang menghampiri kehidupan manusia, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah berdoa.

Pesan ini, disampaikan calon Bupati Minahasa Selatan (Minsel), dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS saat mengunjungi Andre Lembong, seorang warga Desa Tangkuney Kecamatan Tumpaan, yang sementara ditimpa kesusahan, pada Minggu (21/9/2020) malam.

"Tenang, itu pasti sembuh. Yakini dan imani itu, karena hati yang gembira adalah obat," ungkap Micha Paruntu yang adalah Penatua Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM.

Tak hanya itu, sebagai seorang dokter ia melihat bahwa tanda-tanda kesembuhan sudah jelas terlihat.

"Dalam kondisi Andre seperti saat ini, istirahat dan jangan dulu dipaksakan. Tunggulah proses penyembuhan, baru bisa terus berlatih untuk memulihkan kondisi," pesannya.

Ia pun memberikan pesan yang menguatkan kepada Keluarga Lembong-Waraba, serta mendoakan Andre Lembong.

Karena baginya, Tuhan selalu mendengarkan doa yang kita panjatkan, Dia tak pernah memberikan yang buruk untuk umat-Nya.

"Saat tidak ada yang benar-benar mengerti kesulitan yang kamu hadapi, Tuhan lah satu-satunya yang mengerti dan bersedia mendengarkan kapan pun kamu berdoa kepada-Nya. Percayalah kekuatan Doa mengalahkan segalanya," pungkas Michaela Paruntu.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Bupati yang mengerti apa yang menjadi kebutuhan rakyat kecil patut disematkan kepada sosok Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu.

Betapa tidak, di tengah wabah Virus Corona yang melanda Indonesia petugas kebersihan Minsel menerima kucuran dana subsidi upah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini karena sekitar 90-an orang petugas kebersihan Minsel dibawah bidang persampahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minsel, telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2019.

Informasi ini diperoleh wartawan SulutNews.com dari Kepala DLH Minsel, Roi Sumangkut, pada Sabtu (19/9/2020).

"Dimasukannya para petugas kebersihan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah cerdas Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel), yg ditindaklanjuti oleh DLH Minsel lewat penganggaran premi sejak 2019," ungkap Roi Sumangkut.

Ia mengatakan karena itulah di tahun ini, dengan keluarnya kebijakan Presiden untuk memberikan bantuan subsidi upah melalui BPJS Ketenagakerjaan, para petugaspun telah menerima kucuran dana dimaksud dengan nilai Rp. 1.200.000 (untuk 2 bulan).

Para petugas kebersihanpun mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Minsel yang telah mengikutsertakan mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya pribadi dan mewakili teman-teman petugas kebersihan Minsel mau mengucapkan terima kasih ke ibu Bupati Tetty Paruntu. Lewat Ibu Tetty dan pak Kadis Roi Sumangkut, kita petugas kebersihan boleh mendapatkan bantuan ini," kata Alex Tandayu, pengawas dan petugas kebersihan Amurang Timur.

"Karena dengan adanya Covid-19 ini, kita memang sangat kesulitan. Ini akan sangat membantu kebutuhan keluarga kita sehari-hari," tambahnya.

Untuk diketahui, tahun lalu pimpinan BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Minsel melalui DLH Minsel atas didaftarkannya para petugas kebersihan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat itu dilakukan pula penyerahan kartu anggota oleh Bupati Tetty Paruntu dan pimpinan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagaimana informasi, Kabupaten Minahasa selatan adalah satu-satunya di Sulawesi Utara (Sulut) dimana petugas kebersihannya menerima bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Janji Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi para tenaga harian lepas (THL) yang bekerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, akhirnya terwujud.

Hari ini, Jumat (18/9/2020), Bupati Christiany Paruntu dan kepala cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Hendrayanto, menandatangani perjanjian kerjasama antara BPJS ketenagakerjaan dengan Pemkab Minsel.

Kerjasama tersebut adalah untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para THL di lingkungan Pemkab Minsel.

"Saya melihat, keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu mitigasi dalam menghadapi kondisi saat ini," tutur Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel).

"Melihat begitu besarnya manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, maka hari ini saya mendaftarkan seluruh THL Pemkab Minsel ke BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 200 paket bahan pokok dari BPJS, penyerahan santunan jaminan Kematian peserta BPJS dan penyerahan kartu kepesertaan BPJS bagi THL Pemkab Minsel TMT Oktober 2020.

Hadir bersama dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel Denny Kaawoan, SE. MSi, kepala dinas Ketenagakerjaan Drs.Soni Maleke, kepala dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten dan BPKAD Kabupaten Minsel.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu hadir pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Minsel.

Rakor digelar pada Jumat (18/9/2020), bertempat di lantai 4 kantor Bupati Minsel.

Tampil memberikan pemaparan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel Rommy Sambuaga dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) MinSel Eva J.G Keintjem.

Dalam sambutannya, Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel) mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyelaraskan langkah dan pemahaman dalam upaya penanganan dan pemberantasan covid-19. Dan apresiasi kepada berbagai pihak yang terus berupaya dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini.

"Untuk menindaklanjuti intruksi Presiden, saya telah mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Ini sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus desease 2019," ungkap Bupati Tetty Paruntu.

Ia berharap, menghadapi agenda Pilkada penyelenggara Pemilu telah mempersiapkan sistem dan metode yang sesuai dengan protokol kesehatan tanpa menghilangkan azas Pemilu.

Tampak hadir berbagai instansi terkait dan unsur Forkopimda Minsel, diantaranya Kapolres AKBP Norman Sitindaon SIK, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Andi Sinaga, Kejari Minsel I Wayan Eka Miartha SH, MH, dan Ketua PN Amurang Harold Inkiriwang SH.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Ada fenomena menarik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2020, dimana pasangan calon (Paslon) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT), menjadi lawan tangguh bagi petahana.

Betapa tidak, dalam sejumlah konsolidasi dan pelantikan tim pemenangan di sejumlah lokasi tampak ribuan massa hadir memberikan dukungan kepada pasangan calon yang telah menjadi idola baru masyarakat Minsel.

Hal inipun terlihat, saat dilakukan pelantikan tim pemenangan di Kecamatan Maesaan, pada Rabu (16/9/2020).

Kehadiran MEP-VT langsung diarak massa pendukung sejak memasuki Kecamatan Maesaan menuju lokasi kegiatan di Desa Liningaan dan disambut antusias masyarakat disepanjang jalan yang dilaluinya.

"Saya adalah pendatang baru, kita akan melawan petahana. MEP-VT akan melawan calon petahana," ungkap Micha Paruntu (sapaan akrab calon Bupati Minsel ini).

"Kalau melawan calon petahana, berarti mereka yang lebih kuat daripada kita. Berarti kita harus ingat, jangan terlena tetap kita harus bekerja sungguh-sungguh. Saya minta semua tim pemenangan itu harus bisa bekerja sama," pintanya.

Ia mengharapkan setiap tim bisa bekerja sama dan menjaga integritas.

"Namun sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, segala sesuatu kita berusaha sebaik mungkin tapi jangan lupa kita membawa segala pekerjaan didalam Doa. Karena saya sungguh yakin dan percaya, Doa yang kita sampaikan kepada Tuhan, Tuhan pasti dengar," pesan Paruntu.

Ia begitu yakin bahwa kemenangan MEP-VT bukan lagi cita-cita tapi sebuah visi yang kita akan lihat kedepan.

"Jargon #OrangBaik itu jangan cuma sampai ke Calon, tetapi tim pemenangan kami harus juga melekat dengan jargon ini. Tidak susah menjadi orang baik, semua orang bisa menjadi orang baik asalkan kita melakukan segala sesuatu dengan tulus iklas," pungkas Micha Paruntu.

Dikesempatan yang sama Julian Mandey selaku Ketua Bappilu Partai Golkar kepada tim mengatakan untuk bisa menjadi orang baik.

"Berbicara, berkomunikasi dimanapun kita pergi dan berada, berkampanyelah secara positif tentang sosok kedua figur kita dan kita akan meraih kemenangan," ungkap Mandey.

Untuk diketahui, Paslon MEP-VT didukung oleh Partai Golkar, PAN, Demokrat dan Nasdem, dimana di DPRD Minsel meraih 18 kursi dari 30 kursi yang ada. Sedangkan calon petahana yang adalah Wakil Bupati Minsel didukung oleh PDIP dan Partai Perindo.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT), disambut secara meriah saat hadir di Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kehadiran pasangan calon (Paslon) yang diusung Partai Golkar, PAN, Demokrat dan Nasdem di Pilkada Minsel ini, pada Rabu (16/9/2020), dalam rangka melaksanakan pelantikan tim pemenangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) dan MEP-VT Kecamatan Maesaan di Desa Liningaan.

Dari pantauan wartawan SulutNews.com, kehadiran kedua Paslon ini tampak disambut para pendukung sejak memasuki perbatasan Kecamatan Maesaan dan diarak menuju ke lokasi kegiatan.

Ketua Partai Golkar Kecamatan Maesaan, Robby Maindoka mengatakan bahwa kehadiran MEP-VT telah menjawab kerinduan masyarakat.

"Pasangan yang kami banggakan hari ini boleh hadir turun menyapa masyarakat di Kecamatan Maesaan. Tadi tim pemenangan sudah dilantik dan kami yakin dengan kekompakan tim, elektabilitas CEP-Sehan dan MEP-VT akan semakin baik dan naik," ujar Maindoka.

Saat ditanya berapa besar target kemenangan yang bisa diraih dalam Pilkada nanti, Maindoka sangat optimis kemenangan besar akan diraih.

"Kemenangan sudah pasti, suara CEP-Sehan dan MEP-VT dapat diraih sebesar 60 - 70 persen di Kecamatan Maesaan," katanya.

Ia sangat yakin, di Kecamatan Maesaan kedua pasangan ini akan bisa memperoleh kemenangan besar.

Terpantau, ribuan massa pendukung baik tua maupun kaum milenial tampak hadir memberikan dukungan dalam kegiatan hari ini.

(TamuraWatung)