Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE menghadiri Acara Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan, yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa Selatan, Senin (13/5/19) Gereja GMIM KOINONIA Ranomea.

Kehadiran Bupati Tetty Paruntu didampingi langsung oleh Ketua PMI Minsel dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS, bersama Kepala Dinas Kesehatan. Pada kesempatan itu pula, Bupati Tetty Paruntu mendonorkan darah sebanyak 300 cc.

Dalam sambutannya Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting bagi masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Karena disamping kita membantu orang lain, dapat juga memberi kesehatan bagi para pendonor.

"Dengan mendonorkan darah, kita sudah membantu dan menyelamatkan nyawa manusia. Setetes banyak jiwa yang tertolong. Mari saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Minsel, untuk ikut berpartipasi dalam Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan, yang merupakan wujud nyata pelayanan kemanusiaan." ujar Bupati Tetty

Ia menambahkan, sebagai pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Selatan, sangat mendukung kegiatan yang bertujuan pelayanan kemanusiaan. Dengan begitu apa yang diharapkan masyarakat dalam hal kebutuhan darah dapat teratasi, serta benar-benar terpenuhi demi keselamatan banyak orang.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Minahasa Selatan dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS, menyampaikan terima kasih atas atensi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam Baksos, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan kali ini.

"Terima kasih buat Ibu Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang sudah mendukung acara ini, serta ikut mendonorkan darah. Tentunya ini merupakan suport bagi PMI Minsel untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minahasa Selatan." pungkasnya. (/ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, menegaskan dan memperingatkan kepada anggota jajaran Polres Minsel yang terbukti melakukan tindak pidana atau pelanggaran kode etik profesi Polri, maka akan diberi tindak tegas sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Minsel saat menanggapi adanya berbagai postingan status di media sosial (Medsos) yang banyak beredar konten berisi mendiskreditkan kinerja Kepolisian.

“Untuk segenap jajaran Polres Minsel telah berkomitmen untuk bersih dari segala bentuk pelanggaran dalam hal ini yang berkaitan dengan mekanisme pelayanan kepolisian. Jika ada anggota yang melanggar akan kami tindak tegas sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ungkap Kapolres.

Kepada segenap warga, Kapolres Minsel meminta agar segera melaporkan apabila merasa tidak puas dengan pelayanan Kepolisian, khususnya di kantor Polres maupun tingkat Polsek Minsel, apalagi merasa dirugikan oleh anggota Polres Minsel.

“Bila kurang puas dengan pelayanan kami, ataupun merasa dirugikan, diancam, diperas, dimintai uang, segera laporkan. Kami jamin, laporan tersebut akan langsung ditindaklanjuti dan anggota yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik akan ditindak tegas sesuai prosedur yang diatur undang-undang yang berlaku,” tegas AKBP Winardi Prabowo.

Kapolres juga mengingatkan agar warga bijak dalam menggunakan media sosial, dengan tidak sembarangan menulis status atau membagikan suatu konten yang belum pasti kebenarannya.

“Jangan sembarangan menulis status di media sosial misalnya di Facebook, Instagram, Twitter, atau lainnya. Kita sudah punya UU ITE, sanksi hukumnya jelas dan tegas. Jadi diimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Ingat, Media Sosial itu ruang publik bukan ruang Privat,” imbau Kapolres. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Lelaki EM alias Ervin (34), warga Desa Radey, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, penyebar konten ‘Hoax’ via media sosial Facebook yang mengatakan bahwa Polres Minsel meminta uang sebesar 50 juta rupiah, akhirnya harus berurusan dengan Polisi.

Pasalnya EM memposting status dishare di salah satu grup Facebook yang menyebutkan bahwa Polres Minsel meminta uang agar pamannya yang terjerat tindak pidana sajam serta membuat keributan, dapat dibebaskan.

Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, yang dikonfirmasi langsung di ruang kerjanya pada Kamis (09/05/2019), mengungkapkan bahwa pihaknya akan memproses postingan ‘Hoax’ yang merugikan institusi Kepolisian ini.

“Karena yang ditulis di status tersebut adalah ‘Polres Minsel’, itu berarti mulai Kapolres sampai jajaran dibawahnya. Ini adalah postingan ‘Hoax’ dan tentunya sangat merugikan serta mencemarkan nama baik intistusi Polres Minsel. Kami akan proses sesuai dengan ketentuan UU ITE (Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik),” ungkap Kapolres.

Ditemui terpisah, Kasat Reskrim Polres Minsel AKP Arie Prakoso, SIK, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memanggil dan memeriksa yang bersangkutan. “Yang bersangkutan telah kami panggil dan kami periksa terkait postingannya tersebut. Untuk kasus ini akan terus kami lakukan pendalaman,” ungkap AKP Arie.

Terpantau dalam akun Facebook milik Lelaki EM alias Ervin telah menyatakan permohonan maaf kepada segenap jajaran Polres Minsel, mulai dari unsur Pimpinan hingga anggota, atas postingan statusnya tersebut. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-23 tahun, menggelar upacara dihalaman kantor bupati, dengan inspektur upacara Sekretaris Daerah Minahasa Selatan Drs. Denny P. Kaawoan SE, M.Si.

Sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo yang dibacakan Sekda Minsel Denny P. Kaawoan SE, M.Si mengatakan, berkenaan dengan hari OTDA ke 23, sebagai tema tahun, meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif, yang merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu terkait dalam peringatan Hardiknas, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy menyampaikan, dimana saat ini peserta didik kita didominasi oleh generasi yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Hal ini harus dimanfaatkan pihak sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yakni keluarga, sekolah dan masyarakat, yang harus saling mendukung dan menguatkan.

Peringatan Hardiknas Kabupaten Minahasa Selatan patut disyukuri. Karena mendapat perhatian penuh Pemkab Minsel dibawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu dan Franky Donny Wongkar, SH. Tentunya tak perlu diragukan lagi, dengan berbagai terobosan dilakukan diantaranya peningkatan kapasitas guru, pemberian bea siswa, bantuan peralatan sekolah serta hal lainnya sudah diberikan.

 "Dalam Peringatan Hardiknas kali ini, Minsel patut berbangga dimana saat ini 2 orang guru sementara mengikuti olimpiade guru di Jakarta serta para siswa yang terus berprestasi dan pada bulan depan Minsel siap mengikuti kompetisi lomba untuk tingkat Propinsi dam Nasional." pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat/Penghargaan bagi guru dan siswa, siswi yang berprestasi. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Dr. Christiany Eugenia Paruntu, SE menyerahkan Laporan Keuangan T.A 2018 di kantor BPK-RI perwakilan Sulawesi Utara Jln 17 Agustus Manado.

 

Acara penyerahan tersebut di hadiri langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE bersama kepala daerah lainnya. Dalam penyerahan Bupati Minsel Tetty Paruntu didampingi oleh Sekda, Kepala BPKAD, dan Inspektorat.

 

Dari informasi yang diperoleh media ini, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Altin Sualang mengatakan, bahwa Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu optimis Kabupaten Minahasa Selatan raih opini WTP.

 

"Perjuangan untuk mendapatkan opini WTP memang tidak mudah, tapi dengan komitmen yang tinggi dan kerja keras seluruh SKPD, kita yakin minsel bisa." ungkapnya.

 

Lanjutnya mengatakan, Bupati juga mengingatkan SKPD untuk serius dan kerja keras, bahwa pengelolaan keuangan dimulai sejak perencanaan, jangan hanya fokus pada pelaporan, tapi sejak perencanaan kita harus teliti agar terjadi sinkronisasi antara perencanaan sampai pada pelaporan. (*/Advetorial/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-16 Kabupaten Minahasa Selatan, Pemkab Minsel melaksanakan upacara bendera di halaman kantor bupati, Senin (28/1/19).

Upacara peringatan Hari Jadi ke-16, sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati (Wabup) Minsel, Franky Donny Wongkar, SH dan Camat Tatapaan Meylisa Aring, STTP sebagai Pemimin Upacara.

Kabag Pemerintahan Tusrianto Rumengan mengawali dengan penyampaian sejarah Kabupaten Minsel dengan memaparkan awalnya terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan.

Amanat Bupati Minsel Dr. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang dibacakan Wakil Bupati Franky Wongkar, SH mengatakan hari ini merupakan momen yang berbahagia bagi kita pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minsel. Dimana kita bisa mengenang sejarah  berdirinya Kabupaten Minsel. Sejarah adalah guru kehidupan.

“Tentunya dengan peringatan ini, kita perlu melihat kembali apa yang kita berikan untuk daerah kita yang tercinta ini. Dalam merespon perjuangan para pejuang, sekaligus mengintrospeksi serta merefleksi apa yang telah kita perbuat bagi Kabupaten Minahasa Selatan,” jelas Wongkar

Dengan memperingati Hari Jadi Kabupaten Minsel ke-16 tahun, tentunya mempertegas kembali komitmen kita, dalam membangunan sinergitas serta kebersamaan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Minahasa Selatan, mencapai Kabupaten hebat dan terdepan.

“Dengan semangat membangun, kiranya seluruh komponen masyarakat yang ada bisa bergandengan tangan untuk terus menjadikan Minsel menjadi Kabupaten yang hebat dan terdepan." pungkasnya.

Hadir dalam upacara ini, Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo SIK, Kajari Minsel I Wayan Eka Miartha SH, MH, Sekdakab Minsel Denny Kaawoan SE, MSi, Dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo. Anggota DPRD Minsel, Kepala OPD serta seluruh jajaran Pemkab Minsel. (*/Advetorial/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE menghadiri sekaligus membuka kegiatan Jambore Karang Taruna Minsel 2019, di Kecamatan Motoling, Jumat (22/3/19).

Adapun kegiatan pembukaan tersebut di dampingi oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Minahasa Selatan Franky Pasla dan Ketua Umum pelaksana kegiatan Adrian J. Paruntu.

Dalam sambutannya, Bupati Tetty Paruntu, berharap akan tercipta kader Karang Taruna yang tangguh, sekaligus mampu membina hubungan yang harmonis dan kuat diantara para kader baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, maupun Provinsi.

"Karang Tarnuna di tuntut agar mampu mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, membangun usaha yang mandiri serta mengembangkan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi kader Karang Taruna secara terarah dan berkesinambungan." ujar CEP.

Lanjutnya mengatakan, untuk peserta Karang Taruna khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan, mari kita bersama-sama menjaga alam sekitar kita, menjaga kebersihan lingkungan, hindari pemakaian bahan plastik sekali pakai, serta saling menopang dan mendukung seluruh program pemerintah khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan.

Pada kesempatan ini pula, sebagai pemerintah, diharapkan kita bersama-sama menyukseskan Pemilu 2019, agar berjalan dengan aman, tentram sesuai mekanisme yang berlaku.

Ia menambahkan, turut prihatin dan mendoakan korban banjir di Sentani, korban longsor di Bolmong serta daerah-daerah di seluruh Indonesia yang mengalami bencana alam.

Turut hadir Ketua Koni Minsel James Arthur Kojongian, Camat Motoling, serta seluruh peserta Karang Taruna di masing-masing Desa di Kabupaten Minahasa Selatan. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) terkait Kehumasan dan Keprotokolan ke Kabupaten Minahasa Selatan, Kamis (21/3).

Rombongan disambut Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Minahasa Selatan Altin Sualang, SSTP, MAP didampingi dengan Kasubag Humas Hesky Karundeng, SH di ruang kerja Kabag Humpro Minsel.

Kabag Humas dan Protokol Setda Minahasa Drs. Moudy Pangerapan, MAP melalui Kasubag Acara dan Tamu, Daine Lantang  mengatakan tujuan kunjungan ini adalah untuk ajang silturahmi dan membandingkan pelaksanaan penyelenggaraan tugas pemerintah iian di bidang hubungan masyarakat dan keprotokolan di lingkungan Pemkab Minahasa .

"Kunker ini juga dalam rangka peningkatan kapabilitas aparatur penyelenggara tugas pemerintahan di bidang hubungan masyarakat dan protokol, disamping itu ingin mendapat informasi lebih kaitan penerapan kerjasama humas dengan media masa, dan kaitannya keprotokolan," ungkap Lantang yang dalam kunjungan kerja ini bersama Kasubag Protokol Aril Wowor didampingi staf Vummy Lasut dan Sharon Mangindaan.

Sedangkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Minsel, Altin Sualang, SSTP, MAP mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan Bagian Humas dan Protokol Pemkab Minahasa merupakan suatu kehormatan bagi Bagian Humas Pemkab Minsel.

Sualang sependapat, saling tukar menukar informasi bagaimana mengelola kehumasan merupakan cara yang tepat agar informasi yang diterima tidak bias atau menjadi multi persepsi.

"Apa yang kami terapkan disini, itu yang kami sampaikan kepada teman teman dari Humpro Minahasa, kerena saling tukar informasi bagaimana mengelola kehumasan dan keprotokolan sangat penting yang tentunya untuk meningkatkan kapasitas dan tepat fungsi agar informasi tidak menjadi munti persepsi," ungkap Sualang yang juga masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Minsel. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Sekretariat DPRD Minahasa Selatan mengikuti Workshop Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se-Provinsi Sulut tahun 2019 di Hotel Sutanraja Kotamobagu (9-10 Maret).

Kegiatan diikuti seluruh staf  ASN dan Pegawai THL Set DPRD Kabupaten Minsel.

Dimana acara tersebut diawali dengan Bimtek tentang Penguatan Tugas Sekretariat DPRD se-Sulawesi Utara dan dilanjutkan dengan kegiatan olahraga di kompleks kantor DPRD Kota Kotamobagu.

DPRD Minahasa Selatan berpartisipasi dalam beberapa cabor yg di perlombakan dengan melibatkan Pegawai ASN dan beberapa tenaga honor. Adapun kegiatan Forkom dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu yang merupakan agenda tahunan.

DPRD Minahasa Selatan diberbagai Cabor yang diikuti banyak meraih juara diantaranya di Cabor Bulutangkis Ganda Putra meraih pertama, Cabor Tarik Tambang Putra dan Putri meraih juara tiga, Cabor Tenis Meja tunggal putra juara tiga, Tenis meja ganda putra juara 2, Tenis meja ganda putri juara 3 dan Voli ball Mix juara 3.

Berikut daftar Cabang Olahraga yang diikuti oleh Sekretariat DPRD Minahasa Selatan Beserta hasil lengkap pertandingan Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se-Sulut Tahun 2019.

– Cabor Bulutangkis ganda putra

  1. DPRD Minsel
  2. DPRD Bolmut
  3. DPRD Tomohon

 

– Idol

  1. DPRD Boltim
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Tomohon

 

– Cabor Tarik Tambang Putra

1.DPRD Sulut

  1. DPRD Tomohon
  2. DPRD Minsel

 

– Cabor Tarik tambang Putri

  1. DPRD Bitung
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

– Cabor Catur

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Sulut

 

– Cabor Voli ball Mix

  1. DPRD Bolsel
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

– Cabor tenis meja tunggal putra

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Minsel

 

– Tenis meja tunggal putri

  1. DPRD Tomohon
  2. DPRD Sulut
  3. DPRD Sulut

 

– Cabor tenis meja ganda putra

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Minsel
  3. DPRD Bitung

 

– Cabor tenis meja ganda putri

  1. DPRD Sulut
  2. DPRD Tomohon
  3. DPRD Minsel

 

(/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE terus melakukan trobosan-trobosan dalam dalam meningkatkan sentra perekonomian diwilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Kali ini, Bupati Tetty Paruntu melakukan pertemuan sekaligus kerjasama pengembangan kelapa bersama dengan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih, di Hotel Sutan raja Amurang. Selasa (26/2/19)

Pada kesempatan itu Wibawaningsih mengaku sangat terpukau dengan potensi kelapa yang dimiliki Kabupaten Minsel. Iapun memuji kepiawaian Bupati Tetty Paruntu yang merupakan duta kelapa, dimana lewat upaya dan kerja kerasnya, sehingga mendapat perhatian langsung dari Kementrian Perindustrian RI.

"Saya kagum dengan potensi kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan. Untuk itu akan dijadikan ‘Pilot’ Projek Pengembangan IKM industri kelapa terpadu. Dan kali pertama dilaksanakan di daerah Nyiurmelambai." ungkapnya.

Lanjutnya, walaupun daerah lain di Sulawesi Utara (Sulut) juga penghasil kelapa, namun Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga kami tetapkan Minsel menjadi daerah sentra ekselen kelapa.

"Memang selain Minsel Gorontalo sempat menjadi nominator pengembangan industri kelapa. Hanya saja, salah satu pertimbangannya adalah, Minsel memiliki pelabuhan dan bisa langsung diekspor." jelasnya sambil menambahkan akan membantu IKM-IKM di Minsel.

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutan mengatakan, berterimakasih Kementrian Perindustrian, terlebih Ibu Dirjen yang sudah bekerjasama dalam peningkatan di bidang kelapa. Dengan harapan kedepan Minsel akan tetap mendapat prioritas dalam pengembangan Industri Kecil Menengah khususnya pengelolaan Kelapa.

"Tentunya saya pribadi bersama jajaran Pemkab Minsel, sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga tak lepas upaya dan kerja keras kita bersama, sehingga projek ini akan hadir di Minsel. Terimakasih kepada Ibu Dirjen. Saya harap ini akan terjalin terus-menerus, dan kedepan Minsel tetap diprioritaskan dalam pengembangan IKM," pungkas Bupati Tetty Paruntu. (/Ferrowaney)