Pemkab Minahasa Mulai Salurkan Bansos Berupa Sembako Senilai 12.5 Miliar

Written by  Adrie Palit Apr 07, 2020

Tondano, Sulutnews.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM mulai menyalurkan bantuan sosial kepada 20.834 Kepala Keluarga yang terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Melalui Sekretaris Daerah Frits R. Muntu, S.Sos didampingi Asisten Pemerintahan dan Pembangunan  Dr. Denny Mangala, MSi, asisten perekonomian dan pembangunan Ir. Wenny Talumewo, bansos ini mulai diserahkan kepada camat, Selasa 7 April 2020 di wale ne tou Tondano.

Menurut menurut Frits Muntu, Bantuan sosial ini akan diberikan kepada masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, “Tukang ojek, Kusir Bendi, Supir, buruh harian, Keluarga PDP serta keluarga ODP. Dan mereka yang termasuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kecuali Program Keluarga Harapan (PKH),” kata Muntu.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa, Denny Mangala, yang juga hadir pada penyerahan bansos mengatakan data penerima bantuan diambil berdasarkan Base Data Terpadu (BDT), “Penyaluran berdasarkan by name by address berdasarkan BDT dari dinas sosial. Jadi penerima bantuan ini tidak bisa diganti,” terangnya.

Mangala juga mengungkapkan, masih banyak warga Minahasa yang terdampak Covid-19 belum masuk basis data terpadu di tahap pertama. “Warga yang belum mendapat bantuan di tahap pertama akan dapat di tahap dua, tapi mereka yang masuk basis data terpadu,” pungkasnya.

Sementara itu untuk bantuan akan di berikan secara bertahap dan dimulai tahap satu pendistribusian mulai hari Selasa 7 April 2020. Terkait penyerahan akan dilakukan sesuai mekanisme. “Untuk mengantisipasi penumpukan massa, proses distribusi akan dilakukan dengan sistem berjenjang dari Pemerintah Kecamatan ke Pemerintah Desa, dan akan didistribusikan oleh Kepala Jaga ke masyarakat yang sudah didata sesuai ketentuan yang berlaku,” tutup Mangala.

Sebanyak 104,2 ton beras, 20.834 liter minyak goreng 20.834 baki telur, 10.417 dos mie instan dan ribuan paket vitamin. Akan dikemas 5 Kg Beras, 20 Bungkus mie instan, 1 Baki Telur, 1 Kg Minyak Goreng dan Vitamin untuk dibagikan per KK dari jumlah 20,800 KK.

Sebagai informasi, Pemkab Minahasa telah menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk bansos. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Pemkab Minahasa terhadap masyarakat yang terdampak virus corona.(/PH)

Last modified on Wednesday, 08 April 2020 13:30