Sekda Muntu Dan Jajaran Bahas Penanganan Covid-19 Dengan Mendagri Melalui Vcon

Written by  Adrie Palit Apr 08, 2020

Tondano, Sulutnews.como – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dibawah pimpinan Sekretaria Daerah Frita R Muntu SSos, membahas masalah penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri-RI) Prof Dr Tito Karnavian, melalui Video Conference (Vcon), Rabu (08/04) pagi, di Kantor Bupati, Tondano.

Sejumlah pejabat Pemerintah RI yang hadir dalam video conference bersama Menteri Tito Karnavian di Jakarta, Ketua KPK RI, Ketua BPK RI, dan Ketua LKPP RI.

Mendagri mengatakan bahwa krisis pandemi ini adalah krisis terbesar dan terluas yang pernah ada. Pandemi ini terbesar di Indonesia karena hampir semua Provinsi terkena Pandemi Covid-19.

“Dampak yang terjadi, kita menghadapi persoalan kesehatan dan berdampak juga pada ekonomi. Namun, bila ekonomi jatuh, tentu akan berpengaruh dalam kita menghadapi persoalan kesehatan ini. Yang paling merasakan adalah sektor pariwisata dan ekonomi mikro,” kata Tito.

Pengaruh pada pendapatan di sektor pajak pun sangat dirasakan menurut Tito. Sehingga, kata dia, hal ini juga berpengaruh pada berkurangnya pendapatan Pemerintah Pusat, yang dirasakan sampai ke daerah.

“Kita dihadapkan dengan krisis kesehatan dan juga akan menjadi krisis ekonomi, krisis sosial dan krisis keamanan. Saya telah mengeluarkan Instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2020, tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19, di lingkungan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

“Kita semua harus meningkatkan kapasitas kesehatan, membantu dunia usaha untuk tetap hidup, termasuk industri, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semua pihak yang terlibat dalam proses pengadaan barang dan jasa wajib mematuhi etika pengadaan, refocusing dan realokasi anggaran, dimana harus dilakukan secara cermat sesuai dengan prioritas yang sudah ditetapkan, tetap memperhatikan kelengkapan administrasi dan harus transparan,” pungkasnya.

Turut hadir mengikuti Vcon ini diantaranya, Inspektur Daerah Minahasa Ir Alva Montong, Kepala BPKAD Drs Hanes D Wagey MBA, Kepala BPBD Nofry Lontaan ST, Kepala Dinas Sosial Royke Kaloh SH, Kepala Dinas PUPR Teddy Lumintang ST, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Maya Kainde SH MAP, Kepala Bagian Umum Lona Wattie SSTP dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Daudson Rombon ST.(/Ap)

Last modified on Thursday, 09 April 2020 10:15