Modernisasi Pertanian Minsel, Bupati Tetty Paruntu Hadirkan Petinggi Kementan RI

Written by  Ferro Waney Apr 06, 2018

Minsel, Sulutnews.com - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam memajukan pertanian terus diupayakan. dibawah pimpinan Bupati Dr (Min) Christiany Eugenia Paruntu, SE, Jumat (6/4/2018), Pemerintah daerah, menerima kunjungan sejumlah petinggi dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Adapun kegiatan tersebut didampingi Kepala Dinas Pertanian Minsel Ir. Frans Tilaar, Sekretaris Dinas Pertanian Ronald Paath, Kabid Holtikultura dan Tanaman Pangan Allbrian Rantung, SPt, MSi dan Kabid Prasarana dan Sarana Augus Sumajow.

   

Informasi yang didapat media ini, kunjungan pejabat Kementan RI adalah Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc selaku Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura, DR. Prayudi, selaku Kabag Kebijakan dan Program Biro Perencanaan Kementan RI, serta yang datang terakhir adalah Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI, DR Sumarjo Gatot Irianto. Kunjungan tersebut dalam rangka modernisasi pertanian, mulai dari menanam Cabe di Green House, Panen Padi Ladang, menanam Padi Ladang, dan menanam jagung melalui modernisasi pertanian.

Mewakili Menteri Pertanian RI, Prihasto Setyanto, mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Mihasa Selatan di bawah pimpinan Bupati Tetty Paruntu dalam mengembangkan dan memajukan pertanian di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja serta upaya Bupati Tetty Paruntu dalam melakukan lobi ke pemerintah pusat. Tentunya tidak sia-sia, hasilnya begitu banyak bantuan yang datang di Minahasa Selatan, seperti alat-alat pertanian, benih serta dana-dana, untuk kemajuan pertanian yang ada”, tukas Prihasto Setyanto.

Iapun mengakui, sangat mengagumi Kabupaten Minahasa Selatan yang memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Dimana tanah Minahasa Selatan memliki potensi yang menjanjikan dalam menggali dan mengembangkan bidang pertanian.

   

Sementara itu Bupati Tetty Paruntu mengajak kepada seluruh masyarakat petani Minsel untuk membantu dan menopang dalam doa dalam menunjang kerja pemerintah memajukan kesejahteraan petani serta bidang lainnya demi kemajuan Kabupaten Minahasa Selatan.

“Tanah kita subur, punya SDM, ditambah bantuan dari pemerintah pusat, saya yakin hasil dari Minahasa Selatan dapat menjadi lumbung untuk Sulawesi bahkan Indonesia”, ujar Bupati Tetty Paruntu.

Dengan adanya keseriusan Bupati Tetty Paruntu dalam membangun sektor Pertanian di Kabupaten Minsel, maka Kementrian Pertanian RI akan mendukung penuh dan berperan aktif menunjang program-program pemerintah Kabupaten Minsel.

Adapun kegiatan yang dilakuan dalam rangka modernisasi Pertanian di Minsel adalah:

  1. Penanaman cabe dalam Green House yang menandai dimulainya pemanfaatan Green House yang dibangun dengan dana APBD 2017.
  2. Panen padi ladang sebagai upaya mendukung program swasembada beras dan kedaulatan pangan.
  3. Pencanangan gerakan moderenisasi pertanian dengan memanfaatkan alat dan mesin pertanian bantuan Kementan RI yang dikelola dalam bentuk Brigade Alsintan Kabupaten Minsel.
  4. Pemeriksaan kesehatan reproduksi ternak sapi dan Inseminasi buatan dalam rangka upaya khusus sapi indukan wajib bunting (SIWAB). (Advetorial/ferrowaney).
  5. Tatap muka dengan masyarakat petani se-Kabupaten Minsel dilanjutkan dengan penyerahan bantuan benih dan Alsintan kepada kelompok tani. (Advetorial/ferrowaney)
Last modified on Wednesday, 25 April 2018 05:20