Foto : Nampak beberapa pemerhati dan penggiat budaya sedang membersikan coretan di situs cagar budaya Watu Pinawetengan Foto : Nampak beberapa pemerhati dan penggiat budaya sedang membersikan coretan di situs cagar budaya Watu Pinawetengan

Taroreh Ajak Masyarakat Pelihara Situs Watu Pinawetengan

Written by  Adrianus RP Apr 05, 2021

Minahasa, Sulutnews.com-  Watu Pinawetengan Minahasa merupakan situs cagar budaya megalitikum berupa sebuah batu berukuran besar memanjang berbentuk unik dengan tulisan dan torehan di atasnya. Orang Minahasa mempercayainya sebagai situs yang sangat bersejarah dan berpengaruh besar bagi peradaban masyarakat Minahasa.

Situs Cagar Budaya Watu Pinawetengan ini terletak di Desa Pinabetengan, Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Namun baru-baru ini situs cagar budaya kebanggaan orang Minahasa ini  dicoret-coret dengan batu kapur oleh oknum yang tak bertanggung jawab, Senin (5/4).

Senin, (05/4), Penggiat Budaya Minahasa Rinto Taroreh, yang aktif di bergai penyelamatan situs bahkan pendidikan budaya Minahasa, sangat menyayangkan aksi yang tidak terpuji yang terjadi situs watu pinawetengan tersebut.

Taroreh, menuangkan rasa kekecewaannya terhadap oknum tak bertanggung jawab itu di halaman Facebook pribadinya.

"Stop Kejadian Seperti Ini !"

Taroreh, berharap dengan postingan ini bisa menggerakan hati semua pemerhati bahkan penggiat budaya bukan hanya di mulut.

"Ini contoh kecil, kalo bilang mo jaga berarti berbuat sesuatu" ujar Taroreh

Tambahnya, kalau ada situs rusak cepat diperbaiki jangan baku-baku tunggu apalagi mo serakan tanggung jawab kepada pemerintah" harap Taroreh.

Diketahui Taroreh beserta kawan-kawan pemerhati budaya minahasa langsung sesegera membersikan coretan di Watu Pinawetengan tersebut. (Adrian)