Sulutnews

Sulutnews

DPRD Sulut Himbau Dinas Terkait Tak Persulit Kelompok Tani Manado, Sulutnews.com - Potensi lahan yang didukung oleh profesi petani dilingkup organisasi gereja khususnya komisi PKB GMIM, memiliki prospek baik untuk diberdayakan. Terkait hal tersebut Anggota Komisi 2 DPRD Sulut Ferdinand Mangumbahang berharap, dinas Pertanian dapat memberdayakan potensi tersebut dengan memfasilitasi kelompok pertanian dengan memberikan pendampingan. Menurutnya program bantuan yang ada sebaiknya diberdayakan lewat kelompok tani Pria Kaum Bapa. "Agar tepat sasaran, maka penyaluran bantuan sebaiknya diberikan kepada kelompok tani yang bernaung dibawah organisasi gereja, dan ini pasti berhasil sebab sudah banyak contoh yang mampu mengembngkan pertanian lewat kelompok yang bernaung dibawah organisasi gereja," kata Mangumbahang. Juga kata politisi Gerindra ini, luncuran program bantuan pemerintah pusat yang dikhususkan bagi bidang pertanian dapat menjadi solusi bagi peningkatan pendapatan masyarakat untuk itu dharapkan penyalurannya tidak dipersulit." Bantuan bagi kelompok tani sangat dibutuhkan, guna membangun ekonomi rakyat, dan itu sinkron dengan tujuan nawacita presiden Jokowi yang membangun dari desa," kata Mangumbahang. Dalam kaitan program bantuan bagi kelompok pertanian, komisi 2 DPRD Sulut mendorong agar dinas terkait dapat menyalurkannya kepada kelompok tani yang benar-benar membutuhkan. (/josh tinungki)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE, Ak. menghadiri dialog Pemerintah Kota Tomohon bersama perangkat kelurahan dan linmas se Kota Tomohon bertempat di Aula Anugerah Hall, Rabu (4/7).

Walikota  mengatakan bahwa dalam rangka persiapan Tomohon International Flower Festival 2018, maka dimintakan kepada seluruh perangkat kelurahan dan linmas se-Kota Tomohon untuk mendukung semua kegiatan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan TIFF 2018.

"Dimana  harus menjadi tuan rumah yang baik dalan penyelenggaraan TIFF 2018, karena akan banyak tamu wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang nantinya akan berkunjung di Kota Tomohon" ujar Eman.

Dengan adanya Dialog ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan dan piagam kepada lulusan peserta diklat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Palembang yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dan juga penyerahan insentif perangkat kelurahan dan linmas.

Turut hadir, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Tomohon Dra. O D S Mandagi, Kasat PolPP AKBP Nico Pangemanan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon  Masna J M Pioh, SSos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr. Juliana D Karwur, MKes MSi, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus E Mogi, Kabag Pemerintahan Setda Kota Tomohon Ronald J F Kalesaran, SE, Kebag Umum Setda Kota Tomohon Christo Kalumata, SSTP, Camat Tomohon Timur Josias F Makalew SPt, Camat Tomohon Tengah Sjerly Bororing SP MM SIP dan para perangkat kelurahan dan linmas se Kota Tomohon.(/Prise)

Manado, SulutNews.com-Persiapan panitia pelaksana kegiatan Perkemahan Kreatif Remaja se Sinode GMIM yang akan digelar mulai 29 Juni - 3 Juli 2018 di jemaat eklesia Tatelu Rondor sudah rampung dan saat ini sementara dalam persiapan pembuatan tenda dari peserta perkemahan yang sudah mendaftar. Terkait kegiatan yang rencana pembukaan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey tersebut, adalah bagian dari pelayanan yang diprogramkan oleh Komisi Remaja Sinide GMIM dalam menghimpun generasi muda gereja untuk membiasakan diri melakukan hal-hal positif agar selalu mawasdiri ditengah perkembangan jaman sekarang ini.

"Sudah ada 8031 orang peserta yang sudah mendaftar untuk ikut serta dalam kegiatan perkemahan," jelas Pantouw. Juga dijelaskan Anggota DPRD Sulut ini, dalam kegiatan perkemahan kali ini, panitia bersama komisi remaja Sinode GMIM telah merangkum sejumlah kegiatan kreatif yang tentunya bermanfaat bagi remaja gereja peserta, sehingga sepulangnya dari kegiatan perkemahan mereka dapat mendapatkan pengalaman yang berharga untuk dipraktekan dalam mengisi setiap tugas dan aktifitas mereka setiap hari." Pengenalan terhadap lingkungan hidup, pendidikan katakter, juga tentunya berbagai kegiatan terkait edukasi bagi remaja gereja dalam menghadapi perkembangan diera milenia sekarang ini,"kata Pantouw.

Dalam kaitan perkemahan tersebut untuk acara pembukaan akan digelar pada hari Sabtu 29 Juni 2018, mulai jam 03:00 sore lewat ibadah bersama.(Josh Tinungki)

Manaado, Sulutnews - Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sulut Senin (25/06/2018) kemarin menggelar rapat guna membahas sejumlah agenda kerja yang akan segera dituntaskan. Terkait rapat tersebut kepada wartawan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw mengatakan agenda rapat Banmus dilaksanakan untuk membahas sejumlah agenda penting dimana harus dilakukan penyesuaian.

"Ada sejumlah perubahan sebagaimana peraturan pemerintah pusat, sehingga dipandang perlu untuk menyusun kembali draf yang sudah ada agar terjadi kesesuaian," kata Angouw.

Menurutnya sejumlah penyesuaian yang dilakukan diantaranya, penyesuaian Tatib dengan aturan yang baru yang sebelumnya berdasarkan PP Nomor 16/2010 tentang Pedoman Tatib, dan sekarang berdasarkan PP Nomor 12/2018 tentang Pedoman Tatib.

Untuk Penyesuaian Tatib berdasaran aturan yang baru ini, disepakati akan dibentuk Pokja (Kelompok Kerja) DPRD.

Juga penetapan dua Ranperda yang baru, yakni Ranperda Pelaksanaan APBD 2017 dan Ranperda Perubahan Perda Nomor 4/2016 tentang OPD." Terkait beberapa perubahan tersebut rencananya akan dilaksanakan paripurna penyampaian pada Kamis (28/6) dan besoknya dilanjutkan dengan Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi, " jelas Angouw.

Juga Angouw memgatakan terkait JAMKRIDA, diinformasikan harus disesuaikan dengan peraturan baru dan akan dikonsultasikan bersama Pemprov ke lembaga terkait di Jakarta. Hadir pada rapat tersebit Wakil Ketua Stevanus Vreke Runtu (SVR), Marthen Manopo, dan sejumlah anggota Banmus diantaranya, Edison Masengi, Cindy Wurangian, James Tuuk, Fanny Legoh, Judy Moniaga, Billy Lombok, Dirk Makagansa, Nori Supit, Rita Lamusu.(Josh Tinungki)

Minahasa, Sulutnews.com – Komisi kategorial PK/B Wilayah Sonder menggelar Ibadah Bersama yang dihadiri ratusan jemaat dan anggota PK/B yang datang dari 13 jemaat GMIM di Wilayah Sonder.

Pada pelaksanaan ibadah yang yang dirangkaikan peletakan batu pertama pembangunan pastori jemaat GMIM Imanuel Sendangan Sonder tersebut, dipimpin Pdt Caterine Mewoh Ering MTh, dalam khotbanya yang diambil lewat pembacaan Alkitab Mazmur 71:17- 24 menyampaikan agar Cinta menjadi dasar dalam peran sebagai warga gereja untuk dapat menjadi manusia yang bermutu serta memiliki kwalitas iman dalam mengisi kehidupan yang dianugrahkan Tuhan bagi kita umat yang percaya.” Injil bisa sampai ke tanah Minahasa yang dibawa oleh para misionari, karena mereka Cinta agar firman Tuhan dapat disebarkan agar banyak jiwa yang diselamatkan, semua karena cinta PK/B hadir dan melaksanakan ibadah bersama untuk bersaksi bagi kemuliaan nama Tuhan,” kata Pdt Ering.

Hadir juga Kepala Biro Hukum Pemprov Sulut DR Grubert T Ughude SH MH mewakili Gubernur, Anggota DPR-RI Djendri Altin Kentjem, Pnt Alfa Pandey Anggota Komisi PK/B Sinode GMIM tersebut menjadi momentum penting sebagai bentuk tanggungjawab pelayanan Komisi PK/B Wilayah dalam bentuk Ibadah bersama. ” Patut disyukuri karena kebersamaan PK/B diwilayah sonder begitu nampak yang ditunjukan lewat pelaksanaan ibadah bersama dan ini dapat menjadi model yang perlu dibagikan kepada komisi PKB di wilayah yang lain dalam menjabarkan tri logi pembangunan gereja yakni Bersaksi, Bersekutu dan Melayani,” kata Pnt Alfa saat membawakan sambutan mewakili Ketua PK/B Sinode GMIM.

Pada kesempatan tersebut juga digelar lomba Kesenian dan Olahraga, dimana dalam lomba Bintang Vokalia yang berhasil menjadi juara 1 utusan PK/B jemaat GMIM Yerusalem Kolongan Atas,atas nama Bapak Kiky Pandeirot, Juara 2 utusan PK/B jemaat GMIM Mahanaim Sawangan atas nama Bapak Pdt Hendrik Kainama dan Juara 3 utusan PK/B Jemaat GMIM Imanuel Tincep atas nama Bapak Jerry.

Sementara untuk lomba Tenis Meja juara 1 dari Jemaat Baitlahim Kauneran, juara 2 jemaat imanuel Tincem dan juara 3 dari jemaat Ebenhaezar Timbukar.

Dan untuk lomba lari estafet 5 Kilo Meter yang mendapatkan juara 1 utusan Jemaat Baitlahim Kauneran, juara 2 utusan jemaat EbenheazerTimbukar dan Juara 3 utusan jemaat Nazareth Tangkunei.(Josh Tinungki)

Jakarta, Sulutnews.com-Mengawali rencana bekerja mulai 22 Juni yang akan datang, Tim Pencari Fakta atau TPF PWI Pusat, Rabu, 20/6, mulai adakan pertemuan  pertama di sekretariat PWI Pusat, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu  dibahas pemetaan pokok  masalah yang terjadi sampai wartawan on line Kemajuan Rakyat Muhammad Yusuf tewas pada tanggal 10 Juni dalam masa tahanan Kejaksaan. Penahanan almarhum sudah dilakukan sejak polisi menangkap Yusuf 5 April. Selanjutnya menjadi tahanan kejaksaan  di Lapas Kotabaru, Kalimantan Selatan.

 “Dalam  pertemuan tadi saling mencocokkan beberapa fakta  temuan anggota. Dari fakta- fakta itu kami sudah mulai menemukan fokus untuk dikonfirmasi dengan berbagai pihak,”  kata ketua TPF PWI Pusat Ilham Bintang.

Ilham menjelaskan, TPF akan menyelisik seluruh prosedur dan mekanisme yang berhubungan dengan tewasnya M Yusuf. Mulai sejak pengaduan dan pemeriksan di Dewan Pers, Kepolisian, Kejaksaan  sampai penahan serta kematiannya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Dengan demikian TPF akan mewawancarai seluruh narasasumber yang terkait dengan kasusnya secara independen. “Kami nantinya akan mengambil kesimpulan dan memberikan rekomendasi yang objektif,” tandas Ilham.

TPF tediri dari 9 orang, masing-masing,  Ilham Bintang sebagai ketua, wakil ketua Marah Sakti Siregar, dan Wina Armada Sukardi sebagai sekretaris. Sedangkan sebagai anggota masing-masing Uni Lubis, Teguh Santosa, Firdaus,  Zanal  Helmy, Agus Sudibyo dan Gusti Rusdi Effendi.

Dalam rapat disepakati dalam waktu secepat TPF akan mewawancarai para narasumber baik di Jakarta maupun di daerah termasuk dari kalangan pers, pejabat Pemda, kepolisian, tokoh masyarakat dan  para pengusaha yang namanya terkait. Hasil wawancara akan dibawa untuk dibahas dalam rapat berikutnya.(*SMSI)

Jakarta, Sulutnews.com-Tim Pencari Fakta PWI minggu depan  turun lapangan ke Kota Baru dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk mencari fakta terhadap tewasnya wartawan M Yusuf di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotabaru, Kalsel.

Anggota TPF akan menemui berbagai pihak dalam rangkan verifikasi dan klasifikasi terkait data dan fakta yang telah dikumpulkan terkait kasus tewasnya wartawan media KemajuanRakyat.com. Anggota TPF yang juga ketua PWI Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel), Zainal Helmie,  menegaskan hal tersebut Jumat sore, 22/6, sesaat setelah  sidang paripurna TPF PWI Pusat di Jakarta.

     Dalam kesempatan itu  Helmie tegas membantah TPF dipengaruhi apalagi dibiayai oleh pihak-pihak tertentu.  Helmie menegaskan seluruh biaya TPF PWI murni dibiayai sendiri oleh PWI Pusat.   

Menurut Helmie,  berbagai berita yang beredar yang menuding  TPF disponsor pengusaha hitam merupakan hoax dan fitnah.”Kami sedang mempertimbangkan  untuk melaporkan ke polisi sumber dan     penyebar informasi dan media-media yang memuat menyebarkan fitnah itu,” tandas Helmie.

    Sementara itu ketua TPF PWI Pusat, Ilham Bintang, mengungkap TPF sudah mulai menemukan pokok-pokok atau akar masalah yang ada.”Kami akan melakukan penelitian dan verifikasi terhadap berbagai penemuan sementara TPF,” katanya. (*SMSI)

Tomohon, Sulutnews.com-Dalam Perayaan Ekaristi 40 Tahun Seminari Agustianum Dirangkaikan Dengan Pemberkatan Kapela Yang Baru, Graduation Angkatan ke-40 Serta Pesta 20 Tahun Imamat Rektor Seminari Agustianum Pastor Berthy Imbar Pr dihadiri Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak Jumat(22/06/18).

Dihari raya Yubelium 150 tahun Keuskupan Manado, Seminari Agustianum boleh genap berusia 40 Tahun. Dalam Perayaan syukur ini juga ditandai dengan pemberkatan Kapela yang baru. Dimana dengan terselesainya pembangunan Kapela ini tentu menjadi suatu berkat.

Perayaan ini juga dilaksanakan graduation angkatan ke-40 Seminari Agustianum. Penamatan ini merupakan awal pengabdian untuk melayani umat, diharapkan lulusan dapat menjadi calon-calon Imam yang cakap, matang secara Rohani dan Jasmani serta siap menjadi pelayan dan gembala umat dimana saja dibutuhkan.

Suasana syukur saat ini, sangat dilengkapi dengan Pesta 20 Tahun Imamat Rektor Seminari Agustianum Pastor Berthy Imbar Pr. Usia 20 Tahun dalam pelayanan bukanlah usia yang muda, sehingga patutlah kita syukuri karena ini semua ini merupakan anugerah dari Tuhan. Sudah begitu banyak karya serta bhakti yang telah diberikan oleh Pastor Berthy Imbar Pr dalam pelayanannya. Oleh karena itu patutlah kita meneladani dan menjadikan contoh segala yang telah dilakukan oleh Pastor Berthy Imbar Pr dalam melaksanakan kehidupan bergereja. Akhirnya atas nama pemerintah Kota Tomohon dan keluarga mengucapkan Proficiat bagi kita semua."tutup Eman".

Tampak hadir Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSc, Uskup Emeritus Mgr Joseph Suwatan MSc, Pastores se-Kevikepan Tomohon, para suster, frater dan bruder serta Dewan Pastori Paroki dan Umat Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon.(/Prise)

Minsel, Sulutnews.com - Bupati DR. (HC) Christiany Eugenia Paruntu, SE, D.Min menghadiri sekaligus membuka kegiatan Perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM se-Indonesia di Bumi Perkemahan Tonaas Umboh Desa Karimbow Talikuran Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan.

Dimana saat pembukaan diawali dengan pemukulan tetengkoren dan pemasangan tanda peserta oleh Bupati DR. (HC) Christiany Eugenia Paruntu, SE, D.Min. Adapun acara ibadah tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Gembala KGPM Gembala Teddius K. Batasina, S.Th.

Bupati dalam sambutannya mengatakan,  sangat bersyukur Minsel bisa jadi tuan rumah perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM se-Indonesia. Atas nama pemerintah Kabupaten Minsel menyampaikan selamat datang kepada semua peserta perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM se-Indonesia, kiranya kegiatan ini mampu memberi wawasan sebagai pemuda dan remaja dan bisa membawa kepribadian yang takut akan Tuhan.

"The Power of Unity, sebuah tema yang luar biasa, sebagai Pemuda Remaja KGPM harus bersatu bersama membangun pribadi, pergaulan dan bermasyarakat agar menjadi kesatuan yang tidak gampang dipecah belah." ujar Bupati Tetty Paruntu. Selasa (19/6/18).

Ia menambahkan, dan tentunya kedepan akan menjadi pribadi yang mampu membawa berinovasi dalam pelayanan serta memberikan yang terbaik bagi gereja dan negeri.

Sementara itu Ketua Umum Perkemahan dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS, mengatakan terselenggarakan kegiatan ini, itu semua berkat campur tangan Tuhan. Dimana upaya dari semua panitia yang setiap saat bersama-sama saling menopang, sehingga acara ini boleh ada sampai saat ini.

"Kiranya apa yang kami harapkan, dalam menunjang program pelayanan terlebih kegiatan perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM boleh berjalan dengan baik. Sehingga lewat kegiatan ini, Pemuda dan Remaja KGPM akan menjadi pribadi yang mandiri, bermasyarakat serta mampu bersaing positif terlebih takut akan Tuhan." pungkas dr. Mika.

Hadir dalam acara tersebut,  Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM Gembala Fetricia Aling, M.Th. Ketua Majelis Gembala KGPM Gembala Teddius K. Batasina, S.Th, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, Dandim 1302 Minahasa, Sekretaris Daerah Drs. Danny Rindengan, M.Si serta Adrian Jopie Paruntu dan dimeriahkan oleh artis Delon Indonesia Idol. (/ferrowaney)

Tomohon, Sulutnews.com - Dengan selesainya cuti bersama hari raya idul fitri 1439 H Tahun 2018 diadakan apel kerja yang dilaksanakan di halaman kantor pelayanan publik "Wale kabasaran" kamis 21/6/2018.

Upacara tersebut yang dipimpin oleh walikota Jimmy F. Eman dan Pemerintah kota Tomohon juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1439 Hijriah tahun 2018 bagi umat muslim di  kota Tomohon.

Walikota mengatakan bahwa menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi RI telah menerbitkan surat edaran tentang permintaan laporan hasil pemantauan kehadiran ASN setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, dihimbau kepada segenap pimpinan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah agar dapat melakukan pemantauan kehadiran ASN usai cuti bersama dan libur hari raya.

Dengan adanya informasi tersebut  sebagai upaya penegakan disiplin aparatur negara serta optimalisasi pelayanan publik, pemantauan kehadiran para ASN dilakukan pada tanggal 21 Juni 2018, dimana sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018, tanggal tersebut ASN sudah diwajibkan kembali menjalankan pekerjaan di instansi masing-masing.

"Kehadiran ASN dan tenaga kontrak dalam apel hari ini merupakan bentuk kesiapan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing dan juga sebagai komitmen serta disiplin dalam mengemban tugas negara dalam melayani masyarakat" lanjut Walikota.

Perlu ditekankan juga mengenai surat edaran yang dikeluarkan oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi RI tentang penegakan disiplin dalam pelaksanaan cuti bersama ASN Tahun 2018, maka tidak diperkenankan kepada ASN untuk mengambil cuti sebelum dan sesudah lebaran, "Jadi sesudah cuti lebaran ini, tidak ada ASN yang mengajukan permohonan cuti kecuali untuk alasan yang sangat penting" tutup Walikota.

Turut mengikuti apel, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc serta para ASN dan tenaga kontrak Pemerintah Kota Tomohon.(/Prise)