Desain Interior Ruang Kerja BPKD Kota Manado Menjadi Lebih Fleksibel Lawan Covid-19

Written by  Yayuk Wulur Jul 10, 2020

Manado, Sulutnews.com - Tak disangka wabah virus Corona memicu desain interior ruang kerja sebagian besar perkantoran di lingkungan Pemerintah Kota Manado terpaksa dibongkar, kemudian ditata lebih fleksibel.

Bukan tanpa sebab, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus penyakit Covid-19 yang masih meluas. Untuk mencegahnya, 50 persen pegawai  diijinkan bekerja dari jarak jauh melalui sistim daring. Sebagiannya lagi bekerja sistim piket kantor atau PIKETO.

Beberapa Kantor diketahui telah membuka kantornya pasca pemberlakuan adaptasi new normal pada 23 Juni 2020. Sebut saja, Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Manado (BPKD), BKD-PSDM Kota Manado, Dinas Kominfo Kota Manado serta Humas Setda Pemkot Manado.

Pola kerja adaptasi new normal atau tatanan normal baru dimanfaatkan para pejabat dan pemegang kebijakan dengan  menciptakan desain ruang kantor baru, atau ruang alternatif yang mengedepankan kenyamanan dalam bekerja Piketo. Meski desain nantinya bisa berevolusi seiring dengan aktvitas para ASN dan THL serta tamu-tamu dinas.

Sebelumnya, didesain  tanpa ada 'berbagi' satu ruang ke ruang yang lain, namun desain interior kini sudah ditambah sekat-sekat. Desain seperti ini pun diharapkan terjadi perubahan aktivitas pegawai untuk terus berkembang saat bekerja dan berkarir meski saat pandemik.

Di sisi lain kursi tamu pun didesain dengan interior yang lebih sejuk dengan adanya bunga-bunga, meski sebagiannya masih menggunakan bunga plastik. Sedangkan pada kursi didesain fleksibel dimana setiap deretan kursi, musalnya untuk empat orang maka dua kursi di tengah terdapat tanda silang, yang berarti tidak boleh digunakan. (*/yuk).