Foto : GSVL memeriksa suhu badan seorang pengendara mobil di Pos Kontrol Kesehatan Orang di Boboca Malalayang. Foto : GSVL memeriksa suhu badan seorang pengendara mobil di Pos Kontrol Kesehatan Orang di Boboca Malalayang.

Walikota GSVL: Pos Kontrol Kesehatan Orang Di Perbatasan, Era Tatanan Normal Baru Aman Dari Corona

Written by  Yayuk Wulur May 31, 2020

Manado, Sulutnews.com - Wali Kota  Manado DR.Ir.GS Vicky Lumentut (GSVL) tidak lagi melarang melakukan perjalanan masuk dan keluar wilayah Kota Manado di era normal baru, atau menyambut tatanan normal aman dari Covid-19.

Dalam fase tatanan normal, setiap  warga masyarakat dipastikan beraktifitas kesehariannya menyesuaikan pada protap Kesehatan dari WHO, pakai masker dan jaga jarak.

Wali Kota Godbles GSVL menjelaskan  ada 7 Pos Kontrol Kesehatan Orang di Perbatasan (PK2O) Kota, yaitu di Malayang Boboca, Winwin, Ring Road, Maumbi, dibangun dalam rangka memeriksa kesehatan orang yang ingin memasuki Kota Manado di fase era new normal aman dari Covid-19

Dengan ramah GSVL pun ikut melakukan kegiatan di PK2O, dengan sukarela membantu tim medis melakukan pengukuran suhu tubuh seorang demi seorang pengendara kendaraan yang akan memasuki Kota Manado.

"Periksa suhu badan tidak apa-apa, tidak sakit," katanya memotivasi dan memang tidak ada orang didapatinya bersuhu badan tinggi rata-rata hanya 36%C.

PK2O didirikan tanggal 29 Mei 2020, dan di bawah pengawasan Anggota kepolisian dan sejumlah Tim Medis RSUD, Puskesmas (corona). GSVL didampingi Jubir Covid-19 Pemkot Manado dokter Sanil Marentek,  Anggota TNI-POLRI dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado.

"Setiap hari pada era tatanan normal , semua orang yang ingin memasuki kota sama harus diperiksa suhu tubuhnya apakah aman dari ancaman Covid-19," tambah Wali Kota  GSVL.

Pada hari kedua dibukanya Pos Kontrol Kesehatan Orang di Minahasa bertempat di Boboca Malalayang GSVL pun menyapa pendatang, sembari memegang alat termometer, lalu bergerak untuk memeriksa seorang pengendara mobil sebagai tanda datangnya era generasi baru aman dari corona.

Wali Kota Manado GSVL telah juga mengerahkan gabungan TNI-Polri untuk ikut dalam kegiatan di Pos Kontrol Kesehatan Orang di Perbatasan Kota Manado, seperti tertuang dalam Surat Keterangan Percepatan Penanganan Covid-19 oleh Pemkot Manado tanggal 24 Mei 2020 dan ditantangangani oleh Sekretaris Kota Manado Micler Lakat,SH.,MH.

Camat Malalayang Reyn Heydemans kepada media online di Manado mengatakan, menindaklanjuti aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Manado, maka pintu masuk ke Manado via Kecamatan Malalayang sedikit diperketat saja.

"Untuk wilayah Kecamatan Malalayang yaitu Tugu Boboca, Citraland dan jalan masuk dari Wenwin, didirikan Pos Kontrol Kesehatan," kata Camat Malalayang Reyn Heydemans sambil menharapkan aktifitas tidak akan muncul lagi pasien baru Covid-19.

Kehadiran aparat TNI-Polri di tempat PK2O, sangat penting untuk menertibkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dari WHO, akan tetapi akan runyam nanti bila ada warga bebas bepergian sesuka hati tanpa protap, ujarnya mengakhiri percakapan. (*/yuk)