Jubir Cobid-19 Dokter Sanil Marentek, Masuk Kota Manado Ada 3 Syarat Penting

Written by  Yayuk Wulur May 28, 2020

Manado, sulutnews.com - Pemerintah kota Manado mengeluarkan tiga syarat penting bagi masyarakat yang ingin mengunjungi kota Manado masa Pandemik Corona.

Tiga point penting itu adalah, yang pertama warga wajib menjalani pengukuran suhu tubuh, apabila ada yang suhunya diatas 38°C, maka petugas langsung akan mengarahkan dan mengantar ke Puskemas atau ke Rumah Sakit terdekat, kedua warga wajib pakai masker apabila masuk Manado, dan ketiga untuk batasan jumlah penumpang kendaraan 50 % dari kapasitas kendaraan yang tersedia.

Hal ini di sampaikan Jubir Covid Pemkot Manado dr Sanil Marentek dalam confrensi pers bersama dengan media sehubungan dengan percepatan penanganan wabah pandemi COVID-19 di ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini, Rabu sore (27/5).

Dalam rapat tersebut juga diputuskan beberapa hal terkait pengawasan orang masuk keluar Manado, dalam keterangan sebelumnya ada 9 syarat bagi masyarakat yang ingin masuk Kota Manado dipangkas menjadi 3.

Syarat dipastikan akan bisa diterapkan mengingat sampai dengan sekarang ini mobilisasi penduduk dalam jumlah besar dari satu daerah ke wilayah Kota Manado yang dianggap sebagai surga berbelanja di tanah air ini, dianggap akan lebih masif berbahaya bagi upaya pencegahan wabah.

Jadi, aturan lain seperti pemberlakuan rapit tes karena pembatasan orang masuk kota manado yang diumumkan sebelumnya, ditiadakan. Yang diberlakukan itu untuk warga yang terindikasi sakit corona. “Hasil rapat via Vicon bersama Forkopimda, disepakati tiga point saja,” ujarnya.

Selanjutnya untuk efektifnya pemberlakuan pemeriksaan orang masuk keluar Manado ini, mulai berlaku pada Jumat 29 Mei. "Tanggal 27-28 Mei 2020 dilakukan sosialisasi sambil menyiapkan pos kesehatan di pintu masuk kota Manado,” tambah dokter gigi ini.

Diingatkan untuk masyarakat tetap disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat dan bersih, tetap pakai masker, hindari kerumunan orang, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, olahraga secukupnya.

Dalam penegakan peraturan tersebut Pemkot Manado merangkul beberapa SKPD dalam percepatan penanganan Covid-19 yaitu, Pejabat dan staf Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, selain Forkopimda TNI POLRI. (*/yuk)

Last modified on Thursday, 28 May 2020 05:15