Dua Jabatan Komandan Pangkalan Lantamal VIII Tahuna Dan Gorontalo Diserahterimakan

Written by  May 08, 2020

Manado, Sulutnews.com - Dua jabatan stategis Komandan Pangkalan Jajaran Lantamal VIII diserahterimakan, yakni Danlanal Tahuna dan Danlanal Gorontalo, berlangsung di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado. Jumat (8/5).

Dua jabatan tersebut yakni Danlanal Tahuna diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Donny Aribowo kepada Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius, M.Tr.Hanla., M.M., dan Danlanal Gorontalo diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Maman Nurachman kepada Letkol Laut (P) Sayid Hasan.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas memimpin serah terima jabatan dua Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) di bawah jajaran Lantamal VIII, itu, dengan tatatertib serta protokol kesehatan COVID-19.

Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa serah terima jabatan dilingkungan TNI AL pada hakekatnya merupakan siklus penugasan personel atau bahasa kerennya 'Tour of Duty dan Tour of Area', dalam rangka meningkatkan prestasi serta pemberian kesempatan dan peluang untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kepemimpinan.

"Mutasi ini juga bertujuan mewujudkan organisasi yang lebih responsif terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan dinamis," kata Danlantamal VIII.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan keberadaan Lanal pada hakekatnya adalah mewakili kehadiran TNI AL disuatu wilayah yaitu dimana Pangkalan tersebut berada. Dalam kaitan inilah maka penampilan dan kinerja Lanal merupakan faktor yang akan mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL, karena Lanal beserta jajarannya merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur TNI AL yang langsung berhubungan dengan dinamika kehidupan masyarakat di lapangan, ujarnya.

Kolonel Laut (P) Donny Aribowo selanjutnya akan berdinas di Koarmada I sebagai Asops Danlantamal II Padang sedangkan Laut (P) Maman Nurachman akan berdinas di Koarmada II sebagai Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo,  para Asisten Danlantamal VIII, Kadispen Mayor Laut (KH) M. Samuel  Pontoh, para Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja dan Komandan yang berada di lingkungan Lantamal VIII.

Dua Ketua Cabang Korcab VIII DJA II Diseraterimakan

Sementara itu Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Rita Donar Philip Rompas, dihari yang sama memimpin serahterima jabatan Ketua Cab 4 dan Cab 5 Korcab VIII DJA II. Kegiatan tersebut berlangsung di  Kantor Korcab VIII DJA II, Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VIII, Jln Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru.

Ketua Cabang 4 Gorontalo diserahterimakan dari Ny. Maman Nurachman kepada Ny. Sayid Hasan sedangkan Ketua Cabang 5 Tahuna diserahterimakan dari Ny. Donny Aribowo kepada Ny. Yulis Andreas Lorentius.

Ketua Korcab VIII DJA II menyampaikan, bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah suatu hal yang wajar dan alami, sebagai upaya penyegaran organisasi.

Demikian pula dengan serah terima jabatan Ketua Cabang 4 dan Cabang 5 Korcab VIII DJA II harus dilaksanakan dalam rangka mengikuti suami yang mutasi mendapat jabatan baru, ucapnya.

Acara serahterima berlangsung dengan protokol kesehatan COVID-19. (*/Dispen/Yuk).