Road Show Manado Fiesta 2018 Sukses

Written by  Yayuk Wulur Aug 31, 2018

Manado Fiesta Diharapkan Menopang Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado

Manado (sulutnews.com) Tahun ini Manado Berpesta atau Manado Fiesta lebih berwarna serta menarik untuk ditonton keluarga Indonesia. Disejajarkan dengan Ajang The Work Best Festival lainya karena banyak atraksi menghibur yang bisa disaksikan mulai dari darat, laut dan udara. Boleh ditambahkan pula MF 2018 sangat berpeluang besar dalam  pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kota Smart City ini kelak.

Diawali dengan dilepasnya Karnaval FISCO dan Kirap Budaya oleh Gubernur Sulut Dr Olly Dondokambey, pada hari Jumat (31/8), di Kawasan Pohon Berkat, Jln Piere Tendean, disaksikan Walikota Manado DR.Godbless Sofcar Lumentut, para Walikota dan Bupati se Sulut, Forkopindo, serta warga Manado perantauan. FISCO merupakan awal dari  Pembukaan Manado Berpesta, yang mana semua keindahan panorama laut Pulau Bunaken ditampilkan di darat. Yakni kurang lebih 100  kendaraan hias berpanorama laut dipenuhi ikan serta terumbu karang melakukan road show di Kawasan Godbless Tree Park Mega Mas Boulevard menuju finis di Godbless Park. Atraksi menarik dan menghibur ini mengundang decak kagum pengunjung terutama turis lokal maupun mancanegara. Sejak sore hingga malam hari ribuan orang memadati lokasi atraksi Fisco.

Manado Fiesta bukan hanya Festival FISCO tetapi juga ada festival yang tak kalah menghibur yaitu, Manado Kuliner Festival atau Bakar Ikan Massal yang dilaksanakan di lokasi yang sama pada hari keempat dan kelima. Di festival ini hadir pula Chef DR Vicky Lumentut serta para Chef kuliner dari penjuru tanah air. Hasil masakan para chef bisa segera disantap.

Dan banyak lagi atraksi di darat dan udara seperti Lomba Olahraga Terjun Payung, Busana Modern, Lomba Musik Kolintang, Lomba Tari Masamper dalam Manado Fair 2018. Kegiatan MF akan ditutup dengan Perayaan ThangkGiving pada 9 September. Perayaan itu digelar semua golongan agama dan melibatkan pemerintah dari tingkat terbawa kepala lingkungan, lurah, camat,hingga pejabat dan stekhokder di lingkungan Pemkot Manado.

Potret Atraksi MF tersebut, juga menarik minat para pencinta media sosial dengan menampilkan gambar serta vidio FISCO pada akun pribadinya untuk disebarkan. Dalam Akun-akun itu menampilkan berbagai foto exlusif Gubernur Olly Dondokambey dan Walikota terbaik se-Indonesia Dr Godbless Sofcar Vicky  Lumentut sedang berjabat tangan disaksikan Pejabat lainnya yang sedang menunggu dibukanya FISCO tersebut. Ada pula tampikan gambar Prof Julieta Runtuwene yang merupakan Ketua TP PKK Kota Manado beserta Ny Imelda Bastiaan di akun tersebut. Selain itu, acun sosial dari para stokhokder Pemkot Manado segera ramai pula dengan pujian dari para pencinta Fisco dan Manado Kuliner Festifal 2018 yang di Acun itu ikut menampilkan foto road show Mobil ikan laut, Paus Kakap Berkepala Martelu, Ikan Lumba-lumba, ikan Cakalang, Goropa, Malalugis, ikan Tude serta hampir semua jenis ikan laut lainnya yang hidup di laut tentu saja dapat disantap dan dimakan oleh orang Indonesia.

"Diknas Manado menampilkan Kendaraan hias berbentuk perahu atau bahtera. Di dalamnya tidak ada ikannya. Namun pelangi diatasnya menandakan Tuhan Memberkati Manado Fiesta," demikian kata Kadis Diknas Manado, Deisy Lumowa,S.Pd kepada Sulutnews.com.

Manager Hotel Aston, Tomy, menambahkan Managemen Aston berpartisipasi di MF 2018 dengan menampilkan kendaraan hias Ikan Paus terbesar yang hidup diperairan Laut Manado. "Ini ikan paus jenis raksasa karena ukurannya cukup besar dan berwarna abu abu," pungkasnya.

Kabag Humas Pemkot Manado Drs Steven Runtuwene menambahkan, dijamin MF 2018 meriah dan sangat menghibur sebagai The Word Best Festival," kata Steven yang mantan wartawan itu.

Manado Fiesta diadakan pertama kali pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 ini sudah menjadi program unggulan sektor Pariwisata Pemerintahan Kota Manado. Dalam catatan sejarah pada tahun 2017 ajang ini dikunjungi 300-1000 orang per-harinya sejak hari pertama dibuka hingga Perayaan ThangksGiving itu.(/Yayuk)