Prof Julyeta Paulina Runtuwene Suarakan Hindari Penyakit Menular Dengan Cuci Tangan

Written by  Yayuk Wulur Mar 18, 2020

Manado, Sulutnews.com - Prof DR Julyeta Paulina Amelia Runtuwene MS punya strategi khusus untuk menghindari penularan Corona Virus di lingkungan ibu-ibu yang bekerja di rumah.

Apa strategi itu? Wanita yang digadang-gadang bakal maju dalam pertarungan Pilkada Kota Manado September 2020 mendatang ini, punya jurus berlebihan cuci tangan.

"Kami TP-PKK Kota Manado memperkenalkan 7 gerakan cuci tangan yang benar. Gerakan mudah dilakukan orang dewasa hingga anak-anak," kata Julieta first Kota Manado ini, belum lama ini, pada sebuah acara yang digagas Komisi IX DPR-RI.

Perempuan yang sehat membentuk keluarga bahagia, dan jika

keluarga bahagia maka akan melahirkan keluarga sejahtera, tambah wanita yang juga adalah Rektor UNIMA itu. Untuk edukasi 7 gerakan cuci tangan, bisa kita peragakan sendiri, karena nanti kita akan buat vidionya dan dipublikasi media.

Ia mengatakan juga ikut melakukan sosialisasi di TP-PKK tingkat kelurahan yang membutuhkan pemaparan tentang program pemerintah mengenai kesehatan berikut gerakan mencuci tangan yang sehat.

"Kita berkomitmen membantu semua ibu-ibu dengan resiko tertular virus Corona baru atau COVID-19, dan memberikan edukasi mencuci tangan dengan sabun dan air bersih."

Demikian pula etika batuk dan bersin yang baik untuk pencegahan penularan penyakit terutama pada orangtua dan manula, tambahnya.

Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menghindari virus Corona dengan cuci tangan. Siapkan kedua tangan untuk dicuci dengan air bersih dan sabun, atau hand sanitizer. Cuci seluruh tangan, lantas digosok-gosok. Cuci sela jari-jari melakukan gerakan saling mendukung telapak tangan kanan ke atas telapak tangan kiri. Cuci kuku dengan cara menggenggan tangan dan digosok ditelapak. Cuci jempol sambil memutar-mutarnya dalam genggaman tangan. Cuci gosok ujung-ujung jari di tengah telapak dengan memutar. Dan yang terakhir cuci tangan hingga ke pergelangan. (*/yuk).