Seminar Bela Negara Di Kampus Unsrat Datangkan 30 Mahasiswa KKDN UNHAN Bogor

Written by  Yayuk Feb 25, 2020

Manado, Sulutnews.com - Universitas Pertahanan Indonesia Bogor (Unhan) bekerjasama dengan  Universitas Sam Ratulangi Manado dan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Manado mengelar Seminar Nasional Bela Negara, bertempat di Lt.4 Gedung Rektorat Kampus Unsrat Manado, Selasa pagi (25/2).

Seminar diikuti 30 Mahasiswa Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Managemen Pertahanan (FMP) Unhan Bogor sebagai syarat menyelesaikan pendidikan Akademik Setaraf Magister-2, Perwakilan LPPM Manado dan perwakilan Rektorat Unsrat yang dipimpin Pembantu Rektor II Prof. Refo Gerung.

Seminar tersebut bertujuan membentuk sikap setiap warga negara terutama mahasiswa bagaimana melibatkan diri dalam pembangunan nasional salah satunya dengan mengamalkan Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

Seminar yang mengangkat tema bela negara dan pengamalan pancasila dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menghadirkan dua pemateri yakni Perwakilan dari Unsrat Dr. Dani Robert Pinangsang SH, M.Hum yang juga merupakan Wakil Dekan 1, Bidang Akademik Fakultas Hukum Unsrat dan Perwakilan dari Unhan Dr. Supandi S.Sos, MM.

Usai Seminar Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Indonesia Jakarta Laksda TNI Dr. Suyono Thamrin Drs, ST, MEngSc, CIQaR, yang memimpin langsung rombongan mahasisw tersebut, kepada pers menjelaskan, rombongan Mahasiswa KKDN FMP ini akan melakukan kunjungan di berbagai tempat untuk bertatap muka dengan berbagai elemen institusi pemerintah dan pendidikan antara lain SMA 9, Binsus Airmadidi, PT Pelindo dan di Bitung guna penanaman nilai-nilai pancasila.

“Kami dari Unhan juga akan melakukan sosialisasi tentang bela negara ke sekolah Manado Independent School (MIS), SMA Binsus 9, Pelindo dan di Bitung, ” sambungnya.

Untuk diketahui Universitas Pertahanan Indonesia disingkat (UNHAN) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi serta pendidikan profesi dibidang pertahanan dan bela negara setaraf Magister atau S-2, dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi.(*/Yuk)