Kinerja PNS Pemkot Manado Dinilai Baik, Dapat Reword Tiket Pesawat PP Ke Bali Dan Jawa

Written by  Yayuk Feb 25, 2020

Manado, Sulutnews.com - Tahun 2020 strategi dilakukan pemerintah guna meningkatkan efektivitas kinereja Pegawai Negeri Sipil, diantaranya  memberikan hadiah atau reward bagi yang berprestasi.

"Penilaian Kinerja PNS dinyatakan dengan angka, sebutan dan predikat, penilaian sudah dilakukan setiap bulan," kata Sekretaris Kota Manado Micler Lakat,SH,MH kepada sulutnews.com di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Adapun penilaian itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (sekarang bisa diakses di situs www.bkn.go.id).

Dalam instruksi Presiden Jokowi  pengesahan penilaian bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS didasarkan pada sistem prestasi dan karier pada tahun 2020. Penilaian dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pejabat dan ASN pada tingkat perorangan dan tingkat unit atau organisasi perangkat daerah dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS.

Menurut PP ini, penilaian Kinerja PNS dinyatakan dengan angka dan sebutan atau predikat. Rangking pertama Predikat Sangat Baik, apabila PNS memiliki kriteria nilai dengan angka 110 – 120, atau mampu menciptakan ide baru, cara baru dalam peningkatan kinerja yang memberi manfaat bagi organisasi atau negara.

Predikat Baik, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 90 - 110. Predikat Cukup, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 70 - 90. Kurang, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 50– angka 70. Dan Sangat Kurang, apabila PNS memiliki nilai dengan angka 50 saja.

Seperti diketahui  ASN akan dibantu untuk terus belajar dan berinovasi dan khusus di Pemkot Manado pengawasan dilakukan langsung oleh Walikota GSVL dan pengawas internal pemerintah kota Manado  agar ASN mampu berakselerasi dan meningkatkan profesionalisme, kopetensi serta kapabilitas dalam memberikan layanan prima sesuai tupoksinya. Yang terutama agar Manado tetap menjadi kota yang nyaman sebagai Rumah Besar kita bersama.

Tentang reward kepada ASN yang berprestasi, lanjut kata Sekot Micler Lakat diberikan reword Piagam Penghargaan yang diserahkan bertepatan dengan hari besar daerah, ditambah tabungan uang dan tiket pesawat pp ke Bali, Jawa serta Jakarta.

Sebaliknya jika tidak mampu bekerja maka yang bersangkutan sewaktu-waktu bisa diganti dengan orang yang lebih mampu mengimplementasikan tugas pokok dan fungsinya. Kepada ASN yang malas untuknya diberikan teguran sebanyak tiga kali, baru setelah itu teguran tertulis, kemudian jika nilai kinereja buruk, penundaan kenaikan pangkat dan apabila 43 hari dalam 1 tahun tidak masuk kerja akan diberhentikan, tegas pria yang pernah ke luar negeri karena berprestasi ini.(*/yuk).