GSVL-MOR, Gedung Baru RSUD Manado Jilid II Tuntas Digarap Tahun Ini

Written by  Yayuk Wulur Feb 14, 2020

Manado, Sulutnews.com - Pemerintah Kota Manado telah menyiapkan berbagai strategi melalui pembangunan insfastruktur gedung baru rumah sakit daerah guna meningkatkan efektivitas dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan.

Penyiapan diwujudkan dengan  peletakan batu dasar pembangunan gedung baru RSUD Manado serta RSU Mulut Dan Gigi, Jumat (14/2) di Kelurahan Tingkulu Teling, Kecamatan Wanea, komplex Jalan Ringroad. Pembangunan RSUD Kota Manado merupakan jilid II.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan (GSVL-MOR) meletakkan batu dasar pembangunan RSUD Manado tersebut. Karena itu Walikota meminta pembangunan RSUD Kota Manado selesai tahun ini, dan langsung bisa digunakan.

"Saya akan pantau pembangunan RSUD Kota Manado agar cepat selesai. Saya juga akan diwakili Asisten III Bart Assa mengecek dan memantau pembangunan RSUD Kota Manado," tegasnya dengan nada suara yang serius.

Ia meminta dibuatkan tim yang solid untuk mengawal pembangunan supaya bisa selesai cepat tanpa ada kendala dan sesuai aturan. Dinas Kesehatan yang mengerjakan, didampingi Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup terkait lingkungan, juga perlu dilibatkan, berikut Direktur RSUD Kota Manado. Karena mereka yang mengetahui isinya. Bangun komunikasi dan koordinasi dengan baik dan bentuk tim yang solid," pesannya.

Proyek ini tidak lagi akan bermasalah dengan hukum, tapi kita harus saling mengingatkan satu dengan yang lain. "Dari sekarang sudah saling mengingatkan agar tidak berurusan dengan hukum ke depannya," ujarnya.

Dia juga mengatakan, untuk SDM RSUD Kota Manado sudah siap memiliki dokter dan perawat yang ditempatkan di puskesmas. "Kami tidak akan mengambil dokter dari RS lain. Karena Pemkot Manado sudah menyekolahkan 6 orang dokter ahli sejak 2015. Mereka akan selesai tahun ini semua," ujarnya.

Hadir Sekretaris Daerah Kota Manado, Michler CH Lakat SH MH, dan kontraktor, juga Direktur RSUD Kota Manado Kepala Puskesmas Kota Manado, instansi terkait, dan para insan pers, yang telah hadir memberi suport, kami harapkan pembangunan RSUD Manado akan beri manfaat besar bagi pembangunan sektor kesehatan di Kota Manado," kata dr Ivan Marthen Sumenda dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kesehatan Manado dr Ivan Marthen Sumenda dalam laporannya mengatakan RSUD Manado akan dibangun 7 lantai  dengan nilai kontrak sebesar Rp 89.500.852.000 dan dikerjakan oleh PT MAM Energindo, sebagai pemenang tender. Sumber dana berasal dari pinjaman daerah di PT. SMI yang dituangkan dalam APBD Kota Manado.(*/yuk/brsumber)