Kantor KSOP Kelas 3 Manado Akan Efektifitaskan Pelayanan Sistim online Pembelian Tiket Kapal Laut

Written by  Yayuk Wulur Feb 14, 2020

Manado, Sulutnews.com - Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kota Manado telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan pelayanan bidang transportasi laut dengan memanfaatkan teknologi digital pada tahun 2020.

Kepala Kantor KSOP Capt Moses Karaeng kepada pers mengatakan KSOP telah merencanakan peluncuran Aplikasi Etiket untuk dibudigunakan calon penumpang kapal laut mulai tahun 2020.

"Louncing tinggal tunggu tanggal dan bulannya saja," ujar Capt Moses Karaeng kepada pers, Jumat (14/2) di ruang kerjanya Kompleks perkantoran Kesyahbandaran Wilayah III Manado.

Menurutnya, persiapan penggunaan  digitalisasi di lingkungan Kesyahbandaran Manado dilakukan sangat luar biasa, setiap hari digelar rapat, sosialisasi, persiapan Sumber Daya Manusia (SDM), Kapal laut, Ruang Kapal, keamanan pelabuhan, kebersihan serta sterilisasi mengantar penumpang.

Tahun 2020, pertumbuhan jumlah kapal laut di Pelabuhan Manado terus bertambah dari 6 perusahaan pelayaran menjadi 8 perusahaan, dari jumlah itu ada 20-an unit kapal laut, dengan armada kapal yang banyak ini tentu akan memudahkan calon penumpang mendapatkan pelayanan dengan baik saat berlayar,  teknologi digital yang nanti akan dilouncing dengan nama etiket diharapkan bisa membantu penumpang kapal, kata Moses.

"Kami harapkan calon penumpang menjadi lebih smart, kalau ingin maju jangan lagi berpikir bisa terus duduk di lantai kapal saat berlayar, karena nanti kita dapat membeli tiket online, pelayanannya pun petugas amkan langsung membawa tiket sampai ke rumah sebelum naik kapal," (*/yayuk)