Beri Pengaruh Besar Berkomunikasi Aplikasi C3 Akan Dipertahankan Pada 2020-2021

Written by  Yayuk Jan 14, 2020

Manado,sulutnews.com - Cerdas Command Centre (C3) merupakan sebuah perangkat teknologi informasi komunikasi dan menjadi gagasan Walikota dan Wakil Walikota Manado GSVL-MOR guna mendorong Program Visi CERDAS (Cendekia, Ekowisata, Relegius, Daya Saing, Aman, Nyaman, Sehat dan Sejahtera).

"Inovasi C3 bertujuan menciptakan pemerintah sadar TIK untuk pelayanan lebih baik kepada masyarakat," kata Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu,SH kepada sulutnews.com saat ditemui di ruang kerjanya Manado, Sulawesi Utara.

Ia mengatakan Menteri Kominfo meminta daerah-daerah di Indonesia sama berbenah diri pada tahun 2020 dengan menguasai IT dan mengembangkan smart city namun produk C3 ini harus pula dianggarkan dalam APBD.

Saat ini Kota Manado semakin dikenal dan dibicarakan dunia, kata dia, C3 dengan cepat menciptakan TIK yang mampu mendorong bertambahnya penerbangan internasional dari Bandara Sam Ratulangi ke luar negeri, jumlah wisatawan meningkat, memacu pembangunan infrastruktur ke daerah destinasi wisata, dan Manado semakin dikenal.

Kadis Erwin Kontu menambahkan itulah sebabnya tahun 2020-2021 C3 tetap dipertahankan sebagai TIK di Lingkungan Pemkot Manado.

Bahkan C3 pun dengan CCTV-nya dapat membantu parat kepolisian melakukan pemantauan Lalulintas berikut pada kasus kriminal seperti penemuan jenasah laki-laki paruh baya, yang terjadi awal tahun 2020 di Lapangan Plein Tikala. "Ada tiga kasus pada tahun 2019 dan satu kasus pembuka tahun baru," ungkap Kadis.

Tahun 2019 Aplikasi C3 berhasil dikembangkan Pemkot Manado adalah Contact Ceter Word (CCW) dengan Produk andalan Emergency Call 112, telah berhasil mendapat perhatian dari Komunitas CCW sedunia karena sukses menyampaikan informasi data berbagai program unggulan pemerintah kepada masyarakat awam.

Selain telah terbukti secara efektif menyampaikan informasi berbagai data, penggunaan produk CCW Emergency Call 112 juga memudahkan ASN mengerjakan pekerjaannya.

"Kita sudah beberapa kali memperoleh perhargaan berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019 Kota Manado berhasil meraih predikat terbaik se Asia," ujar pria ini.

Pada Kompetisi Tingkat Internasional  di Barcelona Spanyol pada tahun 2019 Kota Manado kembali meraih predikat terbaik mengulang sejarah di Praha Ceko tahun 2018, kata dia, piagam diterima Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan dan Kadis Kominfo Erwin Kuntu langsung di Barcelona, Spanyol 8 Desember tahun yang lalu.

GSVL telah memberi warna pada pengembangan Smart City, komentar wartawan Lusy Wullur.

 

Sukses memberi inovasi baru dengan memakai tiga pilar pembangunan yaitu tokoh agama, media dan pemerintah, "Ketiga pilar ini adalah juga bukti kecerdasan GSVL, kita harus berterima kasih kepada beliau," katanya.(*/yayuk)