Baca Teks Proklamasi 1945, Alje Dondokambey Mengaku Sebelumnya Sudah Tahu

Written by  Yayuk Wulur Aug 17, 2019

Manado, Sulutnews.com - Upacara Memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI berlangsung lancar dan kondusif di Lapangan Sparta Tikala.

Ketua Sementara DPRD Kota Manado yang baru masa bakti 2019-2014 untuk pertama kalinya bertugas membaca Teks Proklamasi tanpa salah, dirinya mengaku sudah siap saat bertugas membaca teks bersejarah yang membawa bangsa Indonesia merdeka.

"Biasa saja saat membaca teks proklamasi, karena saya sudah siap sebelumnya sebagai generasi penerus kemerdekaan," ujar politisi dari Partai PDIP Kota Manado ini menjawab tangkas pertanyaan wartawan.

Altje Dodokambey terpilih sebagai Ketua Sementara DPRD Kota Manado pada Kamis (15/8) usai digelarnya Rapat Sidang Paripurna Sumpah dan Janji 42 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado masa bakti 2019-2024, menggantikan Anggota masa bakti lima tahun sebelumnya.

Ia dengan bersahaja membaca teks Proklamasi tahun 1945 itu tanpa salah. Sebelumnya tugas tersebut dilakukan Srikandi DPRD Kota Manado Nortje Van Bone politisi dari Partai Demokrat, yang ikut dilantik hari Kamis.

Upacara Detik-detik Proklamasi  Kemerdekaan dan pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih di Kota Manado berlangsung aman dengan dipimpin Komandan Upacara Kapten Devi Wenas yang sehari-harinya adakah Danramil Wori. Pengibar Bendera Vennesa Kumolontang Siswi kelas 11 SMA Negeri 1 Manado.

Upacara dihadiri Inspektur Upacara Walikota Manado Ir Vicky Lumentut. Hadir Ketua TP-PKK Kota Manado Ny Prof.Dr Julieta Runtuwene, Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan, Wakil TP-PKK Kota Manado Imelda Markus,SE, Para Asisten Walikota, Forkopindo Kota Manado, Anggota DPRD Kota Manado, Ketua Perwakilan Kementrian Agama Kota Manado Irwan Musa, Para rektor, Kepala Bank, pejabat Sekretariat DPRD Kota Manado, pejabat di lingkungkungan Pemkot Manado, staf dan pegawai, KPU Sulut/Manado, para tokoh, alim ulama yang tergabung dalam organisasi FKUB dan BKSAUA, TNI POLRI dan wartawan.

Usai upacara digelar Pemotongan Kue Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan Tos Pemerintah Kota Manado dengan Paskibraka, TNI, Polri, Veteran dan wartawan yang berlangsung di Gedung Aula Kantor Walikota Manado. Upacara penurunan Bendera dilakukan sore harinya.(*/yuk)