Dinas Kesehatan Warning Puskesmas Yang Buang Sampah Medis Di Pasar

Written by  Yayuk Wulur May 24, 2019

Manado, Sulutnews.com - Munculnya tumpukan sampah di halaman dan saluran air depan Puskesmas Karombasan ternyata membuat resah masyarakat, bahkan bagi warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal inipun membuktikan ketidakseriusan pengelola Puskesmas dalam memberikan pelayanan yang betul, sebabnya sering muncul bau busuk di sekitar Puskesmas.

Sampah plastik sering dibiarkan bertumpuk di got Puskesmas bahkan juga bekas botol air isi ulang yang sengaja dibuang entah oleh siapa, air got sering terlihat kotor dengan air kehitaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Nora Lumentut berjanji akan segera mengecek Puskesmas tersebut apabila benar membuang sampah medisnya di situ. "Tentu saja kita akan segera mengecek sampah apa itu, apakah sampah medis atau bukan. Sebab kalau itu sampah medis maka tindakan membuang tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan," ujar Kadis Nora Lumentut dengan nada suara bijak menjawab pertanyaan wartawan di Manado, Jumat (24/5).

Berkaitan dengan hal itu pula ia akan melihat dari dekat aktivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, apakah  Puskesmas memiliki tempat buang sampah atau belum. Jika belum dokter puskesmas akan dihimbau menyediakan tempat sampah.

Ia berharap kelalaian membuang sampah bukan di tempatnya tidak dilakukan yang lainnya. Hanya saja perlu diingat Puskesmas yang didirikan di Kompleks Pasar seperti di Karombasan sangat berpotensi dikotori sampah dari pasar. "Di Pasar ada pedagang yang tinggal bahkan yang sakit juga dilayani dokter Puskesmas di pasar itu. Sampah juga di buang di pasar. Tapi nanti saja dinas akan segera menurunkan tim mengecek kebenaran berita ini, " imbuh dokter cantik berambut panjang ini. (*/Yuk)

Last modified on Wednesday, 29 May 2019 02:09