Inilah Lagu Cahaya Toleransi Penyemangat Perdamaian

Written by  Yayuk Wulur May 06, 2019

Manado, Sulutnews.com - Lagu bernuansa relegius Cahaya Toleransi yang dipopulerkan saat memperingati Hardiknas 2 Mai yang lalu di Manado, sempat mengundang kekaguman.

Mau tahu mengapa?

Lagu Cahaya Toleransi tidak begitu sulit didendangkan. Asalkan memahami arti dalam syairnya. Lagu tersebut  melukiskan tentang keagungan Tuhan, Sang Pencipta Bumi Persada Nusantara dan seisinya. Penulis syair sengaja menciptakan lagu dengan maksud mengajak kita semua untuk mengenali semangat perdamaian, persaudaraan dan persahabatan melalui hidup bertoleransi. Lagu perlu dinyanyikan dengan penuh semangat dan rasa kasih yang tinggi. Kota Manado berikut warga masyarakatnya sebagai tempat tercurahkan kasih Tuhan, kasih itu melahirkan hidup rukun dan damai.

GSV Lumentut menulis syair lagu Cahaya Toleransi. Ia menulis karena terinspirasi Manado Kota paling toleran di Indonesia penghargaan untuk Pemerintah Kota Manado dari Pemerintah RI di Jakarta pada tahun 2017. Meski tidak diketahui dengan jelas sekali kapan syair ditulisnya, Bapak Godbles Sofcar Vicky Lumentut mengikat semangat toleransi umat beragama dalam menjalankan kebijakan politiknya di sektor pembangunan keagamaan sehingga lahirlah ide menulis lagu. Sejak ia menjabat Walikota Manado tahun 2016 dan dipercayakan pula sebagai Ketua PKB Sinode GMIM, tercetus kemudian Program Kota Manado sebagai Kota Doa.

Mulai saat itu seluruh tempat ibadah Gereja (Protestan, Katolik, GPDI, Advent Hari Ketujuh dll), Masjid, Klenteng, Vihara, di Manado diwajibkan membuka pintu bagi umat pada setiap tanggal 1 bulan berjalan yakni dengan tujuan umat dan jemaat tidak hanya dapat berdoa di Gereja pada hari Minggu saja.

Inilah lagu berjudul : Cahaya Toleransi

Syair: Dr GSV Lumentut.

Sungguh indah Pelangi beraneka warna menghiasi Cakrawala

Sungguh mulia manusia ciptaan Tuhan beragam suku agama dan budaya

Bergandengan tangan dengan mesrah, sungguh bahagia manusia Indonesia

Hidup dalam toleransi

Hidup rukun dan damai

Ref. Tuhan t'lah mengasihi kita

Kitapun saling mengasihi sesama

Dari Manado terpacar cahaya toleransi

Di s'luruh p'rsada Nusantara

 

Tuhan t'lah mengasihi kita

Kitapun saling mengasihi sesama

Dari Manado terpancar cahaya toleransi

Godbles Kota Manado.

(*/Yuk)