Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual SMSI Provinsi Sulut

Written by  Patrick Simbolon Feb 21, 2019

Manado, Sulutnews.com - Dewan Pers melakukan verifikasi Faktual kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (21/02/2019). Verifikasi ini dipimpin oleh ketua bidang pengaduan masyarakat Dewan Pers, Henry CH Bangun didampingi Christiana Chelsia Chan, staff ahli Dewan Pers.

Ibu Chelsia ditugaskan untuk memeriksa satu persatu kelengkapan administrasi sesuai dokumen standar verifikasi faktual, mulai dari status kantor berikut kelengkapan sarana pendukungnya. Kemudian, kelengkapan administrasi perusahaan anggota SMSI seperti akta notaris berupa perusahaan terbatas (PT), SIUP, TDP, SITU HO, NPWP hingga penanggung jawab media harus berkompetensi utama (UKW Utama).

Selain melakukan verifikasi faktual kepengurusan SMSI, dewan pers juga melakukan verifikasi faktual terhadap media siber anggota SMSI Sulut. Verifikasi kepengurusan dilaksanakan di Kantor SMSI Sulut Jl.Sudirman No.3 Manado.

Verifikasi faktual SMSI Sulut dilaksanakan setelah selesai kegiatan “Workshop Peliputan Pemilu 2019 untuk Wartawan Media Cetak dan Media Elektronik” yang dilaksanakan oleh Dewan Pers, di Quality Hotel Manado.

Ketua SMSI Sulut Merson Simbolon merasa bersyukur telah terlaksana verifikasi faktual SMSI Sulut yang sebelumya sempat tertunda dari jadwal sebulumnya (8/11/2019). SMSI Sulut terus melakukan penataan organisasi, melakukan berbagai program penguatan dan literasi media, SMSI juga mendukung upaya Dewan Pers untuk melakukan penertiban terhadap media melalui pendataan dan verifikasi faktual.

“Verifikasi faktual merupakan kewajiban bagi anggota SMSI, saat ini dari 18 perusahaan anggota SMSI Sulut baru 1 yang sudah terverifikasi faktual yang lainnya masih terverifikasi administrasi, diharapkan kedepan semua anggota SMSI sudah terverifikasi faktual”, tegas Simbolon.(/PS)

Last modified on Wednesday, 13 March 2019 05:51